17 Jun 2020

Cara Mengisi Emis Tanggap Covid-19

Emis Tanggap Covid-19 (ETC-19) merupakan layanan Emis Online untuk mengisi daftar periksa kesiapan RA dan Madrasah dalam memasuki Tahun Ajaran baru di masa pandemi Covid-19. RA dan Madrasah harus sudah mengisi Emis Tanggap Covid-19 ini sebelum tanggal 26 Juni 2020. Karena itu, dalam artikel ini akan diulas juga bagaimana cara mengisi Emis Tanggap Covid-19.

Emis Tanggap Covid-19 menjadi perangkat pengambilan kebijakan bagi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Kanwil Kemenag Provinsi dan Kankemenag Kabupaten/Kota dalam memetakan satuan pendidikan untuk mempersiapkan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran baru dan tahun akademik baru di masa pandemik Covid-19.

Emis Tanggap Covid-19

Ini menjadi tindak lanjut dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbud, Menag, Mendagri, dan Menkes terkait Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Covid-19 yang disepakati beberapa hari silam. Baca artikel: Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Covid-19

Dalam SKB 4 Menteri tersebut, sekolah dan madrasah yang berada di zona hijau boleh menyelenggarakan pembelajaran secara tatap muka. Atau dengan kata lain, sekolah boleh masuk dan melaksanakan KBM di kelas.

Namun, terdapat berbagai ketentuan dan persyaratan yang musti ditaati. Salah satunya adalah siap dan tersedianya sarana prasarana sesuai dengan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19).

Karenanya, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan gerak cepat dengan menerbitkan surat edaran nomor B-1064/DJ.I/Set.I/PP.03/06/2020. Surat bertanggal 16 Juni 2020 ini memuat perihal Pengisian Daftar Periksa Kesiapan Satuan Pendidikan di bawah Naungan Ditjen Pendidikan Islam dalam Memasuki Tahun Ajaran Baru di Masa Pendemik Covid-19.

Intinya, satuan pendidikan diwajibkan mengisi Daftar Periksa Kesiapan Satuan Pendidikan melalui layanan Emis Online yang bisa diakses di alamat http://emisdep.kemenag.go.id/e-tc19/.

Batas waktu pengisian oleh setiap satuan pendidikan selambat-lambatnya tanggal 26 Juni 2020.

Baca Juga:

Cara Mengisi Emis Tanggap Covid-19


Emis Tanggap Covid-19 ini wajib diisi oleh semua satuan pendidikan di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Berarti mulai dari RA, MI, MTs, MA, SPM, PDF, PK-PPS, hingga PTKI, wajib untuk Daftar Periksa Kesiapan Satuan Pendidikan dalam menghadapi tahun ajaran dan tahun akademik baru di masa pandemi Covid-19.

Langkah-langkah dan cara pengisian Emis Tanggap Covid-19 cukup mudah. Pertama, buka laman http://emisdep.kemenag.go.id/e-tc19/.

Setelah terbuka halaman login, masukkan username (email) dan password akun Emis seperti biasa, lalu klik tombol log in.

Jika berhasil, akan terbuka halaman dasbord Emis Tanggap Covid-19 dengan empat menu utama di bagian sidebar sebelah kiri. Keempatnya adalah:
  • Ketersediaan Sanitasi
  • Ketersediaan Fasilitas Kesehatan
  • Pemetaan Warga Satuan Pendidikan
  • Kesepakatan


Klik masing-masing menu tersebut untuk melihat daftar pertanyaan (daftar periksa kesiapan). Di bawah setiap pertanyaan terdapat tombol "Ketersediaan" (Tersedia atau Tidak Tersedia), tombol "Verifikasi" (Upload Bukti), dan tombol "Tindak Lanjut (Isian). Penjelasan masing-masing tombol adalah sebagai berikut:
  • Tombol Ketersediaan: Pilih Tersedia jika madrasah memiliki atau memenuhi syarat sesuai pertanyaan dan pilih Tidak Tersedia jika sebaliknya.
  • Tombol Verifikasi: Jika pada tombol Ketersediaan memilih Tersedia, maka madrasah wajib mengunggah bukti pendukung yang bisa berupa foto atau scan dokumen pendukung.
  • Tombol Tindak Lanjut: Diisi jika pada tombol Ketersediaan memilih Tidak Tersedia. Isikan uraian tindak lanjut yang akan dilakukan oleh satuan pendidikan tersebut terkait dengan ketidaktersediaan tersebut.

Ulangi hingga semua daftar periksa kesiapan pada menu tersebut terjawab semua. Jika sudah klik tombol "Simpan" di ujung bawah.

Setelah berhasil menyimpan, buka menu selanjutnya (di sebelah kiri) dan lakukan hal yang sama hingga keempat menu terisi semua.

Daftar Pertanyaan di Emis Tanggap Covid-19


Berikut ini adalah daftar pertanyaan kesiapan RA dan Madrasah dalam memasuki Tahun Ajaran baru di masa pandemi Covid-19 dalam aplikasi Emis Tanggap Covid-19

1. Menu Ketersediaan Sanitasi

Daftar ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan yang meliputi:
  • Toilet atau kamar mandi bersih
  • Sarana cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer)
  • Disinfektan

2. Menu Ketersediaan Fasilitas

Daftar ketersediaan fasilitas kesehatan yang meliputi:
  • mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas, klinik, rumah sakit, dan lainnya
  • kesiapan menerapkan area wajib masker kain atau masker tembus pandang bagi yang memiliki peserta didik disabilitas rungu
  • Thermogun (pengukur suhu tubuh)

3. Menu Pemetaan Warga

Pemetaan warga satuan pendidikan yang tidak boleh melakukan kegiatan di satuan pendidikan yang meliputi:
  • Data warga satuan pendidikan yang memiliki memiliki kondisi medis comorbid (penyakit penyerta) yang tidak terkontrol
  • Data Data warga satuan pendidikan tidak memiliki akses transportasi yang memungkinkan penerapan jaga jarak
  • Data Data warga satuan pendidikan yang memiliki riwayat perjalanan dari ZONA KUNING, ORANYE, MERAH dan belum menyelesaikan isolasi mandiri selama 14 (empat belas) hari
  • Data warga satuan pendidikan yang memiliki riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri selama 14 (empat belas) hari

4. Menu Kesepakatan

Kesepakatan bersama komite sekolah, yaitu:
  • Membuat kesepakatan bersama komite sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, terkait kesiapan melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan;

Download Surat Edaran dan Petunjuk


Agar lebih paham dan jelas, silakan unduh file Surat Edaran Ditjen Pendis Nomor B-1064/DJ.I/Set.I/PP.03/06/2020 tentang Pengisian Daftar Periksa Kesiapan Satuan Pendidikan di bawah Naungan Ditjen Pendidikan Islam dalam Memasuki Tahun Ajaran Baru di Masa Pendemik Covid-19. Surat dilengkapi juga dengan panduan pengisian Daftar Periksa Kesiapan Satuan Pendidikan.

Untuk mengunduhnya, SILAKAN KLIK DI SINI (440 KB)

Pengisian aplikasi Emis Tanggap Covid-19 sebagai bentuk kesiapan madrasah dalam menyiapkan sarana dan prasaran serta prasarat lainnya untuk menyelenggarakan pendidikan tatap muka di tengah-tengah pandemi Covid-19 dan era New Normal. Karenanya, madrasah dapat mengisi sesuai dengan kenyataan dan kondisi masing-masing satuan pendidikan.

3 komentar

batas waktu pengisian nya sampai tanggal berapa?


EmoticonEmoticon