1 Feb 2020

Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika

Cara mengajukan verval Ijazah kualifikan pendidikan S1/D4, S2, dan S3 di layanan Simpatika. Sebagaimana rilis Simpatika terbaru, pada periode verval Simpatika Semester Genap Tahun 2019/2020, Simpatika memberlakukan Verval Ijazah S1/D4, S2, ataupun S3. Menu dan tata cara untuk melakukan verval ijazah S1/D4 sebenarnya sudah diberlakukan sejak semester pertama kemarin, tetapi terbatas pada penambahan data pendidikan baru.

Sehingga ajuan Verval ijazah S1/D4, S2, maupun S3 ini sejatinya berlaku bagi semua PTK. Namun pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 ini lebih difokuskan pada guru-guru yang telah berertifikat pendidik.

Hal ini terkait dengan pemberlakuan Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik. Salah satu poin dalam permendikbud tersebut adalah guru sertifikasi dapat mengajar sesuai dengan ijazah S1 yang dimiliki.

Cara Verval Ijazah

Sebagai contoh, seorang guru madrasah memiliki sertifikat pendidik sebagai guru kelas MI tetapi ijazahnya adalah PAI, maka guru tersebut dapat memilih mengajar sesuai sertikat pendidik (Guru Kelas) atau sesuai ijazah (Guru PAI). Dan kedua-duanya dimungkinkan linier oleh simpatika sehingga analisa tunjangannya akan tetap layak mendapatkan TPG.

Untuk memberlakukan yang demikian itu, tentu dibutuhkan verifikasi dan validasi atas kualifikasi pendidikan S1 masing-masing PTK. Karena itu, khusus guru yang telah bersertifikat pendidik dan ber-NRG, saat membuka layanan Simpatika, akan muncul notifikasi untuk melakukan Verval Ijazah S1.

Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3


Langkah-langkah dan prosedur untuk melakukan verval ijazah S1/D4, S2, dan S3 dilakukan oleh masing-masing PTK di akun simpatika masing-masing.

Sebelumnya persiapkan file scan ijazah S1/D4 dalam bentuk gambar berformat JPG atau PNG. Hasil scan harus berwarna dan jelas. Karena ini nanti menjadi pertimbangan admin Kab/Kota untuk menyetujui atau menolak ajuan verval.

Tonton video tutorial cara melakukan Ajuan Verval Ijazah


Atau ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan Ajuan Verval Ijazah:

  1. Buka layanan Simpatika dan login lah sebagai PTK
  2. Jika Anda adalah guru bersertifikat pendidik dan pada semester pertama kemarin belum melakukan verval ijazah (meski sudah mengisi riwayat pendidikan), maka akan tampil notifikasi untuk melakukan Verval Ijazah S1/D4. Klik saja tombol "Verval Ijazah"
  3. Akan terbuka halaman "Verval Ijazah"
  4. Jika tidak muncul notifikasi, halaman Verval Ijazah dapat juga dibuka dengan cara klik menu "Perubahan Data Kepegawaian" >> submenu "Verval Ijazah"
  5. Pada halaman Verval Ijazah, klik tombol "Ajukan Verval"
  6.  Verval Ijazah di Simpatika
  7. Muncul jendela "Ajuan Data Verval Ijazah S1/D4"
  8. Jika data sudah menampilkan Nama Universitas dan Program Studi dengan benar, biasanya sudah pernah melakukan verval ijazah. Namun jika berisi "strip" saja, maka perlu melakukan Verval Ijazah kembali.
  9. Klik ikon "segitiga" di ujung kanan jendela
  10. Pilih "Ubah Data"
  11.  Verval Ijazah di Simpatika
  12. Muncul jendela "Tambah Data Riwayat Pendidikan". Isikan kolom-kolom yang masih kosong atau ubah yang sudah ada jika salah.
  13. Upload file scan ijazah dengan klik tombol "Pilih File" di bagian "File Scan Ijazah"
  14. Jika sudah benar semua, klik tombol "Simpan Perubahan"
  15. Ajuan Verval Ijazah S1/D4 Telah kami Simpan. Silakan Cetak Surat Ajuan dan tunggu proses verifikasi dari Kantor Kemenag Kab/Kota setempat. Klik tombol "Cetak Surat Ajuan"
  16. Lakukan pencetakan S12e (Surat Pengajuan Verval Ijazah) dan ajukan S12e tersebut kepada Kemenag Kab/Kota.
  17.  Verval Ijazah di Simpatika
  18. Admin Kab/Kota akan melakukan verifikasi dan validasi kemudian meyetujui atau menolak ajuan verval
  19. PTK memantau status ajuan di halaman tersebut
  20.  Verval Ijazah di Simpatika
  21. Jika disetujui oleh Admin kab/Kota maka akan muncul keterangan "Telah Disetujui oleh kantor Kemenag Kab/Kota" dengan ikon centang hijau di atasnya.
 Verval Ijazah di Simpatika

UPDATE (04/02/2020):

Kasus dan Solusi dalam Verval Ijazah




Sesuai dengan jadwal layanan Simpatika yang dirilis admin pusat, Verval Ijazah S1 di Simpatika ini baru akan dibuka mulai tanggal 3 Februari 2020. Namun berdasarkan uji coba admin Ayo Madrasah, menu sudah aktif dan hasilnya tersimpan.

9 komentar

assalamualaikum,saya mau tanya. saya memiliki 2 ijazah
1. ijazah sertifikasi saya adalah gelar S.H.I
2. Ijazah Program DMS (PGMI) saya S.Pd.I
apakah saya harus merubah data atau tambah data
terimakasih

Bagaimana Jika Universitas Tidak muncul di menu pencarian verval.?
Solusinya Bagimana

Bagaimana kalo perguruan tinggi tidak muncul di menu ... Bagaimana solusinya

Pilih Tidak Ditemukan, lalu akan muncul kolom kosong di bawahnya. Isi dengan nama universitas sesuai yang ada di ijazah

bagaimana kalo prodi universitas tersebut tidak ada ?

Kenapa masih ada tulisan Ajuan verval Ijazah S1/D4 Gagal disimpan. Itu kira2 salahnya apa ya

Klo selalu ada tulisan silahkan mengisi jenjang pendidikan padahal semua sudah terisi, trs yg salah apa

kalau sudah terlanjur SKBK di semester itu,,, ajuan verifikasi ijazah tidak bisa dilakukan... apakah harus menunggu semester berikutnya????


EmoticonEmoticon