25 Okt 2019

Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab MI, MTs, MA, 2019/2020

Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab jenjang MI, MTs, dan MA, resmi dipublikasikan. Adalah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 5794 Tahun 2019 tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020 tertanggal 15 Oktober 2019.

Kisi-kisi soal USBN merupakan acuan pengembangan dan penyusunan soal USBN yang dibuat berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Dengan itu, di lain pihak, kisi-kisi sekaligus menjadi pedoman bagi siswa calon peserta USBN 2019, untuk mempersiapkan diri dan mempelajari materi-materi pelajaran. Pun demikian dengan Kisi-kisi USBN PAI dan Bahasa Arab bagi madrasah jenjang MI, MTs, dan MA ini.

Kisi-kisi USBN PAI

Sesuai dengan judulnya SK Ditjen Pendidikan Islam ini berisikan kisi-kisi USBN untuk tiga jenjang madrasah sekaligus. Pertama Kisi-kisi USBN jenjang Madrasah Ibtidaiyah dengan mata pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Arab dan Akidah Akhlak.

Untuk mata pelajaran umum lainnya akan diterbitkan Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 berdasarkan keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan.

Baca :

  • Kisi-Kisi USBN SMA dan MA Tahun 2019/2020 
  • Kisi-Kisi USBN SMP dan MTs Tahun 2019/2020


Kedua, Kisi-kisi USBN jenjang Madrasah Tsanawiyah dengan mata pelajaran yang diujikan meliputi: Bahasa Arab dan Akidah Akhlak.

Ketiga, Kisi-kisi USBN jenjang Madrasah Aliyah dengan mata pelajaran yang diujikan meliputi:

  • Untuk peminatan MIPA, IPS, Bahasa, Keagamaan dengan mata pelajaran Bahasa Arab dan Akidah Akhlak
  • Peminatan Keagamaan dengan mata pelajaran, Bahasa Arab, Akhlak, Fikih - Ushul Fikih, Hadis - Ilmu Hadis, Ilmu Kalam, dan Tafsir - Ilmu Tafsir.


Sedang untuk mata pelajaran PAI lainnya, seperti Al Quran Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam akan diselenggarakan melalui Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN).

Baca:



Unduh Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab 2019/2020


Mengingat waktu penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang tinggal sebentar, penting bagi setiap madrasah dan siswa madrasah untuk memiliki Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020 ini.

Untuk itu silakan unduh kisi-kisi tersebut melalui tautan di bawah ini.

Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020, UNDUH DI SINI

Dengan memiliki dan mempelajari Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020, harapannya siswa-siswi calon peserta USBN dapat lebih maksimal dalam mempersiapkan diri menghadapi dan mendalami materi pelajaran. Sehingga dapat mebgerjakan USBN

3 komentar


EmoticonEmoticon