28 Mei 2019

Logo dan Tema Hari Lahir Pancasila 2019

Logo dan tema peringatan Hari Lahir Pancasila telah ditetapkan oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai pengordinir pelaksanaan peringatan. Tema dan logo Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ini telah dipublikasikan di website resmi BPIP sejak pertengahan Mei ini. Di samping pedoman pelaksanaan kegiatan dan sambutan pembina upacara bendera.

Hari Lahir Pancasila, diperingati setiap tanggal 1 Juni berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Hari peringatan tersebut sekaligus menjadi salah satu hari libur nasional.

Pada penyelenggaraannya di tahun 2019, Hari Lahir Pancasila mengusung tema "Kita Indonesia, Kita Pancasila". Ayo Madrasah nukil dari pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP), yang dimuat di halaman bpip.go.id, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Indonesia, dengan keberagaman kondisi geografis, flora, fauna, hingga aspek antropologi dan sosiologi masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong keberagaman tersebut menjadi suatu berkah. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua.

Disamping tema, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia juga telah menetapkan logo peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2019. Logo ini menyertakan gambar perisai pancasila yang terdapat pada dada burung garuda pancasila dengan latar bendera merah putih. Di sekitarnya tertulis tema Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila dengan penambahan tagar #BulanPancasila2019.

Adapun logo Hari Lahir Pancasila tersebut adalah sebagai berikut:

Logo Hari Lahir Pancasila 2019

Atau dalam format portlait dengan penampilan logo sebagai berikut:

Logo Hari Lahir Pancasila 2019

Baca Juga:

Meski dalam suasana cuti menjelang Hari raya Idul Fitri, BPIP menyerukan semua lembaga wajib menyelenggarakan upacara bendera. Dan bagi ASN diwajibkan untuk mengikuti upacara tersebut. Imbauan ini telah ditindaklanjuti oleh Kemduikbud dan Kemenag. Adalah Surat Edaran Menteri Agama Nomor: 4514/SJ/BVI/HK.00.7/05/2019 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 dan Surat Edaran Nomor: 55850/A.A6.2/TU/2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 di Lingkungan Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Akhirnya, semoga logo dan tema Hari Lahir Pancasila 2019 ini semakin menggelorakan semangat untuk konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia yang akhirnya dapat membawa kemajuan dan kebahagian bagi seluruh bangsa Indonesia.





EmoticonEmoticon