13 Feb 2019

Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (K3 dan KD) dalam kurikulum 2013 sangat penting. Termasuk pemetaan KD untuk KI-3 dan KI-4 bagi kelas 1 semester genap (2) ini. Karena dengan pemetaan ini akan menentukan langkah selanjutnya yang diambil guru dalam menyusun RPP, melaksanakan penilaian (menyusun kisi-kisi dan soal) untuk penilaian harian, penilaian tengah semester, maupun penilaian akhir semester.

Mengingat pentingnya peran pemetaan Kompetensi Dasar (KD) baik KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan), ayo madrasah membagikan contoh pemetaan KD tersebut dalam bentuk file excel. Sehingga selain bisa dijadikan contoh, file dapat diedit dan disesuaikan untuk madrasah masing-masing. Pun jika terdapat pengisian yang keliru, guru dapat melakukan pembetulan dengan mudah.

Pemetaan ini telah kami sesuaikan dengan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pemetaan KD K13

Sebagaimana diketahui, untuk kelas 1 semester kedua (genap), mata pelajaran tematik terdiri atas empat tema yang masing-masing tema terbagi lagi dalam empat subtema. Tema dan subtema tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tema 5, Pengalamanku, dengan subtema: Pengalaman Masa Kecil, Pengalaman Bersama Teman, Pengalaman di Sekolah, dan Pengalaman yang Berkesan
  • Tema 6, Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri, dengan subtema: Lingkungan Rumahku, Lingkungan Sekitar Rumahku, Lingkungan Sekolahku, dan Bekerja sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
  • Tema 7, Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku, dengan subtema: Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita, Hewan di Sekitarku, Tanaman di Sekitarku, Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda.
  • Tema 8, Peristiwa Alam. dengan subtema: Peristiwa Siang dan Malam, Kemarau, Penghujan, dan Bencana Alam

Baca Juga:

Sedang untuk Distribusi KD untuk KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) pada masing-masing tema dan mupel, secara ringkas adalah sebagai berikut:

Distribusi KD KI-3 KI-4

Unduh Pemetaan KD Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013


Pemetaan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk kelas 1 semester genap ini terdiri atas dua bagian yaitu Pemetaan KD Pengetahuan (KI-3) dan Pemetaan KD Keterampilan (KI-4). Masing-masing dibagi lagi menjadi pemetaan per tema - per subtema dan per subtema - per pembelajaran. Sehingga akan terdiri atas:
  • Pemetaan KD K3 Per Tema dan Subtema Kelas 1 Semester 2 
  • Pemetaan KD K3 Per Subtema dan Pembelajaran Kelas 1 Semester 2
  • Pemetaan KD K4 Per Tema dan Subtema Kelas 1 Semester 2
  • Pemetaan KD K4 Per Subtema dan Pembelajaran Kelas 1 Semester 2

Lebih lanjut silakan unduh pemetaan KD kelas 1 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 (UNDUH DI SINI) | Alternatif Link (UNDUH)

Baca juga:

Kesemua pemetaan KD KI-3 dan KI-4 kelas 1 semester 2 Kurikulum 2013 tersebut dalam bentuk file excel. Sehingga akan lebih mudah dipergunakan oleh para guru madrasah.

1 komentar


EmoticonEmoticon