12 Nov 2018

Mengisi Tanggal Lahir Ayah Ibu Secara Otomatis di ARD Madrasah

Artikel mengisi tanggal lahir Ayah dan Ibu secara otomatis di Aplikasi ARD ini merupakan tutorial cara mengisikan tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali Siswa dalam template excel data siswa Aplikasi Raport Digital Madrasah (ARD Madrasah). Cara mengisi secara mudah, cepat, dan otomatis dengan menggunakan fungsi MID di excel.

Berdasar edaran tentang ARD Madrasah, pendataan telah dimulai meski aplikasi online terbaru Kemenag ini masih banyak yang belum bisa diakses. Meski demikian kita bisa mulai menyicil mempersiapkan data siswa dan data guru melalui template data siswa dan template data guru, sesuai dengan Panduan Mengerjakan Aplikasi ARD Madrasah. Sehingga ketika ARD Madrasah sudah bisa diakses kita tinggal mengunggah kedua template tersebut.

Dalam pengisian template guru maupun siswa milik ARD Madrasah, bisa melakukan copy paste dari form emis siswa dan form emis lembaga. Namun khusus untuk kolom tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali harus diisi manual karena tidak terdapat di template emis. Pun untuk kolom NIP bagi guru swasta dan kolom NISN bagi siswa yang belum memiliki NISN.

Jika harus mengisikan tanggal lahir secara manual, mengetik satu persatu, tentu akan sangat melelahkan dan lama. Apalagi mengetik angka sering kali membutuhkan kejelian yang lebih dari pada mengetik huruf.

isi Tanggal Lahir Ayah Ibu Secara Otomatis di ARD Madrasah

Karena itu Ayo Madrasah memberikan solusi cara mengisi tanggal lahir secara otomatis. Penulisan tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali secara otomatis memanfaatkan data dari NIK yang dimiliki oleh form emis. Caranya dengan memanfaatkan fungsi "MID" yang ada di excel.

Dengan cara ini, mengisi tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali akan lebih mudah, cepat, dan akurat. Meski untuk keakuratannya tetap tergantung seberapa akurat data NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang sebelumnya dientri ke form emis.

Baca: 10 Hal yang Harus Dikerjakan Operator ARD Madrasah

Mari kita ulas cara menulis tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali serta NIP dan NISN satu persatu.

1. Cara Mengisi Tanggal Lahir Ayah di Template ARD Madrasah Secara Otomatis


Mengisikan tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali di template ARD Madrasah secara otomatis sangat mudah dilakukan bagi operator yang mahir aplikasi Microsoft Office. Namun sebaliknya jadi hal yang menyulitkan bagi yang tidak mengetahuinya.

Yang perlu diketahui, dalam NIK terkandung tanggal, bulan, dan tahun kelahiran. Tanggal lahir terdapat pada digit ke-7 dan 8, sedang bulan lahir pada digit ke-9 dan 10 dan tahun kelahiran tertera pada digit ke-11 dan 12. Khusus untuk perempuan, tanggal lahir dijumlahkan dengan angka 40. Digit-gidit inilah yang nanti kita ambil dengan menggunakan fungsi (rumus) excel sehingga menjadi tanggal kelahiran yang utuh.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka form emis siswa
  2. Copy data pada kolom Nama Ayah dan NIK Ayah
  3. Buka lembar kerja baru excel
  4. Pastekan copyan tadi ke lembar kerja baru. misalnya pada cel B2 sehingga kolom B berisikan nama Ayah dan kolom C berisikan NIK
  5. Klik pada cell D2 dan tuliskan formula =MID(C2;7;2)&"/"&MID(C2;9;2)&"/19"&MID(C2;11;2)
  6. Klik Enter
  7. Jika formula ditolak dan tanda titik koma (;) diblok, silakan ganti titik koma dengan koma (,)
  8. Setelah berhasil, tanggal lahir muncul, drag dari pojok kanan bawah cell ke bawah untuk menyalin formula hingga ke baris data terakhir.
  9. Dan akhirnya semua Ayah memiliki tanggal lahir tanpa harus kita ketik satu persatu.
  10. Blok mula data nama, NIK, dan tanggal lahir, copy lalu pastekan ke template ARD Madrasah.
Keterangan:
  • MID adalah perintah untuk mengambil karakter tertentu mulai dari posisi yang ditentukan
  • C2 adalah cell dari yang diambil datanya. Dalam kasus ini adalah NIK
  • 7, 9, dan 11 adalah posisi karakter awal yang diambil. Ingat digit 7 - 8 adalah tanggal lahir, 9 - 10 adalah bulan lahir, dan 11 - 12 adalah tahun kelahiran.
  • 2 adalah banyaknya karakter yang diambil dimulai dari posisi yang ditentukan. "7;2" berarti dua karakter mulai dari karakter ke-7.
  • & berfungsi untuk mengabung dua data
  • "/" adalah untuk menambahkan karakter garis miring sebagai pemisah antara tanggal, bulan, dan tahun kelahiran. Jika pemisahnya tanda strip cukup mengganti tanda garis miring dengn simbol strip (-)
  • "/19" berfungsi untuk menambahkan karakter /19 pada tahun kelahiran, dimana pada NIK hanya ditampilkan dua digit tahun terakhir padahal dalam isian ARD Madrasah membutuhkan tahun dalam empat digit.
Lebih jelasnya simak video tutorial berikut ini.


