11 Jun 2019

Download Soal KSM MTs IPA, IPS, dan Matematika

Download soal KSM MTs IPA, IPS, dan Matematika adalah kumpulan soal Kompetensi Sains Madrasah (KSM) untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs). KSM untuk jenjang ini meliputi tiga bidang yang dilombakan yakni Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Pun dengan KSM Tahun 2019, dimana tetap melombakan ketiga bidang tersebut.

Karena itu, Ayo Madrasah, membagikan contoh soal KSM untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs). Hal ini hanya ditujukan sebagai salah satu bentuk persiapan bagi calon peserta Kompetensi Sains Madrasah agar lebih terbiasa dengan bentuk dan format soal KSM. Sehingga calon peserta akan lebih siap dalam mengikuti KSM. Disamping itu, tentu guru pembimbing tetap dituntut untuk melakukan pembimbingan dengan berbagai bentuk soal lainnya yang sesuai dengan materi dan kisi-kisi KSM serta Juknis KSM 2019.

Soal KSM MTs

Contoh soal KSM MTs ini merupakan contoh soal resmi buatan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama. Karena dilabeli sebagai dokumen negara sehingga soal dilarang diperbanyak dan diperjualbelikan secara bebas. Namun karena link unduhan disertakan dalam juknis KSM 2019, maka Ayo Madrasah berani membagikan ulang.

Sesuai dengan Juknis KSM 2019, Ayo Madrasah pun menghadirkan contoh soal KSM untuk masing-masing bidang yang dilombakan dalam KSM 2019. Ketiga bidang tersebut sebagai disebutkan di awal artikel meliputi Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi.

Baca Juga:

Unduh Soal KSM MTs untuk Bidang Matematika, IPA, dan IPS


Soal KSM jenjang MTs untuk bidang Matematika Terintegrasi memuat konten yang meliputi: Kombinatorika Bilangan, Aljabar, Geometri, Kombinatorika, dan Kapita Selekta (pemecahan  masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan, aljabar, geometri, kombinatorika).

Baca: Kumpulan Soal KSM 2023 Jenjang MI, MTs, dan MA

Untuk KSM jenjang MTs bidang IPA Terpadu Terintegrasi memuat konten yang meliputi:
  • Fisika: pengukuran; energi; gerak dan gaya; fluida; getaran, gelombang, dan bunyi; cahaya dan optika; zat dan kalor; kelistrikan dan kemagnetan; ilmu pengetahuan bumi dan antartika;
  • Biologi: makhluk hidup; organisme kehidupan; keanekaragaman dan klasifikasi makhluk hidup; ekologi; struktur dan fungsi pada tumbuhan; pemahakan pada vertebrata dan invertebrata termasuk kelainan penyakit; perkembangan manusia; genetika; bioteknologi
Selengkapnya terkait dengan konten dan materi dalam KSM MTs untuk bidang Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi sila baca dalam Kisi-kisi KSM 2019 yang termuat dalam Juknis KSM 2019.

Untuk contoh soal KSM jenjang MTs pada bidang Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi dapat diunduh gratis melalui tautan berikut.

Soal KSM MTs untuk Bidang Matematika, IPA, dan IPS (UNDUH FILE)

Sila buka tautan di atas lalu pilih bidang yang diinginkan.

Akhirnya kepada para calon peserta KSM Tahun 2019, selamat mempersiapkan diri. Salah satunya adalah dengan mengunduh lalu mempelajari contoh soal KSM MTs IPS, IPS, dan Matematika ini.

5 komentar

  1. Terimakasih admin Download Soalnya sangat bermanfaat dan alhamdulilah sekarang merasa terbantu karena pendidikan sekarang mahal

    BalasHapus
  2. assalamualaikum soal soal UM punya?

    BalasHapus
  3. Madrasah hebat bermartabat, gasskan...

    BalasHapus
  4. yes Madrasah semakin didepan

    BalasHapus


EmoticonEmoticon