13 Mei 2023

Solusi Gagal Login EDM ERKAM V.2 Karena 'Kesalahan Kantor Kab/Kota Tidak Boleh Kosong'

Salah satu problem dan kendala saat login aplikasi EDM dan ERKAM V.2 adalah gagal login akibat muncul notifikasi 'Kesalahan Kantor Kab/Kota Tidak Boleh Kosong'. Kasus gagal login ini terutama terjadi pada setelah registrasi akun baru dan login untuk pertama kali ke aplikasi EDM ERKAM V.2.


Madrasah tidak bisa login atau gagal login ke aplikasi EDM dan ERKAM V.2 yang berlamat di https://edm-fe.erkam-v2.kemenag.go.id/ dan https://frontend.erkam-v2.kemenag.go.id/.


Gagal Login EDM ERKAM V.2 Karena 'Kesalahan Kantor Kab/Kota Tidak Boleh Kosong'

Saat pengguna mengeklik tombol login, setelah mengisi NIK atau Email dan Password, aplikasi tidak dapat membuka tahap berikutnya. Justru muncul peringatan di pojok kanan atas yang berbunyi, Kesalahan Kantor Kab/Kota Tidak Boleh Kosong.


Hal ini banyak dijumpai oleh pengguna dengan rule Kepala Madrasah dan Bendahara ketika login pertama kali setelah proses registrasi berhasil.


Bagaimana solusi terhadap error dengan peringatan 'Kesalahan Kantor Kab/Kota Tidak Boleh Kosong'?


Gagal Login EDM ERKAM V.2 Karena 'Kesalahan Kantor Kab/Kota Tidak Boleh Kosong'

Jika madrasah mengalami gagal login dan muncul peringatan 'Kesalahan Kantor Kab/Kota Tidak Boleh Kosong', solusi yang bisa dilakukan adalah melaporkan kendala tersebut ke Tim EDM ERKAM Pusat. 


Tim EDM dan ERKAM telah membuat form pelaporan secara online melalui Google Sheets. Pelaporan tersebut dapat diakses melalui tautan berikut ini.



Setelah terbuka Google Sheets, tuliskan NSM (Nomor Statistik Madrasah), NIK dan Email yang digunakan login EDM ERKAM V.2, nama madrasah, dan kendala yang terjadi. Kolom kendala diisi dengan "Kesalahan kantor kab/kota tidak boleh kosong".


Setelah pelaporan kendala tersebut, tunggu beberapa jam hingga tim EDM ERKAM melakukan penanganan. Lamanya bervariasi. 


Baca: Cara Isi EDM dan e-RKAM V.2 (2023)


Karenanya, setelah melaporkan tunggulah beberapa jam lalu cobalah untuk login ulang. Jika masih muncul kendala yang sama, ulangi lagi beberapa jam kemudian.


Namun berdasar pengalaman Ayo Madrasah, tidak sampai 12 jam, aplikasi sudah bisa dibuka dengan normal. Dan notifikasi 'Kesalahan kantor kab/kota tidak boleh kosong' tidak muncul kembali.


Itulah solusi atas kendala gagal login EDM dan ERKAM V.2 Karena Kesalahan Kantor Kab/Kota Tidak Boleh Kosong. Madrasah dapat login ke aplikasi EDM ERKAM V.2. 

Add Comments


EmoticonEmoticon