Daftar status kesalahan data emis dan cara memperbaikinya ini menjawab pertanyaan beberapa rekan Operator RA/Madrasah terkait dengan perubahan tahapan dan tata cara entri data emis di semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Perubahan itu kemudian memunculkan daftar RA dan Madrasah yang wajib melakukan perbaikan data sesuai dengan status kesalahan yang muncul.
Operator Emis Kab/Kota akan merilis lembaga mana saja yang memiliki kesalahan. Kesalahan itu antara lain Ruang Kelas, Kelas Pararel dan No. Absen, TMT Awal Guru, Riwayat Pendidikan Guru, PPDB Daftar dan PPDB Terima, Siswa Tahun Lalu, Sarpras, dan Lulusan.
Update data Emis di semester genap tahun pelajaran 2016/2017 ini merupakan kelanjutan dari update data Emis pada semester ganjil yang lalu. Jika pada updating semester ganjil kemarin, operator telah melakukan entri dan upload data yang benar serta tidak mengalami perubahan di semester genap ini, maka operator RA/Madrasah tidak perlu melakukan tahapan update data emis dari awal lagi.
Cukup masuk ke laman Emis online (di laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617) dan mengklik tombol konfirmasi. Selesai! Baca : Perubahan dan Tahapan Update Emis Semester Genap 2016/2017
Berbeda jika pada semester genap ini RA atau Madrasah tersebut mengalami perubahan data baik data lembaga, data siswa, maupun data siswa. Maka operator RA/Madrasah harus melakukan updating data emis kembali mulai dari tahapan entri form excel emis, dilanjut dengan validasi dengan menggunakan aplikasi desktop emis semester genap, serta kemudian melakukan upload data di laman emis online.
Namun bisa jadi data yang dirasa telah benar saat penginputan, terdeteksi salah oleh sistem. Daftar RA dan Madrasah yang data emisnya salah ini akan muncul di akun Operator Kabupaten/Kota.
Baca Juga:
- Download Form Excel Emis Semester Genap 2016/2016 RA MI MTs MA
- Download Aplikasi Desktop Emis Semester Genap 2016-2017
- Spesifikasi Komputer untuk Aplikasi Desktop Emis
Daftar Status Kesalahan Data Emis dan Cara Memperbaikinya
Berikut adalah daftar status kesalahan data emis yang muncul di akun admin emis tingkat Kabupaten/Kota. Setelah Operator RA/Madrasah memperoleh pemberitahuan (dari Operator Kab/Kota), maka operator RA/Madrasah dapat melakukan perbaikan data-data yang keliru tersebut.
Daftar status kesalahan data emis dan cara melakukan revisi (perbaikannya) adalah sebagai berikut.
1. RUANG KELAS > CEK ULANG
Untuk memperbaikinya, buka Apliaksi Desktop Emis pada menu "Sarpras" >> submenu "Rincian Ruang Kelas".
- Isi semua kolom yang tersedia dengan tepat dan akurat (jangan ada kolom yang tidak diisi)
- Jumlah baris sesuai dengan jumlah ruangan kelas yang ada
- Satuan panjang dan lebar menggunakan satuan meter
- Jumlah baris akan sesuai dengan isian pada di "Sarpras" >> submenu "Rincian Ruang Kelas"
- Isikan kolom-kolom berikut:
- Tingkat kelas : Isikan tingkat kelas (seperti kelas 7, kelas 8, dll)
- Kurikulum : Isikan dengan kurikulum yang digunakan pada kelas tersebut (seperti KTSP 2006)
- Nama Ruang Kelas : Isikan nama kelas (seperti kelas 7)
- Jumlah Siswa (L) dan (P): isikan dengan jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin, cocokkan dengan data detil siswa
- Nama Wali Kelas: Isikan nama guru yang menjabat sebagai wali kelas, sesuaikan dengan data detil guru
2. KELAS PARAREL/NO ABSEN > CEK ULANG
Untuk memperbaiki kode kesalahan Kelas Pararel / No. Absen, buka Form Excel Emis Siswa. Perhatikan pada kolom "Kelas Pararel" dan "Nomor Absen di Kelas".
- Kelas Pararel harus diisi dengan ketentuan:
- Jika hanya terdiri atas satu rombel (tidak pararel) diisi dengan angka "01"
- Jika terdiri atas lebih dari satu rombel (pararel) diisi dengan angka "01", "02", "03", sebanyak pararel yang dimiliki.
- Nomor Absen di Kelas diisi dengan nomor absen siswa tersebut dalam satu rombel dengan format 1, 2, 3, dst. Penulisannya adalah per-rombel dan bukan per-tingkat kelas.
