23 Nov 2018

Pedoman, Amanat Pembina, dan Doa Upacara Hari Guru 2018

Puncak Hari Guru Nasional, 25 November 2018, dirayakan dengan berbagai acara, salah satunya adalah Upacara Peringatan Hari Guru Nasional. Yang mana dalam pelaksanaannya telah diterbitkan Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional 2018. Dalam artikel ini dilengkapi juga dengan susunan acara dan Amanat Pembina Upacara berupa Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta doa Upacara Bendera Hari Guru Nasional.

Sesuai dengan pedoman pelaksanaan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018 dilaksanakan pada hari Senin, 26 November 2018. Upacara diselenggarakan di tingkat pusat (Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama), kantor Kedutaan atau perwakilan RI di luar negeri, kantor pemerintahan daerah (provinsi dan kabupaten/kota), UPT Kemdikbud, dan di sekolah atau madrasah.

Dalam melaksanakan upacara tersebut tentu dibutuhkan susunan acara upacara, teks amanat pembina upacara, dan teks doa upacara peringatan Hari Guru Nasional. Susunan acara upacara Hari Guru Nasional 2018 mengacu pada pedoman pelaksanaan yang telah ditetapkan. Amanat pembina upacara berupa pembacaan pidato atau sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Upacara Hari Guru 2018

1. Susunan Acara Upacara Hari Guru Nasional 2018


Susunan acara upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018 berpedoman pada pedoman pelaksanaan yang telah disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk pelaksanaan di tingkat madrasah atau sekolah dapat disesuaikan dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah.

Adapun susunan acara upacara tersebut, secara garis besar adalah sebagai berikut:

  • Pembina Upacara memasuki lapangan upacara
  • Penghormatan kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara
  • Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara
  • Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya
  • Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara
  • Pembacaan Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara
  • Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  • Pemberian Penghargaan-penghargaan (jika ada)
  • Menyanyikan lagu "Hymne Guru"
  • Amanat pembina upacara (membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)
  • Menyanyikan lagu "Terima Kasih Guruku"
  • Pembacaan doa
  • Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara
  • Penghormatan kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara
  • Pembina upacara meninggalkan tempat upacara
  • Upacara selesai, barisan dibubarkan
Untuk menyimak susunan acara upacara dan ketentuan-ketentuan lainnya terkait dengan upacara peringatan Hari Guru 2018 silakan baca Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018. Link download terdapat di akhir artikel.

2. Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan


Amanat pembina upacara dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2018 adalah dengan membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pada Upacara Hari Guru Nasional.

Sambutan atau pidato resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut dapat diunduh di situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau melalui mirror download yang disediakan oleh Ayo Madrasah di akhir artikel ini.

Baca Juga:


3. Doa Upacara Hari Guru Nasional 2018


Hingga artikel ini diterbitkan, Ayo Madrasah belum mendapatkan pedoman resmi tentang doa dalam upacara Hari Guru Nasional 2018. Baik doa yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun oleh Kementerian Agama.

Namun Ayo Madrasah memberikan contoh doa upacara Hari Guru Nasional 2018. Meski bukan doa resmi yang dikeluarkan oleh kementerian terkait namun sebagai tetap dapat dijadikan contoh, tentu dengan perbaikan di sana-sini menyesuaikan kondisi masing-masing.

4. Unduh Pedoman, Sambutan Menteri, dan Doa Upacara Hari Guru


Pedoman pelaksanaan upacara bendera hari Guru dan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018 dapat diunduh langsung di situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Untuk mempermudah, Ayo Madrasah menyediakan mirror download yang berisikan Pedoman pelaksanaan upacara bendera, sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (amanat pembina upacara), dilengkapi dengan teks doa Hari Guru Nasional 2018.

Untuk mengunduhnya, silakan klik TAUTAN INI.

Itulah pedoman, amanat pembina, dan doa upacara bendera Hari Guru Nasional 2018 yang semoga bermanfaat bagi madrasah dan sekolah serta instansi lainnya dalam menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2018.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon