17 Jun 2020

Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013

Melengkapi seri artikel pemetaan kompetensi dasar, kali ini pemetaan KD KI-3 dan KI-4 untuk Kelas 3 SD/MI Semester 2 dengan menggunakan kurikulum 2013. Pemetaan Kompetensi Dasar merupakan perangkat awal untuk memetakan masing-masing kompetensi dasar dari setiap mupel (muatan pelajaran) dalam sebuah tema, subtema, dan pembelajaran.

Pemetaan KD Kompetensi Inti Pengetahun (KI-3) dan KI Keterampilan (KI-4) menjadi dasar bagi penyusunan RPP dan pelaksanaan penilaian (menyusun kisi-kisi dan soal) untuk penilaian harian, penilaian tengah semester, maupun penilaian akhir semester). Termasuk bagi kelas tiga Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar yang telah menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 (kurtilas).

Pemetaan KD Kelas 3-2

Mengingat penting dan sentralnya peran pemetaan kompetensi dasar, maka Ayo Madrasah, memberikan salah satu contoh penyusunan Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 dalam format file microsoft excel.

Ini diharapkan menjadi modal awal bagi guru kelas 3 dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran, KBM, maupun penilaian dan evaluasi hasil belajar.

Dengan format file microsoft excel, masing-masing guru kelas 3 dapat melakukan editing maupun penyesuaian jika sekiranya terdapat pelaksanaan pembelajaran yang sedikit berbeda dari yang tercamtum dalam pemetaan KD ini. Atau setidaknya untuk melakukan penyesuaian nama satuan pendidikan.

Tema dan Subtema Kelas 3 Semester 2


Pada Kelas 3 Semester Genap SD dan MI terdapat empat tema yang terdiri atas tema 5, tema 6, tema 7, dan tema 8. Sedang mupel yang diajarkan dalam pembelajaran tematik meliputi Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya (SBDP), dan Pensisikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).

Masing-masing tema di Kelas 3 Semester 2, terdiri atas empat subtema. Dan setiap subtema diajarkan melalui enam pembelajaran. Adapun daftar subtema dari masing-masing tema di kelas 3 semester genap adalah sebagai berikut:
  • Tema 5: Cuaca, dengan subtema:
    • 1. Keadaan Cuaca
    • 2. Perubahan Cuaca
    • 3. Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap kehidupan Manuasia
    • 4. Cuaca, Musim, dan Iklim
  • Tema 6: Energi dan Perubahannya, dengan subtema:
    • 1. Sumber Energi
    • 2. Perubahan Energi
    • 3. Energi Alternatif
    • 4. Penghematan Energi
  • Tema 7: Perkembangan Teknologi, dengan subtema:
    • 1. Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
    • 2. Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
    • 3. Perkembangan Teknologi Komunikasi
    • 4. Perkembangan Teknologi Transportasi
  • Tema 8: Praja Muda Karana, dengan subtema:
    • 1. Aku Anggota Pramuka
    • 2. Aku Anak Mandiri
    • 3. Perkembangan Teknologi Komunikasi
    • 4. Perkembangan Teknologi Transportasi

Distribusi KD Kelas 3 Semester 2


Guna melakukan pemetaan KD, baik untuk KI Pengetahuan maupun Keterampilan, setidaknya harus merancang distribusi Kompetensi Dasar terlebih dahulu.

Dari tahap ini akan diketahui kompetensi dasar suatu mupel akan terdapat di tema keberapa. Atau sebaliknya, sebuah tema akan terdiri atas KD apa saja.

Untuk Kelas III Semester Genap, kompetensi dasar terdistribusi ke setiap tema dengan komposisi sebagai berikut:

  • Tema 5 terdiri atas 9 KD, 
  • Tema 6 terdiri atas 9 KD
  • Tema 7 terdiri atas 10 KD
  • Tema 8 terdiri atas 11 KD

Distribusi KD untuk Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3) adalah sebagai berikut:

Tema 5 (Cuaca), terdiri atas:
  • 1. PPKn 3.4, Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar  
  • 2. Bahasa Indonesia 3.3, Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan   
  • 3. Matematika 3.4, Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret  
  • 4. Matematika 3.5, Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama  
  • 5. SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif  
  • 6. SBDP 3.2, mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu  
  • 7. SBDP 3.3, mengetahui dinamika gerak tari  
  • 8. SBDP 3.4, mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung  
  • 9. PJOK 3.5, Memahami kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai

Tema 6 (Energi dan Perubahannya), terdiri atas:
  • 1. PPKn 3.2, Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah  
  • 2. Bahasa Indonesia 3.2, Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan  
  • 3. Matematika 3.6, Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung  
  • 4. Matematika 3.8, Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret  
  • 5. SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif  
  • 6. SBDP 3.2, mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu  
  • 7. SBDP 3.3, mengetahui dinamika gerak tari  
  • 8. SBDP 3.4, mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung  
  • 9. PJOK 3.6, Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama

Tema 7 (Perkembangan Teknologi), terdiri atas:
  • 1. PPKn 3.3, Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar  
  • 2. Bahasa Indonesia 3.6, Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat  
  • 3. Matematika 3.8, Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret  
  • 4. Matematika 3.9, Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret  
  • 5. Matematika 3.10, Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar  
  • 6. SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif  
  • 7. SBDP 3.2, mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu  
  • 8. SBDP 3.3, mengetahui dinamika gerak tari  
  • 9. SBDP 3.4, mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung  
  • 10. PJOK 3.7, Memahami prosedur gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air

Tema 8 (Praja Muda Karana), terdiri atas:
  • 1. PPKn 3.1, Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”  
  • 2. Bahasa Indonesia 3.7, Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan  
  • 3. Bahasa Indonesia 3.9, Mengidentifi-kasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan   
  • 4. Matematika 3.11, Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku   
  • 5. Matematika 3.12, Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki  
  • 6. Matematika 3.13, Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar  
  • 7. SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif  
  • 8. SBDP 3.2, mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu  
  • 9. SBDP 3.3, mengetahui dinamika gerak tari  
  • 10. SBDP 3.4, mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung  
  • 11. PJOK 3.4, Memahami bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional

Distribusi kompetensi dasar (KD) baik untuk KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) Kelas 3 Semester Genap dapat disimak melalui gambar tabel berikut ini.

Distribusi KD Kelas 3-2

Unduh Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2


Dari distribusi kompetensi dasar sebagai diuraikan diatas, disusunlah pemetaan KD baik untuk KI Pengetahuan (KI-3) maupun KI Keterampilan (KI-4). 

Pemetaan KD tersebut dikelompokkan dalam empat bagian, yaitu:
  • Pemetaan KD untuk KI-3 Per Subtema dan Pembelajaran
  • Pemetaan KD untuk KI-3 Per Tema dan Subtema
  • Pemetaan KD untuk KI-4 Per Subtema dan Pembelajaran
  • Pemetaan KD untuk KI-4 Per Tema dan Subtema

Dalam Pemetaan KD per-Subtema dan Pembelajaran masing-masing kompetensi dasar akan didistribusikan dan dipetakan hingga level pembelajaran di setiap subtema dan tema. Sedang pada Pemetaan KD per-Tema dan Subtema, kompetensi dasar didistribusikan dan dipetakan dalam setiap subtema dan tema selama semester genap di kelas 3.

Pemetaan KD selengkapnya, silakan unduh file microsoft excel melalui LINK BERIKUT (52 KB)

Baca juga:

Dengan menggunakan Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Semester 2, tentunya proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran (KBM), hingga evaluasi dan penilaian hasil belajar selama satu semester akan lebih terarah dan efisien.


EmoticonEmoticon