7 Jan 2020

Panduan Cara Mengerjakan E-Manja dan Solusi Permasalahan

Artikel ini akan membahas tuntas tentang panduan dan tata cara mengerjakan E-Manja. Selain itu juga beberapa kasus dan permasalahan yang terjadi dalam pengisian E-Manja, serta tentunya solusi atas permasalahan tersebut. Sebagaimana tahun sebelumnya, Ditjen Pendis, masih menggunakan Emis Manajemen UN atau lebih dikenal sebagai E-Manja untuk membantu sinkronisasi data siswa calon peserta ujian dengan aplikasi PDUN milik Kemdikbud.

Dalam aplikasi E-Manja ini, madrasah bisa mengecek dan memperbaiki data siswa calon peserta Ujian Nasional. Karena merupakan bagian dari Emis Madrasah, data yang disajikan diambilkan langsung dari Emis Madrasah. Dan sesuai fungsinya, jika terdapat data yang salah, madrasah dapat mengeditnya langsung di aplikasi E-Manja yang tentunya lebih ringan dan cepat dibandingkan dengan induknya, Emis Madrasah.

Meski demikian terdapat beberapa data yang tidak bisa diedit melalui E-Manja. Diantaranya adalah nama, tempat tanggal lahir, dan NISN siswa. Ketiganya memerlukan aplikasi lain yang juga tersinkronkan dengan E-Manja yakni VervalPD.

E-Manja

Berikut adalah panduan lengkap cara mengerjakan, mengisi, dan mengedit data siswa melalui aplikasi E-Manja. Hal-hal apa saja yang musti dilakukan agar data valid dan proses sinkronisasi dengan aplikasi PDUN berjalan lancar.

1. Login ke E-Manja


Halaman Emis Manajamen UN atau E-Manja dapat diakses melalui alamat http://emispendis.kemenag.go.id/e-manja atau http://emisdep.kemenag.go.id/e-manja/ . Setelah terbuka halaman awal E-Manja silakan akun (username dan password) emis yang dimiliki.

Jika menjumpai permasalahan tidak bisa login atau lupa password emis, silakan hubungi admin Emis di Penma Kabupaten/Kota untuk melakukan aktivasi ulang akun emis.

2. Lengkapi Data Kelembagaan


Setelah berhasil masuk ke akun E-Manja, jangan lupa untuk melengkapi data kelembagaan yang tersedia.

Caranya, klik menu Kelembagaan yang ada di sidebar sebelah kiri. Kemudian isi dan lengkapi data kelembagaan yang meliputi:

  1. Nama Kepala Madrasah
  2. Nomor Telpon
  3. NIP Kepala Madrasah
  4. Informasi Jurusan yang diselenggarakan (khusus bagi Madrasah Aliyah)
Edit Kelembagaan E-Manja

Setelah melengkapi data-data tersebut jangan lupa untuk mengklik tombol simpan di pojok kanan bawah agar perubahan yang dilakukan tersimpan oleh sistem.

3. Cek Rombel


Kesalahan data rombel bisa mengakibatkan data siswa tidak tersinkronkan ke aplikasi PDUN. Karena itu, pastikan untuk mengecek ulang dan memastikan data rombel telah benar. Untuk mengecek data rombel caranya adalah:
  1. Klik menu PDUN hingga terbuka daftar submenu
  2. Klik submenu Rombel
  3. Akan ditampilkan daftar rombel di madrasah tersebut.
  4. Rombel yang tidak aktif akan ditandai dengan blok warna coklat
  5. Pastikan data tingkat, nama ruangan, nama rombel, kurikulum, jurusan, dan bahasa sudah benar.
  6. Jika terdapat kesalahan lakukan edit dengan cara mengklik logo detail pada kolom Aksi
  7. Lakukan perubahan yang diperlukan, termasuk merubah status rombel dari Aktif menjadi  Non-Aktif atau sebaliknya.
  8. Jika sudah, klik menu Simpan

3. Cek Calon Peserta Ujian


Menu utama dalam E-Manja adalah data calon peserta ujian ini. Data peserta ini yang nantinya akan disinkronkan ke aplikasi PDUN. Karena itu pastikan data-data yang tertera sudah benar.

Untuk mengakses data peserta ujian caranya adalah:
  1. Klik menu PDUN jika daftar submenu belum muncul
  2. Klik submenu Peserta Didik
  3. E-Manja akan menampilkan daftar dan data siswa kelas tingkat terakhir yang akan menjadi calon peserta ujian
  4. Cek setiap data dan pastikan kebenarannya
  5. Kolom kebutuhan khusus diisi dengan kode A untuk Tuna Netra, B = Tuna Rungu, C = Tuna Grahita, D = Tuna Daksa, E = Tuna Laras, J = Bakat Luar Biasa, dan K = Sulit Belajar. Jika tidak memiliki kebutuhan khusus, biarkan kosong.
  6. Untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), data Nomor Peserta Ujian, Nomor Seri SKHUN, dan Nomor Seri Ijazah dibiarkan kosong
  7. Untuk melakukan pengeditan, klik logo kaca pembesar pada kolom Aksi, hingga terbuka halaman detail data siswa. Setelah melakukan perbaikan, klik Simpan.
  8. Jika terdapat siswa ganda atau bukan siswa tingkat akhir, dapat dilakukan penghapusan dengan cara mengklik tombol kotak sampah yang ada di kolom Aksi
  9. Jika terdapat siswa yang belum masuk dalam daftar, lakukan pencarian siswa dan tambahkan dengan menggunakan submenu Sinkron Data Emis

E-Manja Detail Siswa


4. Menambahkan Siswa yang Belum Masuk Calon Peserta UN


Jika dalam daftar calon peserta UN (pada menu Peserta Didik) terdapat siswa yang belum masuk, dapat dilakukan penambahan siswa dengan dua ketentuan. Pertama, jika dalam data emis sudah masuk sebagai siswa madrasah tersebut tetapi berada di tingkat kelas lain, silakan lakukan sinkronisasi dengan menuSinkron Data Emis ini.

Kedua, jika belum masuk dalam data base Emis, madrasah harus menghubungi admin Emis Kabupaten/Kota untuk memasukkannya sebagai peserta ujian. Tentu, madrasah harus menyiapkan data-data pendukung sebagai bukti kelayakan siswa tersebut sebagai calon peserta UN.

Untuk menarik data siswa yang belum masuk ke kelas akhir, langkah-langkahnya adalah:

  1. Klik menu PDUN jika daftar submenu belum muncul
  2. Klik submenu Sunkron Data Emis
  3. Masukkan nama siswa (minimal 3 karakter) pada kolom yang terdia di bagian bawah
  4. Pilih Kelas
  5. Klik tombol Cek Data
  6. Tampil data siswa yang dicari
  7. Jika cocok, klik tombol Konfirmasi pada kolom Aksi
Siswa yang ditambahkan akan masuk ke daftar siswa di menu Peserta Didik

5. Jika Terdapat Kesalahan Nama dan Tempat Tanggal Lahir


Perbaikan atau perubahan data nama siswa dan tempat tanggal lahir siswa tidak dapat dilakukan melalui aplikasi E-Manja. Untuk dapat merubah atau memperbaiki harus menggunakan aplikasi Verval Peserta Didik (VervalPD) Kemdikbud. Aplikasi VervalPD dapat diakses melalui alamat http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/

6. Sinkronisasi E Manja dan PDUN


Data pada Aplikasi Emis Manajemen UN (E-Manja) akan disinkronkan dengan aplikasi PDUN. Sinkronisasi terhadap perubahan data bisa membutuhkan waktu hingga 1 x 24 jam. Karena itu, setelah melakukan perubahan data melalui E-Manja, madrasah dapat mengecek perubahan tersebut sudah tersinkronkan dengan PDUN atau belum.

Aplikasi PDUN dapat diakses melalui alamat http://pdun.data.kemdikbud.go.id/

Terkait dengan panduan cara mengerjakan PDUN akan dibahas dalam artikel tersendiri.

Demikianlah hal-hal terkait dengan panduan cara mengerjakan E-Manja serta solusi atas permasalahan yang sering dijumpai dalam aplikasi Emis Manajemen UN ini.


13 komentar

  1. Di PDUN pada pengaturan rombel kosong data, sedangkan di emanja semua rombel aktif, akibatnya tidak bisa mengatur nomor urut kursi, solusinya gemana ?

    BalasHapus
  2. di emis manja jumlah siswa nya lengkap. di verval pd & PDUN 1 siswa tidak muncul itu kenapa y? siswa tersebut siswa mutasi dari madrasah lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kaya saya itu. siswa mutasi masuk baru kelas 6. sampe sekarang belum muncul di verval dan PDUN

      Hapus
  3. bagaimana cara mengatasi setelah sinkron di e manja malah 2 siswa masuk ke siswa keluar di vervalpd, mohon bantuanya n solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalomasuk menu siswa keluar di verval pd bisa ke operator kebupaten agar di keluarkan dari menu siswa keluar

      Hapus
  4. rombel diemanja dibatasikah nanti jumlah siswanya?
    semisal lebih dari 20 dibikinkan rombel baru ato gmn

    BalasHapus
  5. Di Emanja terdapat menu Nomor Absen ketika kita masuk ke detail siswa melalui Perbaikan data CAPESUN (Aksi). Pertanyaannya : Setelah kami atur Nomor Absen siswa di Emanja, dan telah kami klik Sinkron di Analisis Data, di pdun Nomor Absen siswa tidak bisa sama dengan yang di Emanja. Mohon Pencerahan Bapak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tau kalo tentang absen ini pak..soalnya nomor absen siswa saya saya uplod saat emis masih buka pak jadi di e manja saya sudah bener

      Hapus
  6. Anak kami 3 siswa ujian numpang di sekolah lain. Dan ketiganya diawal semester telah kami masukkan di Emis, alhasil 2 anak kami di PDUN tercatat ganda dn yg 1 tidak. Solusinya bagaimana untuk data ganda pada 2 siswa kami?

    BalasHapus
  7. bagaimana solusi untuk validasi data kembali saat jatah sinkron 3 telah terpakai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmm entah ini cuma punya saya atau gimana...kalo punya saya aneh tapi agak menguntungkan pak...akun verval pd saya seperti di reset dalam bagian penhitungan jadi ada 1 siswa saya yang sudah saya edit itu jatahnya kembali lagi jadi 3 kali

      Hapus
  8. saya sudah melakukan pengeditan data nama ayah di emanja tapi di pdun saya tunggu blm ada perubahan apakah saya harus singkron di analisi data ? tetapi di point data no peserta un smpdgn SKKHUN terisi digit 11 , saya mau singkron 3 kali kesempatan masih ragu

    BalasHapus
  9. Tlong buka singkron emanja opm saya mau singkron tp blm muncul muncul

    BalasHapus


EmoticonEmoticon