1 Apr 2019

Verval PD Kemenag (NISN) Tahun 2019

Tags

Verval PD (Peserta Didik) Kemenag kembali dibuka. Layanan verval yang ditujukan untuk menerbitkan dan memperbaiki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) ini telah aktif sejak akhir Maret kemarin. Sayangnya, verval PD Kemenag kali ini baru diperuntukkan bagi siswa akhir Madrasah Aliyah saja. Padahal banyak siswa RA, MI, dan MTs yang membutuhkan perbaikan NISN bahkan belum memiliki NISN.

Informasi terkait dengan dibukanya kembali layanan Verval PD Kemenag, Ayo Madrasah dapatkan dari direct pesan di beberapa grup whatsapp.

Ass.. Teman2, sekedar menginformasikan. Terkait aplikasi vervalpdkemenag yg kmrn2 msh dlm status gak jelas, kemi dengan pihak PDPSK bersepakat utk mulai mengaktifkan kembali aplikasi tsb utk mengelola proses penerbitan dan pengelolaan NISN siswa di bawah naungan Kemenag. Utk ujicoba pertama, data siswa yg sdh dimasukan ke aplikasi vervalpdkemenag yg baru itu adalah baru sebatas siswa kelas 12 MA, hasil pendataan CAPESUN TP 2018/2019 kmrn.
Utk siswa2 kelas lainnya (prioritas kelas 6, 9 & 12) mhn dipastikan kelengkapan data di EMIS-nya. Data kelas, tempat lahir, tanggal lahir & nama ibu kandung wajib diisi dan harus valid. Jenis kelamin juga.
Jangan sampai nanti setelah NISN diterbitkan, ada komplain lagi kalau data tanggal lahirnya salah, jenis kelaminnya ketuker, NISN tidak ditemukan akibat kesalahan nama ibu kandung, dll.

Ketika Ayo Madrasah melakukan pengecekan langsung di akun Verval PD Kemenag, untuk lembaga Madrasah Aliyah, pada menu residu memang kembali terisi dengan daftar nama siswa yang siap diverifikasi dan validasi NISN-nya.

Namun untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), pada bagian residu masih kosong seperti sedia kala.

1. Tutorial Verval PD Kemenag 2019


Terkait tata cara dan prosedur melakukan verval PD Kemenag tahun 2019 tampaknya tidak berbeda dengan verval pada beberapa tahun sebelumnya. Ayo Madrasah pernah mengulasnya secara tuntas step by step, di artikel: Tutorial Verval PD Kemenag.

Juga melalui video tutorial tentang Cara Verval PD Kemenag (NISN Siswa Madrasah). Video tutorial tersebut dapat disimak di bawah ini.


Sedang tahapan dan langkah-langkahnya, adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman Verval PD Kemenag di alamat: http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/
  2. Login dengan akun (email dan password) yang telah didaftarkan sebelumnya
  3. Masuk ke menu 'Residu' yang ada dikumpulan menu bagian atas
  4. Klik segitiga di sebelah kiri nama "Kecamatan" yang ada di kumpulan nama kecamatan di sebelah kiri laman
  5. Terbuka nama-nama madrasah yang terdapat di kecamatan tersebut
  6. Klik madrasah yang akan diverval
  7. Muncul daftar nama siswa di kolom sebelah kanan
  8. Klik nama siswa yang akan diverval
  9. Di bagian bawah muncul hasil pencarian data yang terindikasi sama
  10. Jika data siswa tersebut identik (benar), klik tombol 'Match'
  11. Setelah diklik tombol 'Match', maka nama siswa akan tersimpan di menu 'Referensi' dan di menu 'Residu' akan hilang.
  12. Jika terindikasi tidak ada data yang sama, maka siswa dianggap belum memiliki NISN, Klik 'Not Match'
  13. Setelah diklik, maka akan diterbitkan NISN bagi siswa tersebut
  14. Data siswa pun akan hilang dari menu 'Residu' dan masuk ke menu 'Referensi'


2. Download Petunjuk Verval PD Kemenag


Jika video tutorial dan uraian perlangkah di atas masih kurang jelas, silakan unduh Petunjuk resmi Verval PD di sini (UNDUH FILE)

Baca juga berbagai kasus terkait Verval PD di bawah ini:



3. Verval PD untuk MI dan MTs


Lalu bagaimana dengan verval PD untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah. Pun bagi siswa kelas 10 dan 11 Madrasah Aliyah?.

Jika mengacu pada pesan whatsapp di atas, berarti tidak lama lagi akan dibuka Verval PD bagi semua jenjang dan semua tingkatan kelas.

Yang harus dipastikan saat ini adalah pengisian data siswa yang benar pada apliaksi Emis Madrasah. Karena sumber data verval PD Kemenag diambilkan dari data Emis Madrasah. Sehingga ketika data siswa di Emis Madrasah sudah benar, maka akan mempermudah dan mempercepat proses Verval PD Kemanag 2019 ini.


EmoticonEmoticon