23 Jul 2022

Percepatan Keaktifan PTK di Simpatika Semester Ganjil 2022/2023

Direktorat Guru dan tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Agama akan melakukan percepatan keaktifan data guru dan tenaga kependidikan tahun pelajaran 2022/2023 di Simpatika. Percepatan keaktifan PTK ini merupakan implementasi program strategis Kementerian Agama di tahun anggaran 2022.


Demikian disampaikan Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui surat edaran bernomor B-457/Dt.I.II/HM.00/07/2022. Surat tertanggal 22 Juli 2022 tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan, Muhammad Zain, atas nama Direktur Jenderal.


Biasanya, berdasarkan pengalaman Ayo Madrasah, Layanan Simpatika akan 'libur' selama hampir satu bulan di setiap awal semester. Namun dengan adanya percepatan keaktifan ini, tahapan tersebut sudah akan dimulai pada 25 Juli ini.

Keaktifan PTK di Simpatika

Baca: 11 Hal di Simpatika yang Harus Dikerjakan PTK


Dalam surat yang sama sebagaimana yang Ayo Madrasah dapatkan dari laman tte.kemenag.go.id, dalam rangka percepatan keaktifan guru dan tenaga kependidikan di Kemenag ini, guru dan tenaga kependidikan madrasah segera melakukan aktivasi data individu dengan menggunakan akun masing-masing. Proses aktivasi data dimaksud memperhatikan validitas dan kelengkapan data profil serta data mengajar (beban kerja) melalui Simpatika.


Setelah guru melakukan aktivasi melalui akun PTK masing-masing, setiap satuan pendidikan pun diminta untuk melaporkan keaktifan madrasah masing-masing.


Selanjutnya, masih menurut surat tersebut, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota memverifikasi dan menyetujui keaktifan Madrasah yang diajukan.


Baca: 15 Hal yang Harus Dikerjakan Operator dan Kamad di Simpatika


Adapun waktu melakukan aktivasi oleh PTK hingga tahap verifikasi dan persetujuan oleh Kantor Kemenag Kab./Kota diberi waktu selama sebulan, yaitu mulai tanggal 25 Juli sampai dengan 25 Agustus 2022.

Keaktifan PTK di Simpatika

Untuk mengunduh surat edaran terkait percepatan keaktifan Data Guru dan Tenaga Kependidikan, sila unduh melalui tombol di bawah ini.



Belum jelas apakah tahapan keaktifan PTK di laman Simpatika pada semester ini sama seperti pada semester-semester sebelumnya. Biasanya tidak pernah ada surat edaran khusus terkait keaktifan PTK. Yang diterbitkan setiap semester biasanya adalah edaran secara umum terkait dimulainya pemutakhiran data PTK di setiap semester.


Baca: 4 Tahap Pengelolaan Siswa di Layanan Simpatika


Pun sampai saat artikel ini diterbitkan fitur tersebut belum dibuka di laman Simpatika sehingga Ayo Madrasah belum bisa mencobanya.


Karenanya, setiap guru dan tenaga kependidikan perlu mempersiapkan diri untuk dapat melaksanakan percepatan keaktifan PTK secara mandiri di akun Simpatika masing-masing.

Add Comments


EmoticonEmoticon