3 Jul 2020

Kurikulum Mapel Ke-NU-an 2020 LP Maarif Jawa Tengah

Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Tengah, tahun 2020 ini, merilis Kurikulum Mata Pelajaran Ke-NU-an. Kurikulum yang berlaku bagi jenjang pendidikan mulai SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, hingga MA/MAK ini memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) mapel Ke-NU-an.

Tentunya, kurikulum mata pelajaran Ke-NU-an ini berlaku bagi sekolah dan madrasah di lingkungan LP. Maarif NU Jawa Tengah.

Kurikulum Mapel Ke-NU-an

Kurikulum yang akan mulai diberlakukan pada tahun pelajaran 2020/2021 ini telah disesuaikan dengan regulasi terbaru baik dari Kemenag maupun Kemdikbud. Salah satunya adalah KMA Nomor 184 tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

Baca : Kalender Pendidikan Madrasah Jawa Tengah 2020-2021 [Excel & Pdf]

Kurikulum tersebut tertuang dalam dalam Keputusan PW. LP. Maarif Nu Jawa Tengah Nomor 014/PW.11/LPMNU/SK/I/2020 tentang Kurikulum Mata Pelajaran Ke-NU-an. File lengkap SK ini dalam format PDF dapat diunduh di bagian akhir artikel ini.

Mata Pelajaran Ke-NU-an


Ke-NU-an adalah mata pelajaran yang menekankan pada pembentukan peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlakul karimah sesuai dengan prinsip dasar ajaran Ahlussunnah wal Jamaah NU.

Mata pelajaran ini diajarkan di sekolah dan madrasah di lingkungan Lembaga Pendidikan Maarif NU. Untuk jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah diajarkan di kelas 4 hingga 6, sedangkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah diajarkan di semua tingkat kelas. Demikian juga pada jenjang Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menegah Kejuruan.

Alokasi waktu pembelajarannya adalah minimal dua jam pelajaran perminggunya.

Baca : Logo dan Tema Harlah Ke-97 NU (Vector, Png, Jpg)

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Mapel Ke-Nu-an


Pada mata pelajaran Ke-NU-an, lulusan diharapkan memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dirumuskan dalam Kompetensi Lulusan Mapel Ke-NU-an. Ini baik SKL untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK.

1. Kompetensi Lulusan MI/SD, sebagai berikut:
  • Dimensi Sikap, memiliki kualifikasi kemampuan: Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlakul karimah sesuai dengan ajaran ahlussunnah waljamaah NU, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, dan tempat bermain.
  • Dimensi pengetahuan, memiliki kualifikasi kemampuan: Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya ahlussunnah waljamaah NU dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, dan tempat bermain sesuai dengan ajaran Aswaja NU.
  • Dimensi Keterampilan, memiliki kualifikasi kemampuan: Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan ajaran ahlussunnah waljamaah NU yang ditugaskan kepadanya.

2. Kompetensi Lulusan MTs/SMP, sebagai berikut:
  • Dimensi Sikap, memiliki kualifikasi kemampuan: Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlakul karimah sesuai dengan ajaran ahlussunnah waljamaah NU, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial (nyata dan maya), pesantren, alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
  • Dimensi pengetahuan, memiliki kualifikasi kemampuan: Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya ahlussunnah waljamaah NU dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata sesuai dengan ajaran Aswaja NU
  • Dimensi pengetahuan, memiliki kualifikasi kemampuan: Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif, efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan ajaran ahlussunnah waljamaah NU yang dipelajari di madrasah/sekolah, dan sumber lain

3. Kompetensi Lulusan SMA/MA/SMK, sebagai berikut:
  • Dimensi Sikap, memiliki kualifikasi kemampuan: Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak karimah sesuai denga ajaran ahlussunnah waljamaah NU, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial, alam (nyata dan maya), pesantren dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Dimensi pengetahuan, memiliki kualifikasi kemampuan: Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya sesuai dengan ajaran ahlussunnah waljamaah NU dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian sesuai denga ajaran ahlussunnah waljamaah NU.
  • Dimensi pengetahuan, memiliki kualifikasi kemampuan: Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan ajaran ahlussunnah waljamaah NU sebagai pengembangan dari yang dipelajari di madrasah/sekolah secara mandiri.

