28 Okt 2018

Daftar NSM RA, MI, MTs, dan MA Seluruh Indonesia

Daftar NSM RA, MI, MTs, dan MA seluruh Indonesia ini memuat daftar Nomor Statistik Madrasah atau NSM dari semua Raudlatul Athfah (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA), baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Nomor Statistik Madrasah atau NSM adalah nomor unik yang menjadi identitas bagi lembaga-lembaga pendidikan madrasah yang berada di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. NSM terdiri atas dua belas digit angka dengan sistematika tertentu yang bersifat unik.

Daftar NSM RA, MI, MTs, dan MA

Ketentuan penomoran NSM adalah sebagai berikut:

  • Digit ke-1, 2, 3 adalah kode jenis lembaga, yang terdiri atas:
    • 101 untuk Raudlatul Athfal
    • 111 untuk Madrasah Ibtidaiyah
    • 121 untuk Madrasah Tsanawiyah
    • 131 untuk Madrasah Aliyah
  • Digit ke-4 adalah kode status lembaga, yang dibedakan menjadi:
    • 1 untuk lembaga negeri
    • 2 untuk lembaga swasta
  • Digit ke-5 dan 6 adalah kode provinsi
  • Digit ke-7 dan 8 adalah kode kabupaten/kota
  • Digit ke-9, 10, 11, dan 12 adalah kode nomor urut lembaga

Nomor Statistik Madrasah (NSM) berfungsi sebagai identitas pembeda antara satu lembaga pendidikan dengan lembaga pendidikan lainnya di seluruh Indonesia.

Seiring dengan pemutakhiran data emis, seorang operator madrasah kerap kali harus berhubungan dengan NSM madrasah lain. Sistem penginputan siswa baru dari jenjang madrasah atau mutasi siswa antar madrasah mengharuskan seorang operator mengetahui NSM asal madrasah siswa tersebut.

Untuk keperluan tersebut, Ayo Madrasah menyajikan daftar NSM RA, MI, MTs, dan MA di seluruh Indonesia. Dengan daftar ini, operator madrasah dapat mencari dan mengetahui Nomor Statistik Madrasah dari seluruh Indonesia.

Untuk menggunakannya silakan unduh Daftar NSM RA, MI, MTs, dan MA Seluruh Indonesia dengan mengklik TAUTAN INI.

8 komentar

  1. Mau tanya! NSS apakah sama atau berbeda dengan NSM?
    TKS.

    BalasHapus
  2. NSS (Nomor Statistik Sekolah) untuk sekolah SD, SMP, SMA dan SMK dalam naungan Dinas
    NSM (Nomor Statistik Madrasah) untuk MI, MTs, dan MA dalam naungan Kemenag

    BalasHapus
  3. Saya mau membuka data emis kenapa kok eror terus disitu dikatakan nsm tidak ditemukan maka sekolah kami sudah ada nsmnya mohon solusinya

    BalasHapus
  4. NSM untuk MA yang mana ya kak??

    BalasHapus
  5. Setiap sekolah NSM beda2 atau sama??
    jwb cepatt

    BalasHapus
  6. Mohon Informasi terkait SK Ditjen Pendis ttg perubahan NSM RA/Madarasah, karena NSM yang ada adalah NSM yang lama, dan tidak berlaku lagi. terimakasih

    BalasHapus
  7. mau bertanya, kami masyarakat RT.05/08 di kota Tasikmalaya, sudah mempunyai sebuah Madrasah Diniyah Takmiliyah yang cukup besar (2 lantai) yang dibangun diatas tanah wakaf dibangun sejak tahun 2000, akan tetapi belum mempunyai nomor statistik. tahun 2019 kami mendaftarkan keberadaan lantai 2 diatas sebagai mesjid. Pertanyaannya bolehkanh untuk mendapatkan nomr Statistik, kami nenjadikan mesjid tersebut sebagai induk kelembagaan agar terpenuhi nomor statistik nya ?

    BalasHapus
  8. untuk mengetahui nomor urut sekolah (NUS), dr mana ya

    BalasHapus


EmoticonEmoticon