1 Nov 2020

Solusi Cetak S35 Tidak Keluar Foto Guru di Simpatika

Foto tidak mau keluar saat hendak mencetak S35 (Form Rekap Kehadiran Guru) di layanan Simpatika, bagaimana solusinya? Padahal kerap kali form S35 ini harus disertakan dalam pemberkasan bagi guru madrasah penerima TPG. 


Mengisi absensi kehadiran guru merupakan salah satu pekerjaan rutin bagi Kepala Madrasah atau operator Simpatika. Termasuk mencetak Hasil Rekapitulasi Bulanan Kehadiran Guru (S35). Baca: 15 Hal yang Harus Dikerjakan Operator dan Kamad di Simpatika


Cetak S35 Tidak Keluar Foto Guru

Namun pekerjaan rutin ini bisa saja terhambat karena saat hendak mencetaknya, S35 tampil tanpa disertai foto guru yang bersangkutan. Kotak yang seharusnya berisi foto guru menjadi kotak polos berwarna abu-abu. Ini sering kali terjadi jika pencetakan S35 dilakukan dengan menggunakan browser Google Chrome.


Bagaimana solusi mencetak S35 agar keluar foto gurunya?


Ada beberapa solusi yang bisa dicoba saat mencetak S35 yang tidak keluar foto guru yang bersangkutan.


Gunakan Browser Microsoft Edge


Solusi pertama pada kasus tidak munculnya foto guru saat mencetak S35 adalah dengan membuka dan mencetak dengan menggunakan browser Microsoft Edge.


Ayo Madrasah menyarankan menggunakan browser Microsoft Edge karena browser ini dikembangkan berbasis Chromium layaknya peramban Google Chrome. Sehingga memiliki fitur-fitur yang nyaris sama. Termasuk dalam hal mencetak dokumen.


Layaknya di Google Chrome, saat mencetak dokumen, Microsoft Edge akan menampilkan jendela yang memiliki pilihan mencetak langsung dengan menggunakan printer atau menyimpannya dalam format pdf. 


Sehingga ketika mencetak form S35, Kepala Madrasah atau Operator Simpatika tetap bisa memilih langsung mencetaknya atau menyimpannya menjadi file pdf.


Dan ketika menggunakan Microsoft Edge ini, form S35 akan terbuka sempurna lengkap dengan foto guru yang bersangkutan.


Cetak S35 Tidak Keluar Foto Guru


Gunakan Browser Google Chrome di Android


Solusi kedua yang Ayo Madrasah sarankan adalah dengan membukanya melalui browser Google Chrome tetapi di Android. 


Prosesnya dan caranya sama seperti ketika meggunakan peramban Chrome versi desktop (komputer atau laptop). Saat melakukan pencetakan form S35 dengan menggunakan Google Chrome di Android, Form S35 akan terbuka sempurna lengkap dengan foto guru. 


Tinggal pilih Simpan sebagai PDF kemudian klik ikon simpan dan pilihlah lokasi tempat penyimpanan. Saat ingin mencetak, file pdf hasil unduhan dapat dikirimkan ke komputer atau dicetak langsung jika androidnya support printer.


Baca Juga: Pengaturan Data Jam Kerja GTK di Simpatika


Cara Lainnya


Selain kedua cara di atas, masih ada cara lainnya. Semisal menggunakan browser Mozila Firefox. Tetapi dengan menggunakan peramban ini pilihan default-nya hanya mencetak langsung dengan menggunakan printer. Kecuali jika komputernya terinstal aplikasi PDF Printer seperti Nitro PDF Printer, Foxit PDF Printer, dan sejenisnya.


Itulah beberapa solusi yang bisa dicoba.


Jika ada yang memiliki solusi lainnya saat mengalami foto tidak tampil saat mencetak S35, silakan berbagi tips dan triknya di kolom komentar.

2 komentar

Saya kemarin pakek Mozila bisa keluar fotonya


EmoticonEmoticon