28 Feb 2017

Error Emis : Data Type Mismatch in Criteria Expression

Error Emis : Data Type Mismatch in Criteria Expression ini masih merupakan seri artikel terkait dengan berbagai kendala dan problem saat melakukan updating data emis. Ternyata tidak sedikit teman-teman operator RA dan Madrasah yang menjumpai berbagai kendala saat berkutat dengan emis. Termasuk munculnya pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression saat hendak melakukan backup data emis dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis.

Persoalan munculnya notifikasi Data Type Mismatch in Criteria Expression sebenarnya sudah terjadi semenjak updating data emis di semester sebelum. Meski termasuk salah satu 'penyakit' lawas, ternyata kejadian ini tetap membingungkan beberapa teman operator emis di tingkat RA dan Madrasah.

Pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression muncul dalam tahap akhir proses backup di Aplikasi Desktop Emis. Ketika tombol backup diklik, pesan ini muncul yang menggagalkan proses backup.

Pesannya adalah sebagaimana gambar berikut ini.

Data Type Mismatch in Criteria Expression

Baca juga berbagai kasus dan solusi emis lainnya:



Kenapa muncul pesan ini?

Aplikasi Desktop Emis dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman visual basic yang basis datanya menggunakan Microsoft Office Access.  Error ini biasanya dikarenakan saat input data terdapat data yang tidak sesuai dengan data yang ada di dalam database.

Cara Menangani Muncul Pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression


Bagaimana cara menangani kasus munculnya pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression?

Untuk memperbaikinya sebenarnya gampang, meskipun dalam beberapa kasus membutuhkan kejelian tersendiri.

Karena pesan ini muncul sebagai akibat dari salahnya operator madrasah saat memasukkan data yang tidak sesuai dalam database aplikasi emis, maka diperlukan cecking data-data yang telah dimasukkan dalam aplikasi ini.

Caranya:


  1. Buka menu "Sarpras" dan "Keuangan" pada Aplikasi Desktop Emis
  2. Klik submenu-submenu yang ada seperti Keberadaan Tanah, Jumlah dan Kondisi Bangunan, Sarpras Pendukung, Pendukung Lainnya, dan Rincian Ruang Kelas.
  3. Pastikan semua data (isian) telah terisi dengan benar dan sesuai dnegan kriteria, Seperti isian tentang jumlah telah diisi dengan angka jumlah, isian tentang tahun diisi dengan tahun, dll.
  4. Pastikan isian tentang jumlah suatu sarpras yang tidak dimiliki telah diisi dengan angka nol (0).
  5. Jika perlu Cek juga tab-tab lainnya.
  6. Jangan lupa mengklik tombol "Simpan" untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

Data Type Mismatch in Criteria Expression

Jika sudah, silakan kembali ke menu "Backup" untuk melakukan backup data emis. Dan lihatlah, proses bcakup pun dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan dari kemunculan pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression.

Bagi rekan-rekan operator emis di tingkat RA dan Madrasah yang tersandung kasus mendapat pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression, silakan tips emis ini dicoba. Semoga membantu.



EmoticonEmoticon