17 Sep 2021

Pemberitahuan Pengisian Survei Lingkungan Belajar AN 2021

Sehubungan dengan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yang semakin dekat, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek, mengumumkan pengisian instrumen Survei Lingkungan Belajar untuk kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru), baik di sekolah maupun madrasah yang melaksanakan AN Tahun 2021 ini.


Adalah surat pemberitahuan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (dulu BSNP), nomor 1424/H4/PG.00.02/2021 tertanggal 17 September 2021. Surat ini ditujukan langsung kepada operator dan proktor satuan pendidikan jenjang Pendidikan Dasar maupun Menengah di seluruh Indonesia.


Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Asrijanty, Ph.D., disebutkan bahwa Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga dapat memberikan informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran.

Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Disebutkan dalam surat tersebut antara lain, Dengan hormat, kami informasikan bahwa dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN), seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) diwajibkan mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar. Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga diharapkan hasil AN memberikan informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran. 


Adapaun terkait waktu pengisian Survei Lingkungan Belajar AN, sebagaimana disebutkan dalam surat, akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal Asesmen Nasional untuk masing-masing jenjang. Pengisian Survei Lingkungan Belajar untuk kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) dilaksanakan sesuai jadwal pada masing-masing jenjang yang sudah ditetapkan melalui POS pelaksanaan AN.


Baca : Jadwal Asesmen Nasional 2021 Semua Jenjang


Sebelum pengisian survei lingkungan belajar, masing-masing kepala sekolah dan guru akan diberikan kartu login untuk bisa mengakses laman survei yang beralamat di https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login


Berikut halaman awal laman Survei Lingkungan Belajar (SLB) saat diakses Ayo Madrasah.

Laman Survei Lingkungan Belajar

Baca : Persamaan dan Perbedaan ANBK dan AKMI


Kartu Login ini nantinya akan dapat dicetak oleh operator atau proktor sekolah/madrasah masing-masing dari laman dashboard SLB yang beralamat di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id.


Disebutkan dalam surat pemberitahuan tersebut bahwa demi kelancaran pengisian survei tersebut, seluruh operator/proktor satuan pendidikan agar melakukan cetak kartu login pengisian survei. 


Selanjutnya, masih berdasar surat tersebut, Informasi detail mengenai mekanisme cetak kartu login dan hal-hal lain terkait pengisian Survei Lingkungan Belajar dapat diakses melalui laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id.


Namun saat Ayo Madrasah mencoba mengakses laman Dashboard SLB ini pada Jumat (17/09/2021) siang, masih tidak bisa diakses. Hanya menampilkan peringatan, Maaf, saat ini Survei Lingkungan Belajar Belum Dimulai!


Surat pemberitahuan selengkapnya dapat dibaca dan diunduh melalui tomboh download di bawah ini.


Surat Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Menilik pada tembusan surat, surat pemberitahuan pengisian Survei Lingkungan Belajar Asesmen nasional 2021 ini ditembuskan juga kepada jajaran Kementerian Agama mulai dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag hingga ke Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.


Baca : Tanggal Penting Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021


Sehingga sudah dapat diapastikan bahwa isi surat akan berlaku juga bagi madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Terkait dengan hal-hal lain, kemungkinan akan ada surat edaran tersendiri dari Kemenag guna memperkuat pelaksanaan Pengisian Survei Lingkungan Belajar AN 2021 sebagaimana isi surat ini.

1 komentar so far

kalau data guru yang sudah keluar ikut tercantum bagaimana ya min solusinya, apakah setelah kita revisi data emis akan otomatis hilang"?


EmoticonEmoticon