22 Agu 2021

RDM, Rapor Digital Gratis untuk Madrasah

RDM atau Rapor Digital Madrasah adalah aplikasi pengolahan dan pelaporan hasil belajar siswa yang dikembangkan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. Rapor Digital Madrasah gratis digunakan oleh semua madrasah di seluruh Indonesia.


Rapor Digital Madrasah juga menjadi menjadi penyempurnaan atas aplikasi serupa, Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang digunakan sebelumnya. Tentunya dengan berbagai perbaikan dan penyempurnaan yang dilakukan langsung oleh Tim Teknis Kementerian Agama.


Selain sebagai aplikasi mencetak rapor, RDM juga berfungsi sebagai bank nilai siswa madrasah. Seluruh data nilai siswa madrasah tersimpan di server pusat serta dapat digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan. Melalui RDM, kepala madrasah, guru dan orang tua siswa bisa memantau perkembangan capaian kompetensi siswa secara real time.

Rapor Digital Madrasah


Fitur dan Kelebihan RDM Kemenag


Sebagai bentuk penyempurnaan dari aplikasi serupa sebelumnya, Rapor Digital Madrasah tentu memiliki sederet fitur dan kelebihan yang mengakomodasi kepentingan madrasah.


Beberapa fitur dan kelebihan yang Ayo Madrasah rangkum dari laman resmi RDM antara lain:

  • Memiliki Level Akses yang lengkap. Level akses dalam aplikasi ini meliputi akses proktor, akses admin madrasah yang meliputi staf, kamad, hingga wakamad bidang kurikulum, dan akses wali kelas, guru mata pelajaran, dan pembina ekstrakurikuler.
  • Penilaian berkelanjutan, dimana penilaian dapat dilakukan secara berkelanjutan tanpa menghapus data nilai sebelumnya.
  • Gratis selamanya
  • Memiliki fitur backup dan restore yang memudahkan dalam penyimpanan backup data ataupun sebaliknya pemulihan data jika diperlukan.
  • Dilengkapi barcode dan watermark pada hasil cetak rapornya
  • Cetak rekap nilai persiswa mulai dari semester awal hingga akhir dalam satu halaman.
  • Dukungan angularjs, yang membuat proses render halaman diproses di browser sehingga tidak memberatkan server.
  • Dukungan PWA dan workbox.js yang dapat mempercepat proses rendering halaman.
  • Terintegrasi dengan Emis.
  • Dapat diinstal secara online dalam hosting sehingga guru dapat mengelola nilai secara online dari mana saja dan kapan saja.


Tersedia Versi XAMPP, VDI, dan Hosting


Rapor Digital Madrasah tersedia dalam tiga versi. Pertama versi VDI (Virtual desktop infrastructure) dimana aplikasi ini dapat dijalankan dan diakses dengan menggunakan server lokal. Untuk menggunakan versi ini tentunya madrasah menginstal aplikasi di komputer utama yang dijadikan server lokal. Guru menggunakan melalui perangkat masing-masing dengan terhubung ke server lokal menggunakan jaringan lokal.


Kedua, versi XAMPP atau installer dimana aplikasi RDM dapat diinstal pada windows dengan OS 64 bit. 


Ketiga, versi hosting dimana bagi madrasah yang telah memiliki hosting atau VPS, dapat mengunggah aplikasi rapor ini ke layanan cloud hosting sehingga dapat diakses secara online dari manapun.

Tampilan RDM


Download RDM Gratis


Aplikasi Rapor Digital dapat digunakan oleh semua madrasah se-Indonesia secara gratis. Aplikasinya dapat diunduh secara gratis di laman RDM Kemenag. Madrasah tinggal memilih berbagai versi aplikasi yang diinginkan dan sesuai dengan kondisi madrasah masing-masing. Bisa menggunakan versi hosting, VDI, atau installer XAMPP.


Untuk mendapatkan installernya, Ayo Madrasah menyarankan untuk mengunduh langsung ke laman Portal RDM Kemenag yang dapat diakses melalui alamat https://rdm.kemenag.go.id/#/download. 


Ini karena tim teknis dan pengembang senantiasa melakukan updating aplikasi. Sehingga dengan mengunduh dari laman resmi aplikasi yang diunduh akan terjamin up to date dan terhindar dari kegagalan saat proses instalasi ataupun aktivasi.


Untuk mengaktifkannya pertama kali madrasah tinggal memasukkan token. Token inipun diberikan secara gratis kepada semua madrasah se Indonesia melalui Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing.


Baca Juga : SK Dirjen Tentang Juknis Penilaian Hasil Belajar Madrasah


Dengan dikembangkannya aplikasi Rapor Digital Madrasah oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama semoga dapat semakin mengoptimalkan layanan pembelajaran di madrasah. Pun semakin memudahkan guru, siswa, dan kepala madrasah dalam melakukan perencanaan, proses, dan penilaian serta pelaporan hasil belajar madrasah.


EmoticonEmoticon