23 Agu 2021

Kisi-Kisi Uji Pengetahuan PPG Daljab Kemenag

Ditjen Pendidikan Islam Kemenag telah menetapkan kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) bidang agama di lingkungan Ditjen Pendis. Kisi-kisi UP ini memuat kisi-kisi untuk Pendidikan Agama Islam (PAI), Alquran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Bahasa Arab, hingga UP Guru MI dan Guru RA.


Adalah surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor B-2590.1/DJ.I/HM.01/08/2021 tertanggal 19 Agustus 2021. Surat dengan perihal Pemberitahuan Kisi-kisi Uji Pengetahuan Bidang Agama ini ditujukan kepada Pimpinan LPTK PTKIN Penyelenggara PPG.


Dalam isi suratnya, salah satunya disebutkan bahwa, dalam rangka memberikan informasi kepada mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bidang agama di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, maka Pimpinan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (LPTK PTKIN) penyelenggara PPG agar menyampaikan kisi-kisi uji pengetahuan kepada mahasiswa retaker maupun firstaker bidang agama sebagaimana tersaji dalam lampiran ini.

Kisi-Kisi UP PPG Daljab Kemenag

Baca Juga: Jadwal PPG Kemenag 2021


Masih menurut surat tersebut, diharapkan kisi-kisi ini dapat dipelajari oleh seluruh mahasiswa retaker dan firstaker yang akan mengikuti uji pengetahuan pada batch-1 yang akan diselenggarakan pada bulan September 2021.


Kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021, selain disertakan dalam lampiran surat tersebut dapat juga diakses oleh mahasiswa langsung melalui laman Space milik masing-masing mahasiswa.


Berdasarkan pengamatan Ayo Madrasah, Kisi-kisi Uji Pengetahuan PPG yang disertakan sebagai lampiran surat tersebut terdiri atas delapan mata pelajaran. Kesemuanya meliputi:

  • Kisi-kisi UP Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Kisi-kisi UP Alquran Hadis
  • Kisi-kisi UP Akidah Akhlak
  • Kisi-kisi UP Fikih
  • Kisi-kisi UP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
  • Kisi-kisi UP Bahasa Arab
  • Kisi-kisi UP Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  • Kisi-kisi UP Guru Raudlatul Athfal (PGRA)


Baca Juga: Daftar Linieritas Ijazah S1/DIV dengan Prodi PPG


Seperti disebutkan dalam isi surat, mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021 dapat mengunduh kisi-kisi tersebut melalui akunnya masing-masing di laman Space (ppg.siagapendis.com).


Di samping itu, Ayo Madrasah menyediakan mirror download yang dapat digunakan untuk mengunduh melalui tombol di bawah ini.

Dengan ditetapkannya kisi-kisi Uji Pengetahuan PPG Daljab Kemenag 2021, dapat menjadi pedoman bagi mahasiswa retaker maupun firstaker bidang agama, terutama yang akan mengikuti uji pengetahuan pada batch-1 pada bulan September 2021.

Add Comments


EmoticonEmoticon