Dalam video tutorial terdapat kesalahan kecil tentang rumus, yaitu kurang penambahan "19" sehingga tahun lahir yang dihasilkan hanya terdiri dua digit saja. Kesalahan tersebut sudah dikoreksi dalam diskripsi video.

2. Cara Mengisi Tanggal Lahir Ibu di Template ARD Madrasah Secara Otomatis


Pengisian tanggal lahir bagi Ibu di template ARD Madrasah hampir sama dengan cara menulis tanggal lahir Ayah. Tetapi khusus untuk tanggal lahir Ibu ada sedikit modifikasi. 

Modifikasi ini dibutuhkan karena digit ke-7 dan 8 (tanggal lahir) di NIK bagi yang berjenis kelamin perempuan ada perlakuan khusus yaitu ditambahkan dengan angka 40. Untuk itu formula yang digunakan harus dimodifikasi menjadi: =(MID(C2;7;2)-40)&"/"&MID(C2;9;2)&"/19"&MID(C2;11;2)

Untuk selanjutnya insaallah akan dibahas cara penulisan NIP bagi guru non PNS dan NISN bagi siswa yang tidak memiliki secara otomatis pada template siswa dan template guru ARD Madrasah. 

Dengan menggunakan cara cepat mengisi tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali ini template siswa ARD Madrasah akan lebih cepat dan mudah diisi. Di samping itu hasilnyapun jauh lebih akurat ketimbang mengisinya dengan mengetikkan langsung satu persatu. So, semoga cara mengisi tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali secara otomatis di ARD Madrasah ini dapat memperingan kerja operator madrasah yang sudah sangat berat dengan berbagai aplikasi yang harus ditangani.

9 komentar

  1. Mantappp....sangat membantu, min

    BalasHapus
  2. Rumus tengah berarti middle & gabungan text

    BalasHapus
  3. pa kalo sudah terlanjur isi data yg lain, tp tgl lahir ibu dan bapak belum di input, utk menambhakannya apakah bisa melalui tempalte excel?

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ,,, sangat membantu

    BalasHapus
  5. minta solusinya ketika klik tanggal cetak raport muncul databese eror melulu gimana

    BalasHapus
  6. Unable to connect to your database server using the provided settings.

    Filename: C:\ARD\htdocs\mi\system\database\DB_driver.php

    Line Number: 124

    TOLONG BANTUANNYA BPK/IBU KENDALA YG SAYA DAPATKAN BEGINI ??????

    BalasHapus
  7. A Database Error Occurred
    Unable to connect to your database server using the provided settings.

    Filename: C:\ARD\htdocs\mi\system\database\DB_driver.php

    Line Number: 124

    TOLONG DONG SOLUSINYA..

    BalasHapus
  8. kalau misalnya ayahnya sudah meninggal kan sdh tidak ada NIK di Kartu keluarganya,,trus bagaimana cara mengisinya???
    mohon bantuannya

    BalasHapus


EmoticonEmoticon