13 Nov 2020

Logo Hari Guru Nasional 2020 Versi Kemenag dan Kemendikbud

Logo peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 ini terdapat dua versi. Pertama adalah logo Hari Guru Nasional 2020 yang dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan kedua oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hari Guru sendiri diperingati setiap tanggal 25 November.


Kemenag telah meluncurkan logo Hari Guru Nasional 2020 ini pada pertengahan Oktober silam. Sedang Kemendikbud menyusul kemudian pada awal November.

Logo Hari Guru Nasional 2020

Meskipun berbeda, namun pada kedua logo memuat semangat yang sama yakni semangat dan kontribusi guru dalam mencerdasjan anak bangsa meskupun di tengah suasana pendemi akibat merebaknya virus Covid-19.


Logo Hari Guru Nasional 2020 Versi Kemenag


Logo Hari Guru Nasional tahun 2020 terbitan Kementerian Agama terkesan simetris dengan mengambil bentuk dasar belah ketupat.


Gambarnya merefleksikan dua tangan yang sedang bergandengan dengan warna kuning dan merah. Secara lengkap logonya adalah sebagai berikut.

Logo Hari Guru Nasional 2020 Kemenag

Dikutip Ayo Madrasah dari laman facebook Kementerian Agama, logo Hari Guru Nasional 2020 ini memiliki filosofi sebagai berikut:


Dua tangan bergandengan, mengandung filosofi guru yang diharapkan menjadi penopang pelindung dengan saling berkontribusi bersama sesuai dengan tugas di lini masing-masing.


Tanda plus di tengah logo, dimaknai dengan perlindungan kesehatan, Peletakkan di tengah dimaksudkan akan keseriusan guru dalam memperhatikan perihal kesehatan serta menjaga agar terhindar dari pendemi meskipun kegiatan belajar mengajar (KBM) masih berlanjut.


Warna kuning dan merah melambangkan semangat dan kehangatan para guru di tengah pendemi dalam menjalankan tugasnya. Diharapkan meskipun KBM berjalan secara online tidak mengurangi semangat dan kehangatan di dalam pembelajaran.


Logo dilengkapi dengan tema peringatan Hari Guru Nasional 2020, Bakti Guru Lindungi Negeri.


Baca Juga: Pedoman, Amanat Pembina, dan Doa Upacara Hari Guru


Logo Hari Guru Nasional 2020 Versi Kemendikbud


Logo Hari Guru Nasional Tahun 2020 versi Kemendikbud merupakan hasil sayembara logo yang digelar sebelumnya. Dalam sayembara tersebut, logo ciptaan Teguh Prasongko E. (DKI Jakarta) yang memenangkan lomba dan akhirnya ditetapkan sebagai logo Hari Guru Nasional 2020.


Logo warna warni membentuk gambar hati tersebut selengkapnya adalah sebagai berikut.

Logo Hari Guru Nasional 2020 Kemendikbud

Ayo Madrasah lansir dari laman Kemendikbud, logo Hari Guru Nasional Tahun 2020 versi Kemendikbud ini memiliki makna yang antara lain.


Logo menggambarkan semangat belajar yang tetap menyala di tengah kondisi pandemik saat ini. Elemen-elemen desain yang terdiri dari figur pak guru, ibu guru, serta siswa dan siswi yang digambarkan sedang memakai masker, tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol wi-fi, laptop, telepon selular, serta aplikasi telekonferensi, yang memiliki relevansi kuat dengan kondisi aktual saat ini sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar.


Sementara bentuk hati, menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, murid, hingga orang tua, yang bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.


Baca Juga: Logo dan Tema Hari Guru Nasional 2018


Download Logo Hari Guru Nasional 2020


Untuk gambar logo Hari Guru Nasional 2020 dengan resolusi lebih besar, dalam format JPG dan PNG transparans, silakan unduh DI SINI.


Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Penetapan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.


Pemilihan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional merujuk pada peristiwa Konggres PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang berlangsung pada 24-25 November 1945. Sebelumnya oragniasasi para guru ini telah berdiri sejak 1912 dengan nama Perstuan Guru Hindia Belanda (PGHB) lalu berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia pada 1932.


EmoticonEmoticon