8 Des 2025

Contoh Penulisan Deskripsi Nilai Kokurikuler di RDM

Bagaimana contoh penulisan deskripsi nilai kokurikuler di Rapor Digital Madrasah (RDM) menjadi salah satu pertanyaan guru madrasah, terutama yang diangkat sebagai koordinator kokurikuler di madrasah.


Berbeda dengan saat pengisian nilai P5RA, sebelum mengisi nilai kokurikuler di RDM, koordinator kokurikuler harus memilih Dimensi Profil Lulusan (DPL) dan Panca Cinta, serta menuliskan deskripsi penilaian.


Contoh Penulisan Deskripsi Nilai Kokurikuler di RDM

Contoh penulisan deskripsi penilaian kokurikuler ini yang menjadi pertanyaan di sebagian besar guru madrasah. Apalagi deskripsi ini nantinya akan muncul saat rapor dicetak.


Baca: Struktur Kurikulum MI Sesuai KMA No. 1503 Tahun 2025


Ketentuan dan Cara Penulisan Deskripsi Kokurikuler


Merujuk pada Bab III Panduan Kokurikuler RA, MI, MTs, MA, dan MAK terbitan Direktorat KSKK Madrasah (halaman 57), ketentuan deskripsi kokurikuler di rapor adalah:

  1. Menggambarkan pencapaian dimensi profil lulusan murid dan Panca Cinta
  2. Menggambarkan hasil belajar secara ringkas
  3. Menggunakan bahasa yang positif dan edukatif

Masih dalam Panduan Kokurikuler, Lampiran Inspirasi Pelaksanaan Kokurikuler sampai Pelaporan (halaman 64-67), yang contoh simulasi pembuatan rapor kokurikuler untuk satu kegiatan dalam satu semester.
  • MTs Abatatsa di kelas VII menyelenggarakan kegiatan kokurikuler dengan ketentuan:
    • tema: Peduli Lingkungan
    • DPL: 
      • Penalaran Kritis
      • Komunikasi
    • Panca Cinta: Cinta Lingkungan
    • Tujuan Pembelajaran:
      • Menganalisis interaksi antar komponen ekosistem dan pengaruhnya terhadap keseimbangan ekosistem (mata pelajaran IPA) sebagai wujud cinta lingkungan.
      • Mempresentasikan gagasan sebagai solusi pemecahan masalah secara kritis dan kreatif berlandaskan Al-Qur’an Hadis (mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Al Qur’an Hadis).
      • Memahami alam semesta sebagai manifestasi cinta dan kebesaran Allah sehingga tumbuh sikap hormat dan kasih sayang terhadap lingkungan.
    • Aspek yang Dinilai:
      • Penalaran Kritis: Menganalisis interaksi antar komponen ekosistem di lingkungan sekitar serta Adab pada alam dan lingkungan
      • Komunikasi: Menyampaikan gagasan
      • Cinta Lingkungan: Menghindari fasad dan merusak lingkungan 
    • Deskripsi Rapor:
      • Contoh 1: Siswa sudah baik dalam menjelaskan interaksi antar komponen ekosistem, kurang dalam menyampaikan/ mengomunikasikan gagasan, dan baik dalam perwujudan cinta lingkungan.
      • Contoh 2: Siswa sudah baik dalam penalaran kritis saat mencari solusi terhadap permasalahan terkait lingkungan, masih perlu berlatih dalam mengomunikasikan gagasan dan baik dalam perwujudan cinta lingkungan
Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bawa penulisan deskripsi penilaian kokurikuler di atas adalah sebagai berikut:
  • Penalaran Kritis: menjelaskan interaksi antar komponen ekosistem
  • Komunikasi: menyampaikan/ mengomunikasikan gagasan
  • Cinta Lingkungan: perwujudan cinta lingkungan
atau
  • Penalaran Kritis: penalaran kritis saat mencari solusi terhadap permasalahan terkait lingkungan
  • Komunikasi: mengomunikasikan gagasan
  • Cinta Lingkungan: perwujudan cinta lingkungan


Dapat disimpulkan bahwa penulisan deskripsi kokurikuler di RDM:

  • Dalam satu semester terdiri atas minimal 1 DPL dan 1 Panca Cinta
  • Penulisan deskripsi untuk setiap DPL/Panca Cinta berkaitan "erat dengan tujuan pembelajaran" dan "aspek yang dinilai".


