5 Jul 2025

Materi dan Kisi-kisi MATSAMA Tahun 2025

Materi Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Ajaran 2025/2026 mengalami sedikit perubahan dibanding penyelenggaraan di tahun sebelumnya. Materi ini tertuang dalam pedoman yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah.


Pada Matsama 2025, terdiri atas lima materi utama yaitu kemadrasahan; nilai-nilai madrasah; madrasah aman, nyaman, menyenangkan; moderasi beragama; dan implementasi ekoteologi di lingkungan madrasah.


Materi dan Kisi-kisi MATSAMA Tahun 2025

Sebagaimana diketahui, Matsama adalah kegiatan pengenalan lingkungan madrasah bagi peserta didik baru. Pada sekolah umum, kegiatan serupa dikenal dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Karena itu, Matsama memiliki tujuan utama untuk memfasilitasi proses adaptasi siswa dengan lingkungan pendidikan yang baru secara positif, aman, dan inspiratif.


Sesuai dengan pedoman Matsama 2025, kegiatan ini dilaksanakan minimal selama 3 hari di awal masuk sekolah. Merujuk pada Kalender Pendidikan Madrasah 2025, Matsama diselenggarakan mulai tanggal 14 Juli 2025.


Baca: Desain Spanduk Selamat Datang Siswa Baru


Materi dan Kisi-kisi Matsama Tahun Ajaran 2025/2026


Sesuai pedoman Matsama 2025 yang diterbitkan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, materi Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Ajaran 2025/2026 disusun berdasarkan kisi-kisi yang terdiri atas 5 materi utama yaitu kemadrasahan; nilai-nilai madrasah; madrasah aman, nyaman, menyenangkan; moderasi beragama; dan implementasi ekoteologi di lingkungan madrasah.


Kelima materi tersebut antara lain:


1. Kemadrasahan


Materi Matsama ini bertujuan agar peserta memiliki pemahaman terhadap madrasah di mana siswa belajar dan memiliki kebanggaan terhadap madrasahnya.


Kisi-kisi materinya meliputi antara lain:

  • Profil singkat madrasah masing-masing (visi-misi dan keunggulan);
  • Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran;
  • Perkenalan guru dan tenaga kependidikan; serta
  • Unjuk kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan.


2. Nilai-nilai madrasah


Bertujuan agar peserta memiliki cara berpikir, bersikap dan bertindak sesuai nilai dan kekhasan yang dikembangkan di madrasah dalam proses pendidikan yang menjadikan dirinya lebih berakhlak.


Kisi-kisi materi meliputi antara lain:

  • Orientasi ibadah dalam proses belajar mengajar;
  • Tata tertib di madrasah;
  • Akhlak (tata krama) kepada guru-karyawan, orang tua, teman-teman pergaulan dan akhlak bermedia sosial;
  • Cara menyesuaikan diri dalam mengikuti pembelajaran di madrasah sesuai tingkatannya;


3. Madrasah aman, nyaman, menyenangkan


Materi Matsama ini bertujuan agar peserta turut berperan serta dalam menciptakan lingkungan belajar dan suasana madrasah yang aman, nyaman, dan menyenangkan, serta jauh dari tindakan bulliying (kekerasan), tindak intoleran, pelecehan seksual dan penggunaan rokok dan narkoba.


Kisi-kisi materi meliputi antara lain:

  • Pengenalan bentuk-bentuk tindakan bulliying (kekerasan), baik secara fisik, psikis dan penelantaran (pegucilan pergaulan), dan bagaimana menghindarinya.
  • Pengenalan bentuk-bentuk tindakan pelecehan seksual, dan bagaimana menghindarinya.
  • Pengenalan bahaya merokok dan narkoba dan bagaimana menghindarinya.
  • Pengenalan bagaiman pencegahan dan penanganan terhadap tindakan kekerasan (bullying), pelecehan seksual, menghindari merokok dan menjauhi narkoba.
  • Bagaimana menjadi pelapor dan pelopor dalam mencegah terjadinya tindakan bulliying, pelecehan seksual, intoleran, merokok dan narkoba.
  • Ikrar dan janji siswa baru untuk menjauhi tindakan bulliying, intoleran, pelecehan seksual, merokok dan narkoba.


