21 Jun 2019

Cara Cek dan Cetak NISN

Tags

Cara mencari, cek dan cetak NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) ini merupakan tips dan trik pemula. Cara ini lebih tepat bagi para siswa dan wali murid yang ingin mencari, mengetahui, sekaligus mencetak (print) NISN ini sebagai bukti kepemilikan NISN. Meski cara ini juga dapat dilakukan oleh operator madrasah untuk keperluan sejenis.

Namun jika ingin mengetahui dan mencetak NISN dalam bentuk daftar untuk satu madrasah, bisa menggunakan cara lain sebagaimana diulas di artikel: Cara Copy dan Cetak Semua NISN. Meskipun dalam beberapa waktu terakhir, layanan dengan cara tersebut, tidak dapat digunakan (tengah dinonaktifkan)

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia. Dengan peran dan fungsinya tersebut, NISN sangat penting bagi siswa untuk diketahui dan dimiliki buktinya.

Cara Cek dan Cetak NISN

Mencari NISN dimaksudkan untuk mengetahui seorang siswa telah memiliki NISN atau belum. Cara cek di sini berarti cara untuk mengetahui NISN tersebut telah valid atau keliru. Sedang cara mencetak adalah untuk mendapatkan bukti printout kepemilikan NISN.

Baca Juga:



1. Cara Cari dan Cek NISN


Bagi siswa dan wali murid yang belum mengetahui NISN-nya atau ingin melakukan pengecekan suatu NISN sudah valid nomornya atau datanya, bisa mengikuti cara sebagai berikut.

  1. Untuk memudahkan, gunakan browser Google Chrome
  2. Buka situs resmi NISN di alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home atau langsung ke url http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  3. Klik menu "Data Siswa" yang ada di daftar menu sebelah kiri
  4. Tersedia dua opsi pencarian, yaitu: Pencarian Berdasar NISN (bagi siswa yang sudah tahu NISN-nya) dan Pencarian Berdasarkan Nama (bagi yang belum mengetahui NISN)
  5. Untuk cara pertama, ketikkan sepuluh digit NISN dan nama ibu kandung di kolom yang tersedia lalu klik cari
  6. Untuk cara kedua, isikan nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu kandung, lalu klik cari.
  7. Jika NISN ditemukan maka akan ditampilkan data pemilik NISN. Sebaliknya jika tidak ditemukan, maka akan muncul peringatan "NISN tidak ditemukan, mohon hubungi layanan sistem NISN dinomor telepon: 021-57905777, 021-57904804"
Cek NISN

Langkah-langkah cara mencari dan mengecek NISN di atas dapat juga disimak dalam video tutorial sebagaimana terdapat di akhir artikel ini.

2. Cara Cetak NISN


Mencetak NISN ini merupakan cara mengeprint bukti kepemilikan NISN sebagaimana yang ditampilkan dalam situs resmi NISN. Printout NISN ini sekaligus dapat digunakan dalam berbagai keperluan yang membutuhkan pembuktian kepemilikan NISN.

Adapun langkah-langkah untuk mencetak bukti kepemilikan NISN tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Lakukan pencarian NISN sebagaimana langkah-langkah cari dan cek NISN di atas
  2. Pilih menu "Pencarian Berdasar NISN"
  3. Setelah data NISN berhasil ditampilkan, klik kanan hingga muncul pilihan menu dan pilih menu "Cetak" atau "print"
  4. Atau dapat juga dengan cara mengklik ikon titik tiga (di pojok kanan atas browser google chrome). Pilih menu "Cetak" atau "print"
  5. Atau bisa juga dengan menggunakan menekan tombol CTRL + P pada keyboard secara bersamaan.
  6. Akan muncul preview penyetakan. Klik pilihan pada kolom Destination untuk berpindah menu antara "Simpan" dan "Cetak"
  7. Rubah menjadi "Simpan" untuk menyimpan dalam format pdf atau menjadi "Cetak" untuk mencetak langsung.
  8. Klik tombol "Cetak" atau "Simpan" tersebut
Selengkapnya sila tonton video tutorial berikut ini.


Demikianlah cara mudah mencari, cek, dan cetak NISN yang bisa dilakukakn oleh setiap siswa maupun orang tua siswa. Meski tidak menutup kemungkkinan cara ini juga digunakakn oleh para operator madrasah dalam melakukan pengecekan dan pencarian NISN ssiswa yang ada di madrasahnya.


EmoticonEmoticon