26 Feb 2017

Solusi Error Emis: Microsoft.ACE.OLEDB.12.0

Saat menjalankan aplikasi desktop emis, berbagai permasalahan (error) kadang menyertai. Salah satunya adalah aplikasi desktop emis tidak mau berjalan dan keluar notifikasi (pesan) Microsoft.ACE.OLEDB.12.0. Apakah yang terjadi dan bagaimana solusi mengatasi problem ini?

Jika komputer (PC atau laptop) yang digunakan operator emis untuk membuka aplikasi desktop emis telah sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan (baca : Spesifikasi Komputer untuk Aplikasi Desktop Emis), mungkin proses backup emis akan berjalan dengan lancar. Namun sebaliknya, jika system Requirement (sistem yang diperlukan) tidak sesuai dengan kebutuhan, maka aplikasi desktop emis tidak dapat dijalankan dengan baik.

Salah satunya adalah perbedaan antara windows (Sistem Operasi) dengan versi office yang terpasang di komputer. Komputer menggunakan Sistem Operasi 64 bit tetapi office yang pasang adalah Office 32 bit.

Akibatnya, saat Aplikasi Desktop Emis dibuka akan muncul peringatan (pesan) terkait dengan Microsoft.ACE.OLEDB.12.0. Biasanya pesannya adalah sebagai berikut:

The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine

atau peringatan seperti gambar berikut ini.

Error Emis Microsoft.ACE.OLEDB.12.0

Mengatasi Error Emis 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0'

Bagaimana solusi untuk memperbaiki error emis "The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine" sehingga aplikasi desktop emis dapat terbuka dengan lancar?

Untuk mengatasinya pertama kita menambahkan (install) database engine 64 bit. Ayo Madrasah telah menyediakannya untuk rekan-rekan operator madrasah.


  1. Download Acces Database Engine 64 bit DI SINI (ukuran 27 MB)
  2. Ekstak hasil download tersebut dan tempatkan dalam satu folder (terdiri atas dua file yaitu run_AccessDatabaseEngine_x64.bat dan AccessDatabaseEngine_x64.exe)
  3. Login sebagai administrator (Run as administrator)
  4. Klik dua kali (double klik) file "run_AccessDatabaseEngine_x64.bat"
  5. Muncul jendela "Command Prompt"
  6. Ikuti perintah yang muncul dalam jendela "Command Prompt" tersebut


Nah, sekarang Database Engine x64 bit telah terpasang di komputer.

Baca Juga:



Silakan coba jalankan aplikasi desktop emis dan sekarang 'insa Allah' aplikasi dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Itulah cara mengatasi dan memperbaiki pesan error 'The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine' pada Aplikasi Desktop Emis. Semoga tips dan trik sederhana ini bermanfaat bagi rekan-rekan operator emis di seluruh Indonesia.

10 komentar

Ini persis yg saya alami pak oke saya cobanya...smg berhasil
Tks solusinya

al hamdulillaah computer saya berkat postingan ini laptop saya sudah bisa teratasi dan sekarang sdh bisa saya buka EMIS desktop ....terima kasih Ayo Madrasah semoga penuh berkah

Laptop saya windows 10 32bit.. office 2016 32bit... kasus sama kayak dipostingan ini... udah saya unduh... pas instal gak bisa.. padahal udah ngikitin tutornya... mohon solusinya.. makasih

sudah sy coba, masih g bisa
windows 7 64bit, office 2013 64 bit, lancar
windiws 7 64 bit, office 2010 32 bit, ngadat ......
sdah instal acces engin, masih ngadat ....

sekedar masukan, tidak semua acces engine langsung bisa, karena banyak macamnya (acces engine) mka harus menyesuaikan.

al hamdulillaah,,Laptop saya windows 10 64bit.. office 2016 64bit... kasus sama kayak dipostingan ini... udah saya unduh... pas instal gak bisa.. padahal udah ngikitin tutornya... mohon solusinya.. makasih

terima kasih


EmoticonEmoticon