9 Nov 2017

Video dan Lirik Lagu Mars Madrasah

Kali ini Ayo Madrasah mengangkat video dan lirik lagu Mars Madrasah. Sejak pertama kali dipopulerkan pada tahun 2012, silam lagu Mars Madrasah menjadi lagu yang populer di kalangan madrasah se-Indonesia. Meski tidak menutup kemungkinan masih ada juga yang belum mengetahui asal-usul, bahkan lirik lagu mars ini.

Sebagaimana Ayo Madrasah lansir dari situs Direktorat KSKK Madrasah Pendis Kemenag, madrasah.kemenag.go.id, lagu Mars Madrasah diciptakan oleh Ikin Sodikin, seorang guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Guru yang kini menjabat sebagai Kepala Madrasah di MI Tanjungsari, Kec. Tanjungjaya, Kab. Tasikmalaya ini sedari awal memang aktif menciptkan belasan lagu. Meskipun hanya belajar secara autodidak, guru PAI ini tidak sekedar mahir bermain musik namun juga mencipta berbagai jenis lagu. Tahun 2011, Ikin Sodikin mengikutsertakan lagunya dalam lomba di tingkat kabupaten.

Mars Madrasah

Pada tahun 2012, kemampuan Ikin Sodikin terdengar sampai ke Direktorat Pendidikan Madrasah (kini menjadi Direktorat KSKK Madrasah). Masih menurut madrasah.kemenag.go.id, kemudian Dr. Sastra Djuanda meminta pak Ikin untuk ikut menciptakan lagu Mars dan Hymne Madrasah bersama tujuh pencipta lagu lainnya.

Akhirnya terpilihlah dua lagu ciptaan Ikin Sodikin sebagai Mars Madrasah (dan juga Hymne Madrasah).

Dan lagu ini pun akhirnya diperkenalkan pertama kalinya pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan AKSIOMA (Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah) tahun 2012 di Bandung.

Baca Juga: Hymne Madrasah

1. Video Lagu Mars Madrasah


Ayo Madrasah mereproduksi video Mars Madrasah dan telah mengunggahnya ke laman youtube. Adapun video tersebut selengkapnya adalah sebagai berikut (klik tombol play untuk memutar video)


Dalam video tersebut juga telah disertakan lirik Mars Madrasah.

2. Lirik Mars Madrasah


Adapun lirik lagu Mars Madrasah adalah sebagai berikut.

MARS MADRASAH
(Cipt. Ikin Sodikin)

Gema madrasah membahana dipersada bumi nusantara
Pengemban amanat mencerdaskan tunas bangsa santun berwibawa
RA MI MTs MA, bahu membahu turut berjuang
Membangun bangsa bermartabat mulia demi cita-cita

Moto Ikhlas beramal, berkarya nan bermoral ayo-ayo tegakkan
Falsafah pancasila, bhineka tunggal ika semboyan bangsa Indonesia
Semboyan Bangsa Indonesia

Tonton juga video lagu Hymne Madrasah


Baca Juga:



Demikianlah sejarah pencipta lagu Mars Madrasah, dan video serta lirik lagu Mars Madrasah.

Add Comments


EmoticonEmoticon