3 Mar 2017

Jadwal Upload Emis Semester Genap 2016/2017

Jadwal upload Emis pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 kembali diberlakukan. Pembagian jadwal upload Emis Online ini seperti yang terjadi pada periode updating emis dan Verval SP Emis pada semester yang lalu. Di mana Admin memberlakukan penjadwalan secara bergiliran untuk melakukan upload emis secara online ke situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617

Pada updating emis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 diberlakukan dibuat jadwal upload emis berdasarkan jenjang RA dan Madrasah. Sedangkan pada Verval Satuan Pendidikan Emis di Semester yang lalu jadwalnya dibuat perwilayah provinsi.

Jadwal Upload Emis Semester Genap

Pada awal pembukaan masa updating emis Semester Genap, semua wilayah dan jenjang dapat melakukan upload emis. Tidak ada penjadwalan yang diberlakukan. Namun setelah berjalan beberapa hari, ternyata muncul banyak keluhan terjadi server yang down. Mungkin diakibatkan oleh banyaknya lalu lintas data pada server emis.

Bisa jadi untuk mencegah terjadinya server down (situs tidak dapat diakses karena terlalu banyak yang membukanya), akhirnya Tim Emis Pusat kembali memberlakukan jadwal upload emis online.

Baca Juga:



Jadwal Lengkap Upload Emis Semester Genap 2016/2017


Sampai tulisan ini diterbitkan, Ayo Madrasah belum mendapatkan surat edaran resmi dari Dirjen Pendis terkait jadwal upload Emis Online semester ini. Yang ada adalah surat bernomor 531/DJ.1/Set.1/OT.01.1/02/2017 tertanggal 10 Februari 2017 tentang Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap 2016/2017. Dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama hanya menyebutkan waktu pelaksanaan pemutakhiran data EMIS yang dimulai semenjak dikeluarkannya surat pengantar tersebut dan berakhir pada tanggal 31 Maret 2017. (Baca : Surat Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap 2016/2017)

Namun dari beberapa sumber terpercaya di tingkat Penmad hingga Kanwil, Ayo Madrasah mendapatkan informasi terkait penjadwalan upload emis online. Jadwal tersebut diberitahukan oleh Admin Emis Pusat kepada Admin Kanwil Kemenag melalui pesan Whatsapp.

Adapun jadwal upload Emis di Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, sebagaimana pesan Whatsapp tersebut, diberlakukan berdasarkan wilayah provinsi (kanwil Kemenag) yang tentunya memperhitungkan jumlah RA dan Madrasah yang terdapat di setiap Provinsi.

Terdapat 4 kelompok provinsi dalam jadwal tersebut dimana masing-masing kelompok diberi waktu selama 5 hari untuk melakukan upload emis.

Adapun keempat kelompok dan waktu pelaksanaan jadwal upload emis tersebut selengkapnya adalah sebagaimana berikut;

  • Kelompok I; 2 - 6 Maret 2017, terdiri atas provinsi:
    1. Daerah Khusus Ibukota Jakarta
    2. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
    3. Bali
    4. Nusa Tenggara Barat
    5. Nusa Tenggara Timur
    6. Kalimantan Barat
    7. Kalimantan Selatan
    8. Kalimantan Tengah
    9. Kalimantan Timur
    10. Kalimantan Utara
    11. Sulawesi Barat
    12. Sulawesi Selatan
    13. Sulawesi Tengah
    14. Sulawesi Tenggara
    15. Sulawesi Utara
    16. Gorontalo
    17. Papua
    18. Papua Barat
    19. Maluku
    20. Maluku Utara
  • Kelompok II; 7 - 11 Maret 2017, terdiri atas provinsi:
    1. Jawa Tengah
    2. Banten
    3. Sumatera Selatan
    4. Bengkulu
    5. Sumatera Barat
  • Kelompok III; 12 - 16 Maret 2017, terdiri atas provinsi:
    1. Jawa Barat
    2. Aceh
    3. Riau
    4. Lampung
    5. Sumatera Utara
    6. Jambi
  • Kelompok IV; 17 - 21 Maret 2017, terdiri atas provinsi:
    1. Jawa Timur
    2. Bangka Belitung
    3. Kepulauan Riau
Jadwal Upload Emis


Demikianlah pembagian jadwal upload emis online Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 berdasarkan masing-masing provinsi.

4 komentar

  1. Apakah nantinya tidak ada lagi perpanjangan waktu untuk upload EMIS kalau kita melewati batas waktu atau masih ada kesalahan data?

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, wrwb. kepada bapak/ibu pemegang kewenangan Emis Pendis Pusat. kami sangat mengharap dan memohon agar di jadwalkan kembali bagi kami yg belum atau telat meng upload data emis madrasah kami. mohon jangan beri kami waktu 1 bulan saja. tapi 2 bulan guna ke validan data yang kami akan kirim. contoh kasus kami di MTs. Ponpes Hidayatullah Mataram telat satu hari dari waktu yg mendadak kami dapat info sehingga kami sampai hari ini belum bisa meng upload data online emis kami. skali lagi kami mohon agar dibuka lagi kesempatan untuk kami meng upload data kami. trims
    jika di kabulkan mhn kami di beritau via sms/wa HP. 081917404680 atau email kami : mts_hidayatullahmtrm@yahoo.co.id. an. Khalid, S.Pd.I

    BalasHapus
  3. assalamualaikum pak.. kmi juga dari MI memohon untuk di bukakan lagi untuk penguploadtan tada Back up emis , karena kami kemarin telat untuk mengupload hasil backupan kami, dan mohon di informasikan ke WA 085243099691. atau alamat imel: minhnw_lendangkekah@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. assalamu alaikum warah matullahi wabarokatuh. saya mau tanya sekaligua solusinya, data capesun yang kami download dari emispendis.kemenag.go.id/vervalun/. setelah kami upload ke aplikasi raport.mi yang muncul bukannya calon peserta ujian nasional tapi siswa yang lulus pada tahun ajaran kemaren. mohon penjelasannya, padahal pada bulan maret kemaren pada saat jadwal upload hasil backup emis semuanya udah ok. skali lagi mohon solusinya.
    terima kasih
    wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus


EmoticonEmoticon