31 Mar 2023

Edaran Pencairan PIP Tahap I Tahun 2023

Dana bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) Tahap I Tahun 2023 segera dicairkan. Menyusul diterbitkannya surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor B-1419/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/03/2023 tertanggal 30 Maret 2023.


Dalam surat berperihal Pencairan Bantuan Sosial PIP Tahap I Tahun Anggaran 2023 sebagaimana Ayo Madrasah peroleh dari laman TTE Kemenag, disampaikan bahwa dana bantuan sosial Program Indonesia Pintar Tahap I Tahun Anggaran 2023 untuk siswa madrasah sedang dalam proses penyaluran oleh Bank Penyalur.


Edaran Pencairan PIP

Baca: SK Penerima PIP Tahap I Tahun 2023 MI, MTs, dan MA


Masih menurut isi surat tersebut, paling lambat tanggal 17 April 2023, dana bantuan sudah akan masuk ke rekening masing-masing siswa penerima PIP.


Terkait dengan proses pencairan dana bantuan PIP Tahap I Tahun 2023 untuk siswa madrasah, Ditjen Pendis Kemenag, melalui suratnya yang dikirimkan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, menyampaikan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Berkoordinasi dengan Bank Penyalur (BRI untuk Madrasah Ibtidaiyah, Bank Mandiri untuk Madrasah Tsanawiyah dan MA) di tingkat provinsi terkait pencairan bantuan sosial PIP Tahap I Tahun Anggaran 2023;
  • Menginstruksikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota cq. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam untuk:
    • Berkoordinasi dengan Bank Penyalur (BRI untuk MI, Bank Mandiri untuk MTs dan MA) di tingkat Kabupaten/Kota terkait dengan pencairan bantuan sosial PIP Tahap I Tahun Anggaran 2023;
    • Menginstruksikan kepada Kepala Madrasah untuk menginformasikan kepada siswanya yang ditetapkan sebagai penerima Bantuan Sosial PIP Tahap I Tahun Anggaran 2023 dan membantu proses pencairan dana bantuan tersebut di bank terdekat dengan mengikuti prosedur dan mekanisme pencairan sebagaimana dalam Juknis PIP Tahun 2023.


Adapun surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-1419/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/03/2023, perihal Pencairan Bantuan Sosial PIP Tahap I Tahun Anggaran 2023, selengkapnya dapat diunduh dan dibaca melalui tautan di bawah.



Untuk menyikapi pencairan dana bantuan PIP Tahap I Tahun 2023 bagi siswa madrasah ini, silakan masing-masing madrasah untuk mencermati surat edaran pencairan PIP tersebut dengan dengan mengikuti prosedur dan mekanisme pencairan sebagaimana dalam Juknis PIP Tahun 2023.

Add Comments


EmoticonEmoticon