- Buka menu "Rekap Siswa" >> Submenu "Ringkasan PPDB"
- Isikan form tersbut dengan lengkap dan Akurat
- Daya Tampung tidak boleh melebihi daftar siswa yang diterima
- Jumlah siswa diterima tidak boleh melebihi jumlah siswa pendaftar
- Jumlah siswa diterima harus sesuai dengan data detil siswa (siswa baru). Jumlah siswa detil (siswa baru) tidak boleh lebih besar dari ringkasan data yang diisikan pada form ini
- Buka menu "Rekap Siswa" >> Submenu "Pendaftar TP 2016/2017"
- Isikan sebaran jumlah siswa pendaftar dan diterima sesuai dengan kategori asal siswa
- Jumlah siswa pendaftar dan di terima harus sesuai dengan jumlah pendaftar dan diterima dari sub menu "Ringkasan PPDB"
- Cek dengan data detil siswa (jumlah siswa di detil siswa (siswa baru) tidak boleh lebih besar dari ringkasan data yang diisikan pada form ini)
- Buka menu "Rekap Siswa" >> submenu "Siswa dan Rombel TP 2015/2016"
- Isi semua kolom yang tersedia dengan akurat (termasuk data DO, pindah masuk, pindah keluar)
- Cek Siswa Naik kelas dan sesuaikan dengan data siswa di Form Excel Siswa.
- Jumlah siswa detil di kelas saat ini (semisal kelas 2) yang berasal dari kelas sebelumnya (kelas 1) tidak boleh lebih besar dari jumlah siswa naik kelas pada form ini.
- Buka menu "Sarpras"
- Isi semua form di semua submenu dengan lengkap dan akurat
- Jika tidak memiliki unit yang ditanyakan, isikan dengan angka "0"
- Jika memiliki unit yang ditanyakan, isi dengan angka sesuai jumlah unit yang dimiliki (contoh 1, 2, 3, dst)
Pak... Gimana kalau Cek Ulang Lulusan, namaun RA/Madrasah tersebut belum punya Lulusan? Apakah diskip aja dan langsung di Konfirmasi??
BalasHapusBisa diskip aja. Saat di Online Emis, klik dulu menu "Belum Ada Lulusan" barau konfirmasi
Hapusbegini, ruang kami hanya ada 6, 4 Ruang di MI nya kemudia 2 ruang untuk kelas jauh , di MI nya ini sudah sampai 6 rombel . jd ada dua rombel yg masuknya siang. kelas 1A dan 2A masuk pagi. dan kelas 3 & 4 masuk siang. untuk rincian Ruang Kelas bagimana mengisinya. soalnya kan tidak ada penjelasan utk rincian ruang masuk pagi atau siang
BalasHapuspak , gmn cara cari tau status kesalahan sekolah kita .. ada kesalahan atau tidak nya ???
BalasHapuspak gmn cara cari tau status kesalahan sekolah nya ??
BalasHapuspak bagaimana ya caranya mengatasi tanggal lahir yg tidak valid di aplikasi desktop padahal di form excel nya udah ok semua
BalasHapusPPDB pendaftar dan terima masih cek ulang padahal sdh mengikuti saran bapak.. mohon pencerahanya. trims
BalasHapuspak bagaimana jika lupa untuk konfirmasi tp sdah diaploud datanya
BalasHapusPPDB daftar dan terima selalu suruh cek ulang. padahal sudah sesuai dengan detail siswa...
BalasHapusmohon bantuannya
Pak, mau tanya PPDB daftar dan terima cek ulang.
BalasHapusBagaimana caranya jika siswa di kelas 1 tahun ajaran sebelumnya ada yang tidak naik kelas?
pendaftar 31, diterima 31, ditambah 1 siswa yg tidak naik kelas tahun kemarin, bagaimana cara mengisi di emis dekstopnya...??
Perbaiki EMIS!!, jangan dibuat pakai VisualBasic kalau aplikasi mau ringan seperti sepatutnya software yang layak untuk bekerja. apalagi ini berkafasitas besar.
BalasHapusGeleng-geleng kepala ... mohon maaf, ini hanya provokasi untuk lebih baik saja, tapi memang sudah terbukti banyak menyusahkan, utamanya para operator. Kemenag harus memiliki divisi software development yang mandiri.
Mohon maaf disini memang bukan tempatnya mengungkapkan ini, tapi karena ini blog bersahabat dengan yang sedang banyak kebingungan soal EMIS, jadi saya keceplosan dah.. hehe
Pak mau tanya..di emis cek data monitor kenapa mengisi ptk bisa tapi menu save nya tdk bisa?
BalasHapusPak gimana caranya bila data anak masih di Ra padahal sudah naik kelas 1 mi
BalasHapus