Baca : Kumpulan Bingkai Foto Profil Hari Santri Nasional

Standar Isi Mapel Ke-NU-an


Standar Isi mata pelajaran Ke-NU-an disesuaikan dengan substansi tujuan pendidikan nasional dalam domain sikap spritual dan sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

Ruang lingkup Mata Pelajaran Ke-NU-an meliputi: Aqidah/Tauhid, Fiqih, Tasawuf, Sejarah Peradaban Islam di Indonesia, Amaliah Ahlussunah waljamaah NU, dan Organisasi keNU-an.

Kompetensi Inti (KI) terbagi dalam empat kelompok yaitu Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), Pengetahuan (KI-3), dan Keterampilan (KI-4). Masing-masing KI dijabarkan melalui beberapa Kompetensi Dasar (KD).

Sebagai contoh, Standar Isi untuk MI/SD Kelas 4 Semester 1 adalah sebagai berikut:

  • KI-1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran yang dianutnya
    • 1.1. Meyakini akidah Aswaja melalui pemahaman aqaid 50 (seket)
    • 1.2. Menghayati sejarah singkat Jam’iyah Nahdlatul Ulama
    • 1.3. Menghayati lambang NU dan artinya
    • 1.4. Menghargai peran Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama Ahlussunnah Waljamaah dan pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama
    • 1.5. Menghayati Mars Syubanul Wathan dan Shalawat Nahdliyah
  • KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangganya, guru dan kiai.
    • 2.1. Menunjukkan sikap jujur dan tanggung jawab melafalkan aqaid 50 (seket)
    • 2.2. Memiliki rasa cinta terhadap Jam’iyah Nahdlatul Ulama
    • 2.3. Memiliki rasa percaya diri dan bangga terhadap lambang NU
    • 2.4. Menunjukkan sikap tanggung jawab sebagaimana yang dicontohkan Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama Ahlussunnah Waljamaah dan pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama
    • 2.5. Menunjukkan sikap percaya diri dalam menyanyikan Mars Subbanul Wathan dan Shalawat Nahdliyah
  • KI-3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah/madrasah dan tempat bermain.
    • 3.1. Memahami aqaid 50 (seket) sebagai dasar akidah Ahlussunnah Waljamaah.
    • 3.2. Memahami sejarah singkat Jam’iyah Nahdlatul Ulama
    • 3.3. Memahami lambang NU dan artinya
    • 3.4. Memahami sosok dan peran Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama Ahlussunnah Waljamaah dan pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama
    • 3.5. Memahami Mars Syubbanul Wathan dan Shalawat Nahdliyah
  • KI-4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
    • 4.1. Mendemonstrasikan hafalan aqaid 50 (seket)
    • 4.2. Menceritakan sejarah singkat Jam’iyah Nahdlatul Ulama
    • 4.3. Menggambarkan lambang NU dan artinya
    • 4.4. Menceritakan secara lisan/tulis sosok dan peran Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama Ahlussunnah Waljamaah dan pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama
    • 4.5. Menyanyikan Mars Syubanul Wathan dan Shalawat Nahdliyah

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar selengkapnya untuk masing-masing tingkat kelas dan jenjang, silakan dibaca dalam lampiran 3 Keputusan PW. LP. Maarif Nu Jawa Tengah Nomor 014/PW.11/LPMNU/SK/I/2020 tentang Kurikulum Mata Pelajaran Ke-NU-an. Filenya dapat didownload di bagian akhir artikel ini.

Baca Juga :

Download Kurikulum Ke-NU-an 2020


Keputusan PW. LP. Maarif Nu Jawa Tengah Nomor 014/PW.11/LPMNU/SK/I/2020 tentang Kurikulum Mata Pelajaran Ke-NU-an ini dilengkapi dengan lampiran-lampiran sebagai berikut:
  • Lampiran 1 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Mata Pelajaran Ke-NU-an
  • Lampiran 2 Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Mata Pelajaran Ke-NU-an
  • Lampiran 3 Standar Isi Mata Pelajaran Ke-NU-an

Untuk itu, bagi sekolah dan madrasah di Jawa Tengah yang berada di lingkungan LP Maarif NU silakan untuk mengunduh Kurikulum Mata Pelajaran Ke-NU-an Tahun 2020 melalui LINK INI (815 KB)

Karena kurikulum ini diterbitkan pada awal 2020 dan mulai berlaku pada tahun pelajaran 2020/2021, tentunya ini akan menggantikan kurikulum yang digunakan sebelumnya. Karenanya sekolah atau madrasah terutama guru pengampu mata pelajaran Ke-NU-an untuk menggunakan dan mempedomani keputusan tentang Kurikulum Mapel Ke-NU-an 2020 LP Maarif Jawa Tengah ini.


EmoticonEmoticon