11 Mar 2020

Cara Mudah & Aman Menghapus Siswa Ganda di Emis

Tags

Cara mudah dan aman menghapus data siswa ganda di emis online. Mudah, karena dengan cara ini siswa yang ganda dapat dihapus dengan cepat dan cukup hanya dengan beberapa klik saja. Aman, karena yang terhapus hanya duplikatnya saja, sedang data asli tetap tersimpan di Emis Online. Alias, tidak mengakibatkan data siswa hilang kedua-duanya.

Hal ini sangat perlu dilakukan oleh operator Emis Madrasah mengingat pada periode pemutakhiran data Emis di semester ini banyak ditemukan siswa yang ganda. Bahkan bisa mengakibatkan jumlah siswa membengkak hingga dua kali lipat. Siswa ganda ini dapat dilihat di laman Emis Online masing-masing.

Hapus Siswa Ganda

Data siswa ganda yang jumlahnya membengkak ini, konon diakibatkan oleh operator madrasah yang sebelumnya mengklik menu sinkronisasi siswa di Aplikasi Feeder Emis. Namun, Ayo Madrasah juga menemukan banyak kasus, madrasah yang belum menggunakan AFE sekalipun data siswanya jadi membengkak karena banyak siswa yang ganda.

Pertanyaannya tentu bagaimana cara menghapus siswa ganda tersebut sehingga jumlah siswa yang tadinya membengkak akan kembali ke jumlah sedia kala? Pun, jika siswa ganda tersebut dihapus apakah aman? Dalam artian, data kedua-duanya tidak ikut terhapus.

Hal ini mengaca pada beberapa kasus di semester sebelumnya, ketika melakukan transaksi penghapusan siswa ganda, justru menghapus data siswa tersebut. Alih-alih siswa yang ganda terhapus salah satunya, justru kedua datanya menghilang dari database Emis Madrasah. Wajar jika kemudian muncul pertanyaan bagaimana cara menghapus siswa ganda yang aman dan mudah?

Cara Mudah & Aman Menghapus Siswa Ganda di Emis


Berdasarkan uji coba yang dilakukan Ayo Madrasah, siswa ganda dapat dihapus dengan mudah dan aman. Artinya, yang terhapus memang hanya salah satu data dari siswa ganda tersebut. Sehingga data yang asli tetap tersimpan dalam Emis Madrasah.

Cara untuk menghapusnya pun snagat mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman Emis Madrasah Online di alamat http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/
  2. Klik menu "Masuk Aplikasi"
  3. Terbuka jendela login, masukkan email dan password untuk login emis
  4. Setelah terbuka dashboard Emis Madrasah, klik menu "Kesiswaan"
  5. Klik submenu "Siswa Ganda"
  6. Terbuka daftar siswa yang terindikasi ganda
  7. Centang kotak di depan nama siswa ganda yang akan dihapus
  8. Klik tombol "Hapus Ganda"
  9. Muncul jendela Konfirmasi "Yakin data akan menghapus data ganda ?", klik "Ya"
  10. Laman akan merefresh dan menampilkan data siswa ganda telah hilang
  11. Ulangi langkah 7-9 untuk menghapus nama-nama siswa ganda lainnya

Hapus Siswa Ganda

Langkah-langkah menghapus siswa ganda di atas aman dan tidak akan menghilangkan data siswa yang bersangkutan. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Ayo Madrasah, yang dihapus hanya salah satu data duplikat saja. Sedangkan siswa yang bersangkutan tetap tercatat dalam data base emis.

Untuk membuktikannya secara langsung silakan buka menu "Kesiswaan: submenu "Siswa Aktif". Pada kolom pencarian di sebelah kanan atas, ketikkan salah satu nama siswa ganda yang telah dihapus. Emis akan menampilkan data siswa tersebut.

Lebih jelasnya, sila simak dan tonton video tutorial berikut ini.


Itulah cara aman dan mudah menghapus siswa ganda di laman Emis Madrasah Online. Semoga tutorial tersebut bermanfaat.

2 komentar

Terimakasih tutorialnya sangat jelas sekali pak


EmoticonEmoticon