Panduan Kokurikuler pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK menjadi salah satu pedoman dan panduan Implementasi Kurikulum pada Madrasah yang sesuai dengan KMA Nomor 1503 Tahun 2025. Di mana kokurikuler menjadi salah satu kegiatan pembelajaran di madrasah, di samping intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
Untuk itu Direktorat KSKK Madrasah menerbitkan Panduan Kokurikuler pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.
File selengkapnya tentang Panduan Kokurikuler di RA, MI, MTs, MA, dan MAK dapat diunduh di akhir artikel ini.
Dikutip Ayo Madrasah dari isi pedoman tersebut, Kokurikuler merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan kegiatan Intrakurikuler dalam rangka pengembangan kompetensi, terutama penguatan karakter. Kokurikuler memiliki peran strategis dalam pengembangan kompetensi murid, terutama karakter.
Kegiatan kokurikuler bertujuan untuk mendukung pencapaian 8 dimensi profil lulusan dan topik Panca Cinta secara nyata dan kontekstual.
Delapan dimensi profil lulusan, berdasarkan Permendikdasmen RI No. 10 Tahun 2025 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, meliputi:
- Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
- Kewargaan
- Penalaran Kritis
- Kreativitas
- Kolaborasi
- Kemandirian
- Kesehatan
- Komunikasi
Sedang Panca Cinta, meliputi:
- Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya
- Cinta Ilmu
- Cinta Lingkungan
- Cinta Diri dan Sesama Manusia
- Cinta Tanah Air
Kegiatan Kokurikuler di RA dan Madrasah dapat diselenggarakan melalui empat bentuk utama yaitu:
- Kegiatan kokurikuler melalui pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu
- Kegiatan kokurikuler melalui gerakan 7KAIH (Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat)
- Kegiatan kokurikuler melalui Kegiatan Kolaboratif Berbasis Cinta (KKBC)
- Kegiatan Kokurikuler melalui cara lainnya
Isi Panduan Kokurikuler pada RA dan Madrasah
Panduan Kokurikuler di RA dan Madrasah memuat panduan penyelenggaraan kokurikuler di RA, MI, MTs, MA, dan MAK yang meliputi:
- Konsep dan Tujuan Kokurikuler
- Pengertian Kokurikuler
- Urgensi Kokurikuler
- Tujuan Kokurikuler
- Karakteristik Kokurikuler
- Kerangka Pembelajaran Kokurikuler
- Praktik Pedagogis
- Lingkungan Belajar
- Kemitraan Pembelajaran
- Pemanfaatan Teknologi Digital
- Perencanaan, Pelaksanaan, dan Asesmen Kokurikuler
- Perencanaan Kokurikuler
- Pelaksanaan dan Asesmen Kokurikuler
- Pelaporan Hasil Kokurikuler
- Evaluasi dan Tindak Lanjut Kokurikuler
