20 Feb 2020

Download Aplikasi Feeder Emis 1.0 Update 18-02-2020

Tim Emis Pusat merilis versi update Aplikasi Feeder Emis Versi 1.0.0 Release Date 18022020 atau 18 Februari 2020. Dalam release terbaru ini terdapat beberapa perbaikan pada Aplikasi Feeder Emis berdasarkan kendala-kendala yang ditemui di lapangan.

Karena hanya merupakan minor update, tidak ada perubahan yang signifikan pada aplikasi pengedit data Emis Madrasah secara offline ini.

Aplikasi Feeder Emis 1.0 Update 18-02-2020

[UPDATE 29/02/2020] Tim Emis Pusat telah merilis update terbaru, versi 1.0 Release 28 Februari 2020. Sila baca dan unduh di artikel: Download Aplikasi Feeder Emis 1.0 Update 28-02-2020

1. Yang Baru Pada Versi Release 18022020


Sayangnya, dari laman resmi Dasbord Emis, tempat mengunduh aplikasi ini, tidak disebutkan perbaikan dan perubahan apa saja yang terdapat pada Aplikasi Feeder Emis Versi 1.0.0 Release Date 18022020 ini. Ayo Madrasah hanya merangkumnya berdasarkan ujicoba singkat.

Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan oleh Ayo Madrasah, beberapa perubahan dan perbaikan kecil yang didapati dalam Aplikasi Feeder Emis Versi 1.0.0 Release Date 18022020 ini antara lain:

1. Perbaikan dan Penambahan Data Wilayah yang Kurang
Pada versi sebelumnya, beberapa nama kecamatan tidak ditemukan pilihannya ketika diklik. Pada versi release kali ini dilakukan perbaikan dan penambahan.

2. NIS Lokal Dapat Diedit
Pada versi sebelumnya NIS Lokal Siswa termasuk sebagai kolom yang dikunci isiannya sehingga tidak dapat dilakukan pengeditan, jika terjadi kesalahan.

3. Perbaikan Data Ruangan
Pada versi sebelumnya, saat unduh data lampau sarana dan prasarana, kerap didapati jumlah ruangan yang melebihi kenyataan. Termasuk beberapa ruangan yang tidak dimiliki ikut terdata. Dalam versi ini tampaknya dilakukan perbaikan sehingga ruangan-ruangan yang dihsailkan dari unduh data lampau lebih sesuai dengan isian pada semester sebelumnya

4. Nama Siswa Bisa Pakai Tanda Baca
Pada versi sebelumnya, setiap kali mengedit data siswa yang namanya mengandung tanda baca (koma atas atau titik dan sebagainya) akan gagal tersimpan dan muncul peringatan "Isi dengan huruf saja". Pada versi release kali ini telah dilakukan perbaikan sehingga dapat menyimpan data siswa meski pada nama siswa tersebut mengandung tanda baca.

Jangan mengharapkan adanya fitur tambah siswa dan menghapus siswa pada Aplikasi Feeder Emis versi ini. Karena transaksi tambah baru, mutasi, dan hapus siswa dan PTK harus dilakukan secara online melalui Feeder Monitor dengan persetujuan admin tingkat Kab/Kota.

Jika pembaca menemukan fitur-fitur perbaikan lainnya pada versi realease kali ini, silakan tinggalkan komentar di bawah.

2. Unduh AFE Versi 1.0.0 Release Date 18022020


File Aplikasi Feeder Emis Versi 1.0.0 Release Date 18022020 dapat diunduh dilaman Emis Dashboard, sama seperti sebelumnya. Kunjungi laman http://emispendis.kemenag.go.id/ lalu klik menu Unduhan kemudian lihat daftar unduhan yang ada di bagian bawah, klik pada "Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Versi 1.0 (Update 18022020)"

Dapat juga langsung mengunjungi url sebagai berikut: http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=aplikasi

Jika tidak dapat diunduh melalui laman resmi Emis, Ayo Madrasah telah menyiapkan backup berupa mirror link download. Pilih pada daftar unduhan yang ada DI SINI

Baca:

3. Pemasangan AFE Versi 1.0.0 Release Date 18022020


Untuk memasang versi release date ini, sama seperti pemasangan versi sebelumnya. Intinya lakukan ekstrak, klik dua kali file "emis.exe" hasil ekstrak, lakukan login pertama (awal) secara online (tersambung internet), dan lakukan "unduh Data Lampau".

Baca: 5 Tahapan Pendataan Melalui Aplikasi Feeder Emis

Bagi yang sebelumnya sudah melakukan pengeditan data menggunakan versi sebelumnya, jika dilakukan "Unduh Data Lampau" kembali maka data yang telah diedit akan kembali lagi seperti data awal.

Karena itu bagi yang sudah melakukan pengeditan dan tidak ingin hasil kerjaannya hilang tidak perlu melakukan Unduh Data Lampau, melainkan cukup mengopy isi folder "Data" di AFE lama dan paste-replace ke folder "Data" AFE yang baru. langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Ekstrak AFE terbaru dalam folder tersendiri (beri nama yang berbeda dengan folder AFE yang lama)
  2. Buka AFE lama, buka folder "mysql"
  3. Copy folder "data"
  4. Buka AFE baru, buka folder "mysql"
  5. Paste, saat muncul peringatan replace, lakukan replace file.

Dengan cara tersebut, tampa unduh data lampau aplikasi telah terisi dengan data sebagaimana pada AFE sebelumnya. Dan Aplikasi Feeder Emis Versi 1.0 Update 18-02-2020 siap digunakan.

2 komentar

cara edit Orang Tua di emis monitor gimana ya ...?

mau tanya,
ini programnya katanya kan portable, apa bisa ngerjainnya dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain?


EmoticonEmoticon