19 Jun 2020

Cara Lihat, Cek, dan Edit NISN | Terbaru 2020

Cara melihat, mengecek, dan mengedit NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) terbaru ini adalah langkah-langkah dan tata cara lihat, cek, dan edit dalam satu sekolah atau madrasah. Untuk cara mencari dan melihat NISN bagi siswa, orang tua, dan masyarakat umum, sila baca artikel Ayo Madrasah yang terdahulu, Cara Cek dan Cetak NISN.

Mencari, melihat, mengecek, dan mengedit NISN dengan cara ini dilakukan oleh pihak sekolah atau madrasah dengan menggunakan akun vervalpd masing-masing. Dan tentunya, hanya menampilkan hasil NISN milik siswa di sekolah atau madrasah tersebut.

Lihat, Cek, dan Edit NISN

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia.

Dengan peran dan fungsinya tersebut, NISN sangat penting bagi siswa untuk diketahui dan dimiliki buktinya. Namun bisa jadi terdapat kesalahan dan kekeliruan pada data NISN tersebut. Sehingga pihak sekolah dan madrasah harus melakukan perubahan dan perbaikan data.

Cara Lihat dan Cek NISN


NISN diterbitkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud.

Setiap sekolah dan madrasah dapat melihat dan mengecek NISN milik seluruh siswanya melalui laman VervalPd yang disediakan. Jika sebelumnya, untuk pengelolaan NISN bagi  siswa madrasah menggunakan akun VervalPd admin Kabupaten/Kota, sekarang sudah bisa melakukan pengelolaan dengan menggunakan akun madrasah masing-masing.

Jika sekolah atau madrasah belum memiliki akun VervalPd atau lupa sehingga tidak dapat login, silakan lakukan pengecekan akun di laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id. Klik menu Status pendaftaran untuk mengecek status email login masih aktif atau tidak. Dan klik menu Lupa Password jika email login masih aktif tetapi lupa password yang digunakan.

Baca Juga :

Langkah-langkah untuk melihat dan mengecek NISN melalui laman VervalPD adalah sebagai berikut:
  • Buka laman VervalPd di alamat : http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  • Masukkan username (email) dan password VervalPd yang dimiliki sekolah atau madrasah lalu klik Log In
  • Terbuka dashboard VervalPD sekolah
  • Untuk melihat data NISN setiap siswa buka menu Data Peserta Didik dan Data Residu
  • NISN pada menu Data Peserta Didik adalah NISN yang telah diverifikasi dan validasi oleh PSDPK Kemdikbud
  • NISN pada menu Data Residu adalah NISN yang membutuhkan verifikasi ulang karena terdapat ketidaksingkronan terkait rombel atau sekolah, NISN ganda, nama siswa, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, atau NIK siswa. Data yang tidak cocok atau kosong ditandai dengan icon silan merah.
  • Untuk melihat detail pada masing-masing siswa (Profil Siswa), klik icon peserta didik di ujung kiri daftar
  • Untuk memudahkan mencari NISN seorang siswa, ketikkan nama siswa, NISN, atau nama ibu kandung, pada kolom search di pojok kanan atas

Edit NISN VervalPd

Pada menu Data Residu akan dijumpai tabel kelengkapan variabel data peserta didik. Apabila data peserta didik sesuai maka akan dicentang warna hijau. Namun apabila data peserta didik tidak sesuai/ kosong maka akan disilang merah. Keterangan masing-masing ada adalah sebagai berikut:
  • Untuk Kolom Rombel/Sekolah bila dicentang hijau maka keterangannya “Unik”. Apabila disilang merah maka keterangannya “Siswa Teridentifikasi Mempunyai Lebih dari 1 Rombel/Sekolah”.
  • Untuk Kolom NISN bila dicentang hijau maka keterangannya “Unik”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “NISN Kosong”, “NISN Tidak Sesuai dengan Format”, dan “NISN Dipakai Lebih dari 1 Record”.
  • Untuk Kolom Nama bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “Nama Kosong”, “Nama Kurang dari 3 Huruf”, dan “Nama Mengandung Spesial Karakter atau Angka”.
  • Untuk Kolom Tempat Lahir bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan
  • yaitu; “Tempat Lahir Kosong”, “Tempat Lahir Kurang dari 3 Huruf”, dan “Tempat Lahir Mengandung Spesial Karakter atau Angka”.
  • Untuk Kolom Tanggal Lahir bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada 2 kemungkinan yaitu; “Tanggal Lahir Kosong” dan “Tanggal Lahir Tidak Logis”.
  • Untuk Kolom Ibu Kandung bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “Nama Ibu Kandung Kosong”, “Nama Ibu Kandung Kurang dari 3 Huruf”, dan “Nama Ibu Kandung Mengandung Spesial Karakter atau Angka”.
  • Untuk Kolom NIK bila dicentang hijau maka keterangannya “Unik”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada 2 kemungkinan yaitu; “NIK Kosong” dan “NIK dipakai oleh lebih dari 1 Record”.

