30 Okt 2018

Logo, Tema, dan Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 2018

Logo, tema, dan pedoman peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018. Peringatan hari pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November yang dikoordinir oleh Kementerian Sosial RI. Termasuk dalam menetapkan panitia peringatan tingkat nasional, tema, logo, dan pedoman peringatan Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan adalah hari nasional yang bukan merupakan hari libur yang telah ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tertanggal 16 Desember 1959. Hari nasional yang diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya ini didasarkan pada peristiwa Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945. Dan merupakan salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah kemerdekaan Indonesia paska proklamasi kemerdekaan RI. Pertempuran 10 November menjadi simbol perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Peristiwa pertempuran 10 November di Surabaya ini sedikitnya telah menewaskan 6.000 - 16.000 pejuang dari pihak Indonesia dan 600 - 2.000 tentara Inggris dan India. Banyaknya pejuang yang gugur dalam peristiwa ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Logo, Tema, Pedoman Hari Pahlawan 2018

1. Logo dan Tema Hari Pahlawan 2018


Dalam peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 ini, pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menetapkan Tema, Logo dan Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018.

Tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah "Semangat Pahlawan di Dadaku"

Dengan tema tersebut diharapkan keteladanan para pahlawan menjadi modal bagi segenap komponen bangsa dalam menjaga, memelihara, dan memperkokoh persatuan dalam membangun negeri. Mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dinikmati hari ini merupakan hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetasan air mata, serta tumpahan darah para pahlawan.

Sedangkan logo peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 adalah sebagai berikut.

Logo Hari Pahlawan 2018

2. Unduh Pedoman Peringatan Hari Pahlawan


Selain menetapkan logo dan tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2018, telah ditetapkan juga pedoman peringatan Hari Pahlawan tahun 2018. Dalam pedoman setebal 58 halaman tersebut termuat logo dan tema Hari Pahlawan tahun 2018, pedoman dan sunanan acara upacara peringatan Hari Pahlawan, petunjuk pelaksanaan hening cipta serentak, doa yang dibaca saat peringatan Hari Pahlawan, slogan peringatan Hari Pahlawan, susunan panitia nasional Hari Pahlawan, dan rangkain kegiatan peringatan Hari Pahlawan tahun 2018.

Selengkapnya untuk pedoman peringatan Hari Pahlawan dan logo Hari Pahlawan dalam ukuran besar, silakan diunduh DI TAUTAN INI.

Demikian terkait tema, logo, dan pedoman peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018. Semoga tema, logo, dan pedoman ini bermanfaat bagi semua pihak terutama madrasah di seluruh Indonesia dalam memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018.


Add Comments


EmoticonEmoticon