1 Nov 2020

Solusi Cetak S35 Tidak Keluar Foto Guru di Simpatika

Foto tidak mau keluar saat hendak mencetak S35 (Form Rekap Kehadiran Guru) di layanan Simpatika, bagaimana solusinya? Padahal kerap kali form S35 ini harus disertakan dalam pemberkasan bagi guru madrasah penerima TPG. 


Mengisi absensi kehadiran guru merupakan salah satu pekerjaan rutin bagi Kepala Madrasah atau operator Simpatika. Termasuk mencetak Hasil Rekapitulasi Bulanan Kehadiran Guru (S35). Baca: 15 Hal yang Harus Dikerjakan Operator dan Kamad di Simpatika


Cetak S35 Tidak Keluar Foto Guru

Namun pekerjaan rutin ini bisa saja terhambat karena saat hendak mencetaknya, S35 tampil tanpa disertai foto guru yang bersangkutan. Kotak yang seharusnya berisi foto guru menjadi kotak polos berwarna abu-abu. Ini sering kali terjadi jika pencetakan S35 dilakukan dengan menggunakan browser Google Chrome.


Bagaimana solusi mencetak S35 agar keluar foto gurunya?


Ada beberapa solusi yang bisa dicoba saat mencetak S35 yang tidak keluar foto guru yang bersangkutan.


Pastikan Foto PTK Masih Ada


Maksudnya? Dalam beberapa kasus, terutama di awal semester, terdapat beberapa foto PTK yang tereset oleh sistem. Akibatnya foto PTK akan tergantikan kotak berwarna abu-abu, termasuk ketika hendak mencetak S35.


Untuk itu, pastikan PTK tersebut masih ada foto dirinya. Mengeceknya bisa dengan beberapa cara, seperti:

  1. Login ke akun PTK yang bersangkutan, buka menu "Biodata" dan lihat di kolom Pasfoto. Jika gambar menampilkan kotak abu-abu berarti foto telah tereset oleh sistem.
  2. Login dengan akun Admin Madrasah, buka menu "Pendidik dan tenaga Kependidikan" >> Direktori PTK >> Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Lihat pada daftar PTK. Jika pada PTK yang bersangkutan tidak tertampil foto dan tergantikan kotak abu-abu berarti foto telah tereset oleh sistem.


Kejadian foto PTK tereset oleh sistem ini kerap terjadi di Simpatika pada awal semester. Terkadang foto akan muncul sendiri setelah beberapa hari namun terkadang juga harus dilakukan upload ulang foto diri.


Untuk mengupload ulang caranya cukup gampang, yaitu:

  1. Login menggunakan akun PTK yang bersangkutan (yang fotonya hilang)
  2. Klik menu Biodata
  3. Klik ikon pensil di samping kanan Pasfoto
  4. terbuka jendela pengunggahan foto. 
  5. Klik Pilih File dan pilih foto yang sebelumnya telah disimpan di komputer
  6. Jika sudah, klik tombol "Unggah"


Jika foto PTK tertampil di biodata PTK tetapi masih juga tidak mau muncul saat pencetakan S35, silakan ikuti beberapa langkah di bawah ini.


Gunakan Browser Microsoft Edge


Solusi pertama pada kasus tidak munculnya foto guru saat mencetak S35 adalah dengan membuka dan mencetak dengan menggunakan browser Microsoft Edge.


Ayo Madrasah menyarankan menggunakan browser Microsoft Edge karena browser ini dikembangkan berbasis Chromium layaknya peramban Google Chrome. Sehingga memiliki fitur-fitur yang nyaris sama. Termasuk dalam hal mencetak dokumen.


Layaknya di Google Chrome, saat mencetak dokumen, Microsoft Edge akan menampilkan jendela yang memiliki pilihan mencetak langsung dengan menggunakan printer atau menyimpannya dalam format pdf. 


Sehingga ketika mencetak form S35, Kepala Madrasah atau Operator Simpatika tetap bisa memilih langsung mencetaknya atau menyimpannya menjadi file pdf.


Dan ketika menggunakan Microsoft Edge ini, form S35 akan terbuka sempurna lengkap dengan foto guru yang bersangkutan.


Cetak S35 Tidak Keluar Foto Guru


Gunakan Browser Google Chrome di Android


Solusi kedua yang Ayo Madrasah sarankan adalah dengan membukanya melalui browser Google Chrome tetapi di Android. 


Prosesnya dan caranya sama seperti ketika meggunakan peramban Chrome versi desktop (komputer atau laptop). Saat melakukan pencetakan form S35 dengan menggunakan Google Chrome di Android, Form S35 akan terbuka sempurna lengkap dengan foto guru. 


Tinggal pilih Simpan sebagai PDF kemudian klik ikon simpan dan pilihlah lokasi tempat penyimpanan. Saat ingin mencetak, file pdf hasil unduhan dapat dikirimkan ke komputer atau dicetak langsung jika androidnya support printer.


Baca Juga: Pengaturan Data Jam Kerja GTK di Simpatika


Cara Lainnya


Selain kedua cara di atas, masih ada cara lainnya. Semisal menggunakan browser Mozila Firefox. Tetapi dengan menggunakan peramban ini pilihan default-nya hanya mencetak langsung dengan menggunakan printer. Kecuali jika komputernya terinstal aplikasi PDF Printer seperti Nitro PDF Printer, Foxit PDF Printer, dan sejenisnya.


Itulah beberapa solusi yang bisa dicoba.


Jika ada yang memiliki solusi lainnya saat mengalami foto tidak tampil saat mencetak S35, silakan berbagi tips dan triknya di kolom komentar.

3 komentar

  1. kok tetep gak bisa yach, pakek chrome android juga gak bisa, pakek fiefox dan google chrome juga gak muncul,,, akhirnya pake adobe photoshop baru bisa min...

    BalasHapus


EmoticonEmoticon