18 Feb 2020

Cara Menghapus Siswa di Emis Feeder dan Monitor

Cara menghapus siswa di aplikasi Feeder Emis dan di Feeder Monitor pada pendataan Emis Semester Genap Tahun 2020. Bagi sebagian operator madrasah memang terasa sulit dan membingungkan. Maklum dengan aplikasi yang baru, tentu banyak prosedur dan tata cara yang juga baru. Termasuk prosedur dan tata cara menghapus siswa yang sudah tidak aktif lagi.

Hal ini ditambah dengan tidak adanya panduan resmi yang menggambarkan cara menghapus siswa secara mendetail, langkah perlangkah. Sehingga akhirnya para operator harus berimprovisasi sendiri berdasarkan pengalaman dan keahlian masing-masing. Bisa jadi, tata cara yang akan diuraikan oleh Ayo Madrasah, kelak akan mengalami perubahan urutan maupun prosedur.

Baca: Cara Download dan Instal Aplikasi Feeder Emis

Hapus Siswa di Feeder Emis

Apalagi, dalam beberapa kasus, saat operator madrasah melakukan pengunduhan data lampau dari server emis pusat ke Aplikasi Feeder Emis (Offline) madrasah masih-masing dijumpai penambahan jumlah siswa. Beberapa pembaca Ayo Madrasah melaporkan bahwa terdapat penambahan siswa pada hasil download data lampau. Siswa yang pada semester sebelumnya sudah dilaporkan putus sekolah ternyata masih tetap masuk kembali. Bahkan beberapa nama siswa yang tidak dikenal ikut masuk ke Aplikasi Feeder Emis. Mau tidak mau, operator harus menghapus siswa-siswa 'siluman' tersebut.

Baca: Solusi Feeder Emis Tidak Bisa Login

Bagaimana cara dan prosedur dalam menghapus siswa dari Aplikasi Feeder Emis tersebut?

Beberapa pihak menyarankan untuk menggunakan Aplikasi Feeder Emis edisi Desember 2019. Pada aplikasi versi tersebut memang terdapat tombol untuk menghapus siswa. Namun teknik ini tidak disarankan Ayo Madrasah. Karena tim emis pusat sendiri menyarankan menggunakan aplikasi versi terbaru dimana, menu hapus siswa ditiadakan. Dengan alasan guna menjaga kevalidan database di server Emis, maka mutasi, tambah, dan hapus siswa dan PTK harus dilaksanakan secara online dengan persetujuan jenjang lebih atas (Admin Kab/Kota).

Baca:  5 Tahapan Pendataan Melalui Aplikasi Feeder Emis

Prosedur dan Cara Menghapus Siswa di Emis


Untuk menghapus siswa-siswa yang tidak aktif, cara dan prosedur yang harus dilakukan oleh operator emis madrasah adalah sebagai berikut:

  1. Mengerjakan pengolahan data melalui Aplikasi Feeder Emis, mulai tahapan dari pemasangan aplikasi, login awal, import data awal, hingga pemutakhiran data.
  2. Setelah semua data lengkap, lakukan sinkronisasi data akhir melalui Aplikasi Feeder Emis. 
  3. Buka laman Feeder Monitor di alamat http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor
  4. Pastikan indikator Progres Sinkron Feeder, di halaman Depan Feeder Monitor, sudah berwarna hijau (menandakan sinkron sudah berhasil)
  5. Klik tab "Siswa" di bagian bawah indikator Progres Sinkron Feeder. Akan muncul daftar dan data siswa yang berhasil disinkronkan.
  6. Cari nama siswa yang akan dihapus dengan cara mengetikkan nama di kolom pencarian (di sebelah kanan tengah)
  7. Jika sudah ketemu, klik tulisan "Aktif" di ujung kanan nama siswa tersebut
  8. Hapus Siswa di Feeder Emis
  9. Muncul jendela "Non Aktif Data"
  10. Klik tombol "Non Aktif"
  11. Data akan terkirim ke Feeder Emis Monitor tingkat kabupaten/Kota untuk mendapat persetujuan. Pada Feeder Emis Monitor Madrasah, tulisan Aktif akan berubah menjadi "[Non Aktif] Menunggu Persetujuan"
  12. Hapus Siswa di Feeder Emis
  13. Hubungi admin emis tingkat Kab/Kota, lengkapi persyaratan yang ditentukan jika dibutuhkan.
  14. Setelah disetujui Admin Kab/Kota, maka data siswa yang bersangkutan akan hilang dari Feeder Emis Monitor

Dengan langkah-langkah tersebut di atas, siswa yang nonaktif akan dapat dihapus dari data Emis.

Namun, ketika melakukan nonaktif siswa, pastikan data dalam Aplikasi Feeder Emis (Offline) sudah benar semua. Karena jika masih terdapat data yang salah dan kelak kemudian melakukan sinkronisasi kembali, maka data siswa yang telah dinonaktifkan tersebut akan muncul kembali dalam Feeder Emis Monitor (Online). Tampaknya menu sinkronisasi hanya melakukan sinkronisasi searah, dari Aplikasi Offline ke Apliaksi Online.

Pun ketika Aplikasi Feeder Emis (Offline) melakukan import data lampau kembali, maka data yang terunduh akan kembali lagi seperti data awal, sebelum dilakukan sinkronisasi.

Tampaknya perlu dilakukan pembenahan terkait dengan sinkron dan import data, sehingga ketika terjadi transaksi mutasi, hapus, dan tambah siswa, antara aplikasi offline dan online dapat tersinkronkan dengan baik.

Itulah tentang tata cara dan prosedur melakukan nonaktif atau hapus siswa dari Aplikasi Emis Feeder

7 komentar

Kok gak bisa di klik aktifnya

Betul, min.!! Aplikasi yang diharapkan akan menjadi solusi kesembrawutan emis online, ternyata masih jauh dari harapan. Cuman bisa berharap "Emis Dashboard" segera bisa membenahi Aplikasi Feeder Emis dari segala kekurangannya mengingat kita sudah hampir berada pada pertengahan semester genap 2019/2020, agar proses pendataan madrasah akan semakin valid

Sudah lakukan ini, tapi ketika sudah cetak BAP siswa masih terbaca dengan data awal sinkron

Solusi gimana pak?

sudah singkron namun hasil singkron data tidak ada solusinya pak

Masih belum beres juga, mohon doanya

cara menambah siswa bagaimana? saya ko munculnya isi kolom nama siswa terus. mohon solusinya


EmoticonEmoticon