Contoh Penulisan Deskripsi Penilaian Kokurikuler


Berikut ini contoh pemilihan DPL/ Panca Cinta dan penulisan deskripsi penilaian kokurikuler berdasarkan beberapa tema.

Contoh 1
  • Tema: Peduli Lingkungan
  • DPL/PC: Penalaran Kritis; Komunikasi; Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya
  • Contoh penulisan deskripsi:
    • Penalaran Kritis: menganalisis interaksi antar komponen ekosistem dan pengaruhnya terhadap keseimbangan ekosistem 
    • Komunikasi: mempresentasikan gagasan sebagai solusi pemecahan masalah
    • Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya: menunjukkan perilaku menjaga kelestarian ekosistem sebagai bentuk tanggung jawab sebagai makhluk Allah di Bumi sebagai wujud cinta Allah Swt. dan RasulNya

Contoh 2
  • Tema: Hidup Sehat dengan Rutin Berolahraga
  • DPL/PC: Penalaran kritis; Kesehatan; Cinta diri dan sesama manusia
  • Contoh penulisan deskripsi:
    • Penalaran kritis: memahami manfaat berolahraga secara rutin bagi kesehatan tubuh
    • Kesehatan: membiasakan kegiatan berolahraga secara rutin setiap hari
    • Cinta diri dan sesama manusia: menunjukkan kebiasaan berolahraga bagi tubuh sebagai wujud cinta diri

Contoh 3
  • Tema: Lingkungan Bersih, Hidup Lebih Sehat
  • DPL/PC: Penalaran Kritis, Kolaborasi; Cinta diri dan sesama manusia
  • Contoh penulisan deskripsi:
    • Penalaran kritis: mengidentifikasi permasalahan kebersihan lingkungan sekitar sekolah
    • Kesehatan: bekerja sama dalam merancang dan menyampaikan pesan kampanye ajakan hidup bersih secara kreatif.
    • Cinta kepada lingkungan: melakukan aksi nyata dalam menjaga lingkungan sebagai wujud cinta lingkungan.

Contoh 4
  • Tema: Mengatur Waktuku Aku Bertanggung Jawab
  • DPL/PC: Komunikasi; Kemandirian; Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya:
  • Contoh penulisan deskripsi:
    • Komunikasi: menceritakan manajemen waktu harian dalam mengatur jadwal tidur dan bangun pagi tepat waktu
    • Kemandirian: bertanggung jawab atas mengatur jadwal tidur dan bangun pagi
    • Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya: menunjukkan kebiasaan bangun pagi dan melaksanakan ibadah sholat shubuh dengan rutin.

Contoh 5
  • Tema: Aku di Masa Depan
  • DPL/PC: Kolaborasi; Komunikasi; Cinta diri dan sesama manusia
  • Contoh penulisan deskripsi:
    • Kolaborasi: bekerja sama dalam kelompok dalam menyusun data berbagai profesi di masyarakat
    • Komunikasi: menyampaikan data keberagaman profesi di masyarakat sekitarnya
    • Cinta diri dan sesama manusia: membuat pemetaan potensi diri

Itulah beberapa contoh penulisan deskripsi nilai kokurikuler di RDM sebagai inspirasi bagi koordinator kokurikuler. Sebagai contoh dan inspirasi tentunya setiap guru pengampu koordinator kokurikuler dapat menyusun deskripsi tersebut sesuai dengan kegiatan kokurikuler di madrasah masing-masing.

Add Comments


EmoticonEmoticon