2 Mar 2020

Emis Madrasah Online Dibuka Dampingi Aplikasi Feeder Emis (AFE)

Tags

Baru-baru ini, Ayo Madrasah mendapati bahwa laman Emis Madrasah Online (seperti yang biasa dikerjakan pada semester sebelumnya), dibuka kembali. Laman Emis Madrasah Online dapat diakses kembali, sehingga madrasah dapat login dan melakukan pemutkhiran data secara online. Padahal sebelumnya, telah dirilis aplikasi offline-online berupa Aplikasi Feeder Emis beserta Feeder Monitor.

Dengan dibukanya kembali laman Emis Madrasah Online, sekarang madrasah dapat melakukan pendataan emis seemester genab 2019/2020 dengan menggunakan dua moda sekaligus. Tinggal memilih melakukan pendataan secara online melalui laman Emis Madrasah Online atau secara offline-online dengan menggunakan Aplikasi Feeder Emis (AFE) dan Feeder Monitor.

Laman Emis Madrasah Online, seperti semester lalu, dapat diakses melalui alamat http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah

Emis Madrasah Online Dibuka lagi

Sampai dengan artikel ini diturunkan, belum ada pernyatan resmi dari Ditjen Pendis Kemenag maupun Tim Emis Pusat terkait dengan dibukanya kembali laman Emis Madrasah Online ini.

Merujuk pada Surat Edaran Ditjen Pendis Kemenag Nomor B-356.1/DJ.I/Set.I/OT.01.3/02/2020 tentang Pemberitahuan Updating Data EMIS Madrasah Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020, pada poin kedua dinyatakan: "Selain melalui akses online : http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/, untuk menghindari hambatan akses, mulai semester ini pendataan EMIS Madrasah dapat dilakukan melalui Aplikasi Feeder Madrasah (AFE).

Dari isi surat tersebut, tersirat bahwa pendataan Emis Madrasah pada semester ini akan menggunakan dua moda yaitu online melalui laman Emis Madrasah Online dan offline-online menggunakan Aplikasi Feeder Emis (AFE).

Termasuk bagaimana tahapan yang harus dilalui oleh setiap madrasah jika melakukan pemutakhiran melakukan laman Emis Madrasah Online ini.

Saat Ayo Madrasah mencoba login dan membuka laman Emis Madrasah Online, tampak tidak terdapat perubahan yang mencolok baik pada tampilan dan fitur.

Hanya saja, bagi madrasah yang sebelumnya telah mencoba melakukan sinkronisasi data melalui Aplikasi Feeder Emis (AFE) ke Feeder Monitor akan didapati jumlah siswa yang menjadi dua kali lipat. Data siswa menjadi dobel (ganda).

Tentu, dengan dibukanya kembali pendataan secara online melalui laman Emis Madrasah Online, di samping menggunakan Aplikasi Feeder Emis tidak perlu menjadi kebingungan bagi madrasah. Justru, semoga ini menjadi alternatif pilihan, tinggal madrasah suka yang mana secara offline dengan Aplikasi Feeder Emis ataukah secara online di laman Emis Madrasah Online.

4 komentar

siswa di madrasah saya double pak di emis online... bagaimna solusinya pak??

bikin aplikasi kog selalu ribet

Jika ada siswa dobel atau jumlah siswa tidak sesuai dengan yang ada di madrasah bisa diperbaiki di emis monitor pendataan , yakni dengan cara upload BAP EMIS


EmoticonEmoticon