4 Feb 2024

Cara Daftar dan Mengikuti Pelatihan di Pintar Kemenag

Cara mendaftar pelatihan dan mengikuti pelatihan di platform Pintar Kemenag. Sesuai judul, artikel ini membahas tentang bagaimana cara dan langkah-langkah untuk mendaftar pelatihannya.


Sedang untuk tata cara untuk registrasi dan mendaftar akun Pintar Kemenag telah dibahas dalam artikel sebelumnya. Sila baca: Cara Registrasi dan Daftar Akun Pintar Kemenag.


Cara Daftar Pelatihan di Pintar Kemenag

Dikutip dari Ayo Madrasah, Pintar Kemenag adalah sebuah platform Massive Online Open Courses (MOOC), yaitu aplikasi yang menyelenggarakan pelatihan-pelatihan massal secara online dan gratis. Pelatihan dilakukan secara asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal zoom ataupun tatap muka.


Pelatihan di Pintar Kemenag dapat diikuti oleh guru maupun pegawai di lingkungan Kementerian Agama, baik yang berstatus PNS maupun Non PNS.


Bagaimana cara mendaftar pelatihan yang diselenggarakan Pintar Kemenag?


Tidak sedikit yang menanyakan bagaimana cara untuk mendaftar pelatihan di Pintar Kemenag. Padahal untuk mendaftar dan mengikuti pelatihan di platform ini sangat mudah.


Pertama, sebelumnya pastikan telah memiliki akun di Pintar Kemenag. Jika belum, sila lakukan registrasi.


Setelah memiliki akun Pintar Kemenag, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Buka laman https://pintar.kemenag.go.id/
  2. Klik tombol "Masuk" di pojok kiri atas
  3. Masukkan NIK/NIP sebagai username dan Password yang telah dibuat saat registrasi akun, lalu klik tombol "Masuk"
  4. Setelah terbuka dashboard Pintar Kemenag, klik tombol "Sedang Berlangsung" atau klik tombol "Pilih Pelatihan" di bagian Progress Pelatihan, untuk melihat daftar pelatihan yang tersedia.
  5. Di bagian bawah terdapat daftar pelatihan yang tersedia. Pastikan pelatihan belum selesai atau tengah berlangsung dengan melihat tanggal pelaksanaan.
  6. Klik tombol "Lihat Selengkapnya" di jenis pelatihan yang ingin diikuti.
  7. Terbuka laman jenis pelatihan yang diinginkan. Simak sekali lagi waktu dan tanggal pendaftaran serta tanggal pelaksanaan pelatihan. Juga berbagai informasi dasar lainnya terkait dengan pelatihan tersebut.
  8. Jika sudah dan ingin mengikuti pelatihan tersebut, klik tombol "Daftar Pelatihan"
  9. Tombol akan berubah menjadi "Menunggu Jadwal". Ini berarti proses pendaftaran pelatihan sudah berhasil (peserta terdaftar pada pelatihan tersebut).

    Cara Daftar Pelatihan di Pintar Kemenag

  10. Agar tidak ketinggalan informasi, ada baiknya calon peserta bergabung dan memantau Grup Diskusi Pelatihan di Telegram. Link untuk bergabung grup Telegram terdapat di akhir deskripsi pelatihan.


Baca: Daftar Pelatihan Terbaru di Pintar Kemenag


Jangan lupa untuk mencatat kapan (tanggal berapa) pelatihan dimulai dan berakhir.


Karena pelatihan di Pintar Kemenag bermodel asynchronous sehingga pelatihan disampaikan dalam media e-learning, rekaman, video, podcast, atau PDF dan file lainnya. Peserta dapat menyelesaikan modul materi pelatihan sesuai dengan waktu yang dimiliki karena tidak ada tatap muka baik secara offline maupun online (zoom meting dan sejenisnya). Tentunya dalam rentang waktu yang telah ditentukan.


Setelah tahu, bagi yang ingin mengikuti pelatihan sila langsung mempraktikkan cara daftar pelatihan di Pintar Kemenag ini.

2 komentar

  1. Saya gagal terus bikin akun pintar, notifnya nik maksimal bernilai 16, padahal sudah 16 digit. Yg PNS juga sama, notifnya NIP maksimal bernilai 18. padalah sudah sesuai semuanya.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon