1 Des 2025

Panduan Kokurikuler pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK

Panduan Kokurikuler pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK menjadi salah satu pedoman dan panduan Implementasi Kurikulum pada Madrasah yang sesuai dengan KMA Nomor 1503 Tahun 2025. Di mana kokurikuler menjadi salah satu kegiatan pembelajaran di madrasah, di samping intrakurikuler dan ekstrakurikuler.


Untuk itu Direktorat KSKK Madrasah menerbitkan Panduan Kokurikuler pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.


Panduan Kokurikuler di RA dan Madrasah

File selengkapnya tentang Panduan Kokurikuler di RA, MI, MTs, MA, dan MAK dapat diunduh di akhir artikel ini.


Dikutip Ayo Madrasah dari isi pedoman tersebut, Kokurikuler merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan kegiatan Intrakurikuler dalam rangka pengembangan kompetensi, terutama penguatan karakter. Kokurikuler memiliki peran strategis dalam pengembangan kompetensi murid, terutama karakter.


Kegiatan kokurikuler bertujuan untuk mendukung pencapaian 8 dimensi profil lulusan dan topik Panca Cinta secara nyata dan kontekstual.


Delapan dimensi profil lulusan, berdasarkan Permendikdasmen RI No. 10 Tahun 2025 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, meliputi:

  1. Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
  2. Kewargaan
  3. Penalaran Kritis
  4. Kreativitas
  5. Kolaborasi
  6. Kemandirian
  7. Kesehatan
  8. Komunikasi


Sedang Panca Cinta, meliputi:

  1. Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya
  2. Cinta Ilmu
  3. Cinta Lingkungan
  4. Cinta Diri dan Sesama Manusia
  5. Cinta Tanah Air


Kegiatan Kokurikuler di RA dan Madrasah dapat diselenggarakan melalui empat bentuk utama yaitu:

  1. Kegiatan kokurikuler melalui pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu
  2. Kegiatan kokurikuler melalui gerakan 7KAIH (Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat)
  3. Kegiatan kokurikuler melalui Kegiatan Kolaboratif Berbasis Cinta (KKBC)
  4. Kegiatan Kokurikuler melalui cara lainnya

Bentuk kegiatan kokurikuler dalam kategori cara lainnya berupa kegiatan kokurikuler ciri khas madrasah berbasis konteks lokal dan kegiatan kegiatan berbasis nilai-nilai madrasah, dan kegiatan satu disiplin ilmu yang dalam aktivitasnya terjadi kolaborasi beragam keilmuan dan keahlian. Dalam hal ini, madrasah diberi kebebasan untuk mengembangkan bentuk kegiatan kokurikuler lain yang sesuai dengan nilai-nilai madrasah, potensi madrasah, kebutuhan murid, dan konteks lokal, sepanjang kegiatan tersebut memenuhi kriteria kokurikuler.


Isi Panduan Kokurikuler pada RA dan Madrasah


Panduan Kokurikuler di RA dan Madrasah memuat panduan penyelenggaraan kokurikuler di RA, MI, MTs, MA, dan MAK yang meliputi:

  • Konsep dan Tujuan Kokurikuler
    • Pengertian Kokurikuler
    • Urgensi Kokurikuler
    • Tujuan Kokurikuler
    • Karakteristik Kokurikuler
  • Kerangka Pembelajaran Kokurikuler
    • Praktik Pedagogis
    • Lingkungan Belajar
    • Kemitraan Pembelajaran
    • Pemanfaatan Teknologi Digital
  • Perencanaan, Pelaksanaan, dan Asesmen Kokurikuler
    • Perencanaan Kokurikuler
    • Pelaksanaan dan Asesmen Kokurikuler
    • Pelaporan Hasil Kokurikuler
  • Evaluasi dan Tindak Lanjut Kokurikuler

Unduh Panduan Kokurikuler di RA dan Madrasah


Selengkapnya tentang Panduan Kokurikuler di RA, MI, MTs, MA, dan MAK sila baca dan unduh melalui tombol download di bawah.

Dengan diterbitkannya Panduan Kokurikuler di RA, MI, MTs, MA, dan MAK ini dapat menjadi panduan bagi kepala madrasah, koordinator, dan guru dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi kegiatan kokurikuler yang berdampak.

Add Comments


EmoticonEmoticon