Daftar dan data siswa pada menu Data Peserta Didik maupun Data Residu dapat disalin dengan cara mengklik tombol Copy lalu mempastenya ke microsoft excel, word, atau lainnya. Selain itu dapat juga dieksport langsung ke format microsft excel dengan mengklik tombol Excel.

Cara Edit Data NISN


NISN dapat diedit melalui laman VervalPd secara langsung. NISN yang harus diedit adalah NISN yang terdapat di daftar Residu atau terdapat di daftar Peserta Didik tetapi terdapat kesalahan atau ketidakcocokan dengan data siswa.

Menu untuk mengedit NISN terdiri atas tiga macam yaitu Edit NISN, Edit Identitas, dan Siswa Keluar.

1. Edit NISN

Edit NISN digunakan untuk melakukan perubahan NISN atau melakukan klaim NISN. Cara melakukannya adalah:
  • Pilih Menu Edit NISN
  • Klik kolom "Daftar Siswa" dan pilih nama siswa yang akan di edit NISNnya
  • Muncul tabel "Data NISN Saat Ini" sesuai arsip PDSK.
  • Di atasnya terdapat kolom "Formulir Perubahan", ketikkan NISN baru atau NISN yang akan diklaim. Syaratnya NISN yang akan diklaim adalah “NISN yang tidak terpakai oleh siswa aktif”.
  • Klik tombol “Cek Data Master”
  • Muncul “Tabel Indeks Kemiripan”. Tabel tersebut akan menampilkan indeks kemiripan data arsip NISN Baru atau NISN yang akan diklaim dibandingkan data arsip NISN Lama atau yang sedang digunakan saat ini.
  • Jika Indeks Kemiripan di atas 80, kolom untuk mengupload dokumen pendukung (Ijazah atau print screen NISN akan aktif
  • Pilih dan unggah dokumen pendukung
  • Klik "Update Data"

Pengajuan Edit NISN akan dimasukkan dalam Tabel Pengajuan Edit NISN yang berisikan keterangan san status pengajuan. Ikon kotak berarti pengajuan masih diproses, ikon silang jika pengajuan ditolak. Dan ikon contreng jika pengajuan diterima.

Baca Juga:

2. Edit Identitas

Menu Edit Identitas digunakan jika terdapat kesalahan dalam identitas siswa. Identitas disini meliputi NIK, Nama Siswa, tempat lahir, tanggal Lahir, Nama IIbu Kandung, dan Jenis Kelamin.

Cara melakukan edit identitas NISN adalah sebagai berikut:
  • Klik menu "Edit Identitas"
  • Masukkan nama siswa atau NISN ke kolom "Daftar Siswa"
  • Terbuka "Formulir Perubahan" dengan tabel berisi NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan Jenis Kelamin
  • Isikan pada kolom "Baru" pada jenis data yang akan diperbarui
  • Klik tombol "Validasi Data"
  • Muncul Indeks Perubahan. Jika indek di atas 70 maka akan muncul tombol upload dokumen pendukung. Sebaliknya jika kurang maka perubahan tidak dapat dilakukan
  • Unggah dokumen pendukung (Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga) dalam format JPG, JPEG atau PNG, maksimal file upload 1Mb
  • Klik "Update Data"

Edit Identitas NISN

Pengajuan Edit Identitas NISN akan dimasukkan dalam Tabel Pengajuan Edit Identitas yang berisikan keterangan dan status pengajuan. Ikon kotak berarti pengajuan masih diproses, ikon silang jika pengajuan ditolak. Dan ikon contreng jika pengajuan diterima.

3. Siswa Keluar

Mulai Januari 2020 ditambahkan menu Siswa Keluar. Menu Siswa Keluar digunakan untuk mengeluarkan siswa yang keluar dari database di sekolah atau madrasah tersebut. Ini perlu dilakukan agar ketika data siswa tersebut didaftarkan ke madrasah lain tidak akan terdeteksi sebagai Sekolah Ganda atau NISN Ganda sehingga masuk ke Data Residu.

Mengingat semakin penting peran NISN bagi siswa, maka sudah selayaknya setiap sekolah dan madrasah melakukan pengelolaan NISN semua siswanya melalui laman VervalPd ini. Baik itu melakukan pengecekan validitas NISN dari siswa-siswinya ataupun melakukan perubahan data jika diperlukan.

Untuk itu, cara lihat, cek, dan edit NISN ini hendaknya dipahami oleh setiap sekolah dan madrasah untuk menjamin validitas NISN siswa-siswinya.


EmoticonEmoticon