19 Mar 2017

Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah (Mutasi Siswa)

Memang tidak ada ketentuan baku tentang format contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah (Mutasi Siswa) antar Madrasah. Baik Surat Permohonan Pindah dari orang tua siswa, Surat Keterangan Pindah Sekolah dari Madrasah asal maupun Surat Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan. Sehingga bisa jadi banyak beredar format surat yang bisa saja agak berbeda antar satu daerah dengan daerah lainnya.

Meskipun demikian, Surat Keterangan Pindah Sekolah, baik untuk madrasah maupun sekolah umum lainnya, memiliki ciri-ciri yang hampir serupa.

Mutasi siswa atau perpindahan siswa antar madrasah ataupun antara madrasah dengan sekolah (dan sebaliknya) memang hal yang jamak terjadi. Hal yang melatarbelakanginya bisa beraneka ragam. Salah satunya karena pindahnya domisili orang tua yang tentyunya harus diikuti oleh Sang Anak. Pun berbagai faktor lainnya.

Surat Keterangan Pindah Sekolah

1. Prosedur Pindah Sekolah


Sebelum membahas Surat Keterangan Pindah Sekolah, kita pahami dulu prosedur mutasi siswa (pindah sekolah).

Prosedur pindah madrasah/sekolah inipun bisa jadi antar satu daerah dengan daerah lainnya memiliki perbedaan. Namun secara umum prosedur yang berlaku adalah sebagai berikut:

  1. Orang tua / wali murid mengajukan Surat Permohonan Pindah Sekolah ke madrasah yang hendak ditinggalkan. Beberapa daerah mensyaratkan surat permohonan ini disertai dengan materai.
  2. Madrasah menerbitkan Surat Keterangan Pindah Sekolah berdasarkan Surat Permohonan Pindah Sekolah tersebut. Dalam surat ini disertakan juga alasan kepindahan, nama dan alamat sekolah/madrasah tujuan.
  3. Jika mutasi terjadi antar kabupaten/kota, dibutuhkan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah dari kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota asal. Beberapa daerah tidak mensyaratkan ini.
  4. Orang tua / wali murid menerima Surat Keterangan Pindah Sekolah dan Surat Permohonan Rekomendasi Pindah Sekolah yang ditujukan kepada Kantor Kemenag Kab/Kota. Orang tua / wali murid membawanya ke Kantor Kemenag kab/Kota untuk mendapatkan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah.
  5. Kantor Kementerian Agama Kab/Kota asal menerbitkan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah.
  6. Orang tua / wali murid membawa Surat Keterangan Pindah Sekolah (dari madrasah asal) dan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah (dari Kantor Kemenag Kab/Kota) ke madarsah atau sekolah tujuan.
Di sekolah atau madrasah tujuan, prosedur untuk pindah masuk adalah sebagai berikut:
  1. Orang tua / wali murid menyerahkan Surat Keterangan Pindah Sekolah yang disertai dengan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah (dari Kantor Kemenag Kab/Kota), foto copy Surat Permohonan Pindah Sekolah (dari orang tua / wali murid), dan raport siswa.
  2. Madrasah / sekolah tujuan menerbitkan Surat Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan.
  3. Orang tua / wali murid menyerahkan Surat Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan (dari madrasah tujuan) ke madrasah / sekolah asal.

Sekali lagi. prosedur di atas bisa jadi sedikit berbeda antar satu daerah dengan daerah lainnya.

2. Contoh Surat Keterangan Pindah Madrasah


Setelah memahami prosedur mutasi siswa sebagaimana di atas, sekarang adalah contoh surat-surat terkait dengan pindah sekolah (mutasi siswa). Surat-surat yang dibutuhkan tersebut antara lain:
  1. Surat Permohonan Pindah Sekolah dari orang tua / wali murid
  2. Surat Keterangan Pindah Sekolah dari madrasah / sekolah asal
  3. Surat Permohonan Rekomendasi Pindah Sekolah dari madrasah asal
  4. Surat Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan dari madrasah / sekolah tujuan
Keempat contoh format surat tersebut dapat diunduh dengan mengklik TAUTAN INI.

Demikianlah prosedur mutasi siswa dan format contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah.

1 komentar

  1. Ngintip keyword ya,,, ? wkwkwkw gpp deh kita tetap berteman saja sama-sama memajukan madrasah. boleh minta nomor kontak gan ?

    BalasHapus


EmoticonEmoticon