4. Moderasi Beragama


Materi Matsama ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman bagaimana cara mengamalkan ajaran agama dalam konteks kehidupan bersama, berbangsa dan bernegara yang harmoni dan toleransi dalam perbedaan dan keberagaman bangsa Indonesia.


Kisi-kisi materi meliputi antara lain:

  • Komitmen kebangsaan (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945);
  • Toleransi dengan menerima perbedaan dan menghargai kepada pihak yang berbeda;
  • Anti kekerasan dalam memperjuangkan kebenaran dan keyakinan; dan
  • Akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal.


5. Implementasi ekoteologi di lingkungan madrasah


Tujuan materi Matsama ini untuk meningkatkan tanggung jawab, kesadaran terhadap lingkungan, membangun aksi nyata dan budaya pola hidup sehat, disiplin, bertanggung jawab, mental tangguh, maju tidak mudah menyerah, dan berprestasi.


Kisi-kisi materi meliputi antara lain:

  • Penanaman pohon di lingkungan madrasah,
  • Kepedulian terhadap kebersihan dan keasrian lingkungan,
  • Pembentukan sikap disiplin, jujur dan tanggung jawab,
  • Pengembangan mental mental tangguh, maju tidak mudah menyerah, dan berprestasi mendunia.

Pengembangan Materi oleh Satuan Madrasah


Madrasah dapat mengembangkan materi Matsama sebagaimana tertulis di atas. Pengembangan materi didasarkan atas situasi, kondisi dan karakteristik madrasah yang beragam. 

Pengembangan materi tersebut harus memperhatikan beberapa hal yang meliputi:

  • Madrasah dapat mengembangkan materi tersebut sesuai kekhasan madrasah masing-masing. Misalnya madrasah berasrama, madrasah di lingkungan pondok pesantren, Madrasah Inklusi, Madrasah Ramah Anak, Madrasah Adiwiyata dan lainnya.
  • Madrasah dapat bekerja sama atau menghadirkan nara sumber atau manusia sumber sesuai kapasitas keahliannya yang dibutuhkan untuk memberi kesan lebih mendalam kepada siswa baru. Misalnya; alumni yang menjadi tokoh kebanggaan, anggota TNI/Polri untuk penanaman kedisiplinan melalui pembinaan baris berbaris, motivator, dan orang- orang lainya yang memiliki kapasitas dan keterkaitan dengan madrasah.
  • Madrasah juga harus melakukan penyesuaian cakupan, kedalaman dan keluasan materi tersebut sesuai tingkat perkembangan peserta didik pada jenjang MTs, dan MA serta penyesuaian untuk masa transisi PAUD/RA ke MI.
  • Contoh kegiatan Matsama untuk penguatan masa transisi PAUD/RA ke MI, madrasah penyelenggara Matsama dapat mengacu kepada panduan dan modul-modul yang disediakan Kemendikbud Ristek (https://ditpsd.kemdikbud.go.id/transisipaudsd).
  • Silabus pengenalan lingkungan bagi siswa baru pada madrasah dapat mengacu dan mengadaptasi pada lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa baru.
  • Metode penyampaian materi dan pengelolaan kegiatan Matsama harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan karakteristik siswa sehingga suasana Matsama tetap;
    • Menyenangkan tidak menegangkan
    • Menantang tidak membosankan
    • Mendidik jauh dari tindak kekerasan dan pelecehan
    • Berakhlakul karimah sesuai nilai madrasah
  • Madrasah juga dapat memfasilitasi pengisian form Profil Belajar Siswa (PBS) untuk mengidentifikasi awal karakteristik dan kebutuhan belajar siswa. Dengan demikian, madrasah dapat sedini mungkin memberikan layanan pendidikan sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa, terutama pada madrasah inklusif dan/atau madrasah yang terdapat siswa berkebutuhan khusus

Selengkapnya terkait materi dan Kisi-kisi Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2025, sila pelajari dan pahami pedoman atau Petunjuk Teknis Pelaksanaan Matsama 2025 yang dapat diunduh melalui tombol download di bawah.

Materi dan Kisi-kisi Matsama 2025 tersebut sekiranya dapat membantu dalam merencanakan dan melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah di masing-masing madrasah.

Add Comments


EmoticonEmoticon