11 Feb 2020

Aplikasi Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) 2020

Kementerian Agama RI, telah merilis Aplikasi Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) untuk tahun 2020. Aplikasi UMBK 2020, berupa VDI UMBK ini dapat digunakan untuk menyelenggarakan Ujian Madrasah bagi jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), maupun Madrasah Aliyah (MA).

Ujian Madrasah adalah ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan di madrasah berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Menurut POS UM untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 (SK Ditjen Pendis No. 247 Tahun 2020), Ujian Madrasah dapat dilaksanakan dengan berbasis komputer (UMBK) maupun berbasis kertas.

Aplikasi UMBK 2020

Untuk memfasilitasi penyelenggaraan Ujian Madrasah Berbasis Komputer, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama telah menyiapkan aplikasi khusus. Aplikasi UMBK 2020 (VDI UMBK) dapat diunduh secara gratis dan digunakan oleh semua madrasah.

1. Sinkron PDUM


Aplikasi UMBK ini sinkron dengan PDUM. Sehingga hanya madrasah yang telah terdaftar dalam PDUM yang bisa menggunakannya. Baca: RA pun Harus Isi PDUM, Deadline 15 Februari 2020

Uniknya, data lembaga dan siswa peserta ujian tidak perlu diisi secara manual karena akan dapat disinkronkan dengan laman PDUM (Pangkalan Data Ujian Madrasah). Tentunya, jika madrasah yang bersangkutan telah mengisi dan mengupload data siswa kelas akhir di laman PDUM.

Dan sesuai dengan POS UM 2020 dimana madrasah penyelenggara Ujian Madrasah harus membuat kisi-kisi dan soal ujian sendiri, maka dalam aplikasi UMBK ini akan dijumpai menu upload soal dan kisi-kisi soal UM yang nantinya diujikan.

Beberapa ketentuan lainnya terkait dengan aplikasi dan pelaksanaan UMBK 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Yang bisa memakai aplikasi UMBK 2020 adalah madrasah yang telah mengisi dan mengupload data siswa kelas akhir di laman PDUM. Ini karena data lembaga dan siswa peserta akan disinkronkan dengan data dari laman PDUM. Sehingga dalam VDI UMBK ini tidak ada menu upload siswa.
  2. Akses login ke VDI UMBK menggunakan username dan password yang sama dengan akun PDUM.

2. Tampilan dan Fitur VDI UMBK


Layaknya aplikasi UAMBNBK, maupun ARD, aplikasi ini menggunakan teknologi Virtual Desktop Infrastructure (VDI) sehingga dalam penggunaannya membutuhkan beberapa software lain, terutama VirtualBox. 

Aplikasi UMBK 2020 Home

Tentu bagi madrasah yang telah melaksanakan UAMBNBK dan ARD telah memahami cara kerja dari konsep ini termasuk dengan spesifikasi komputer yang dibutuhkan.

Dalam aplikasi UMBK ini akan dijumpai sejumlah menu, diantaranya:
  1. Beranda
  2. Sinkron & Backup, yang berisikan Data Madrasah, Data Peserta Madrasah, Lampiran Data Madrasah dan Photo Siswa, Update Aplikasi UMBK, dan Backup Data VDI UMBK
  3. Bank Soal, yang meliputi; Mata pelajaran, Data Soal, Upload Soal, dan Kisi-Kisi Soal
  4. Peserta, yang berisikan Data Siswa dan Cetak Kartu
  5. Penjadwalan (Data Jadwal dan Pemilihan Soal)
  6. Pelaksanaan (Kesiapan Data, Daftar Hadir, Kontrol Ujian, Monitoring Siswa, dan Berita Acara)
  7. Hasil & Lembar Jawaban
  8. Kirim Data ke Pusat
  9. Restore Data
  10. Hapus Akses Madrasah (untuk menjadikan VDI sebagai VDI Master Soal)
  11. Data Pengguna
  12. Logs
Khusus menu Hapus Akses Madrasah, ditujukan untuk menghapus akun madrasah dan akun siswa pada VDI tersebut tanpa menghapus data jadwal dan bank soal. Dengan menu ini akan didapat VDI Master Soal. Dimana pada VDI tersebut akan termuat jadwal ujian dan soal UMBK yang dapat dibagikan ke madrasah lain dan menjadi referensi penyusunan soal di madrasah lainnya.

3. Unduh VDI UMBK


Ditjen Pendis Kemenag menyediakan aplikasi UMBK ini secara gratis. Tiap madrasah yang hendak menggunakan dapat mengunduhnya melalui link yang ditampilkan dalam laman PDUM. 

Beberapa link untuk mengunduh VDI UMBK yang dibagikan laman PDUM antara lain
  1. http://bit.ly/UMBK-VDI1920-GD (Via Google Drive 1)
  2. http://bit.ly/UMBK-VDI1920-GD2 (Via Google Drive 2)
  3. http://bit.ly/UMBK-VDI1920-MG (Via Mega 1)
  4. http://bit.ly/UMBK-VDI1920-MF2 (Via Mediafire)
Atau melalui mirror link by Ayo Madrasah DI SINI (1,93 GB)

Tersedianya aplikasi Ujian Madrasah Berbasis Komputer tentu menjadi kabar gembira bagi madrasah yang hendak menyelenggarakan UMBK. Meski untuk itu diperlukan sarana dan prasara yang memadai. Tentunya juga persiapan bagi proktor, guru pembuat soal ujian, dan siswa. Karenanya aplikasi UMBK ini tentu perlu untuk dipasang jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UMBK.

2 komentar

bagaimana cara menjawab soal uraian.. sedangkan di soalnya tidak ada kolom isian siswa?


EmoticonEmoticon