Menyambut tahun ajaran baru 2025/2026, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah merilis Petunjuk Teknis Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2025.
Matsama atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah adalah masa orientasi atau kegiatan pertama madrasah untuk pengkondisian agar siswa baru mengenal kegiatan rutin madrasah, fasilitas madrasah, ciri khas madrasah, nilai, norma dan tata tertib madrasah serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. Masa orientasi tersebut harus membuat pengalaman pertama yang sangat berkesan secara positif sehingga siswa baru merasa senang, nyaman dan bahagia.
Matsama juga merupakan kegiatan transisi agar siswa benar-benar secara mental siap mengikuti proses pembelajaran di lingkungan belajar (madrasah) yang baru.
Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau Matsama dilaksanakan mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).
Selain merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa Baru, Kementerian Agama menerbitkan regulasi terkait Petunjuk Teknis Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2025. Pedoman pelaksanaan MATSAMA ini diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan.
Sesuai Kaldik Madrasah 2025, Matsama dilaksanakan mulai tanggal 14 Juli 2025, dengan durasi minimal selama tiga hari.
Pedoman dan Juknis Pelaksanaan Matsama Tahun 2025 dapat diunduh di akhir artikel ini.
Baca: Materi MATSAMA RA, MI, MTs, dan MA
Materi Matsama Tahun Ajaran 2025/2026
Materi dalam Matsama terdiri atas lima poin utama yaitu kemadrasahan; nilai-nilai madrasah; madrasah aman, nyaman, menyenangkan; moderasi beragama; dan implementasi ekoteologi di lingkungan madrasah.
Masing-masing materi Matsama tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Kemadrasahan
Materi Matsama ini bertujuan agar peserta memiliki pemahaman terhadap madrasah di mana siswa belajar dan memiliki kebanggaan terhadap madrasahnya.
Kisi-kisi materinya meliputi antara lain:
- Profil singkat madrasah masing-masing (visi-misi dan keunggulan);
- Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran;
- Perkenalan guru dan tenaga kependidikan; serta
- Unjuk kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan.
2. Nilai-nilai madrasah
Bertujuan agar peserta memiliki cara berpikir, bersikap dan bertindak sesuai nilai dan kekhasan yang dikembangkan di madrasah dalam proses pendidikan yang menjadikan dirinya lebih berakhlak.
Kisi-kisi materi meliputi antara lain:
- Orientasi ibadah dalam proses belajar mengajar;
- Tata tertib di madrasah;
- Akhlak/tata krama kepada guru-karyawan, orang tua, teman-teman pergaulan dan akhlak ber-media sosial;
- Cara menyesuaikan diri dalam mengikuti pembelajaran di madrasah sesuai tingkatanya;
3. Madrasah aman, nyaman, menyenangkan
- Pengenalan bentuk-bentuk tindakan bulliying (kekerasan), baik secara fisik, psikis dan penelantaran/ pegucilan pergaulan, dan bagaimana menghindarinya.
- Pengenalan bentuk-bentuk tindakan pelecehan seksual, dan bagaimana menghindarinya.
- Pengenalan bahaya merokok dan narkoba dan bagaimana menghindarinya.
- Pengenalan bagaiman pencegahan dan penanganan terhadap tindakan
- kekerasan/bullying, pelecehan seksual, menghindari merokok dan menjauhi narkoba.
- Bagaimana menjadi pelapor dan pelopor dalam mencegah terjadinya tindakan bulliying, pelecehan seksual, intoleran, merokok dan narkoba.
- Ikrar dan janji siswa baru untuk menjauhi tindakan bulliying, intoleran, pelecehan seksual, merokak dan narkoba.
4. Moderasi Beragama
- Komitmen kebangsaan (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945);
- Toleransi dengan menerima perbedaan dan menghargai kepada pihak yang berbeda;
- Anti kekerasan dalam memperjuangkan kebenaran dan keyakinan; dan
- Akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal.
5. Implementasi ekoteologi di lingkungan madrasah
- Penanaman pohon di lingkungan madrasah,
- Kepedulian terhadap kebersihan dan keasrian lingkungan,
- Pembentukan sikap disiplin, jujur dan tanggungjawab,
- Pengembangan mental mental tangguh, maju tidak mudah menyerah, dan berprestasi mendunia.