3 Mar 2022

Link Verval PIP Kemenag (SIPMA) 2022

Di medsos Ayo Madrasah mendapati beberapa komentar yang menanyakan link atau alamat Sistem Informasi Program Indonesia Pintar Madrasah (SIPMA) atau link verval PIP Kemenag. Karena alamat link sebagaimana yang dibagikan dalam surat edaran Ditjen Pendis, ternyata tidak bisa diakses.


Ayo Madrasah mencoba langsung, Selasa (2/3/2022) malam dengan mengetikkan alamat sebagaimana tertulis dalam surat edaran, https://pipmadrasah.kemenag.go.id. Hasilnya situs tidak bisa diakses dan menampilkan keterangan {"error":"An error occurred while connecting to the database 'emonev_pip'. The error reported by the server was: SQLSTATE[HY000] [2002] Resource temporarily unavailable"}

Link Verval PIP 2022

Padahal sebagaimana diberitakan Ayo Madrasah sebelumnya, Kementerian Agama meminta madrasah untuk melakukan verifikasi dan validasi ulang data siswa penerima PIP melalui Aplikasi SIPMA (Sistem Informasi Program Indonesia Pintar Madrasah). 


Dalam surat Ditjen Pendis Kemenag Nomor: B-450.1/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/02/2022 tersebut disampaikan bahwa verval data siswa penerima PIP Tahun Anggaran 2021 melalui Aplikasi SIPMA yang beralamat di https://pipmadrasah.kemenag.go.id.


Namun ternyata alamat tersebut tidak bisa diakses.


Gantinya, Ayo Madrasah mendapati laman Verifikasi Validasi PIP Madrasah yang beralamat di https://emadrasah.kemenag.go.id/verval/login


Alamat terakhir ini sebenarnya telah digunakan pada tahun 2021 silam untuk melakukan verval data PIP bagi siswa madrasah.


Sehingga bagi madrasah yang masih kesulitan untuk login ke laman Verval PIP Madrasah, bisa segera mengaksesnya melalui laman https://emadrasah.kemenag.go.id/verval/login


Adapun username yang harus digunakan adalah NSM tiap madrasah dengan password default 123456. Termasuk bagi yang tahun sebelumnya sudah mengakses laman ini dan melakukan pergantian password, username dan passsword tampaknya telah direset ke password default kembali.


Password ini kemudian akan dapat diganti melalui menu penggantian password di laman Verval PIP Madrasah.


Baca: Cara Verval PIP Madrasah 2022


So, silakan langsung meluncur ke link verval PIP Kemenag 2022 tersebut untuk melakukan verifikasi dan validasi data penerima PIP Tahun 2022.

7 komentar

  1. Adakah link untuk pengajuan baru PIP yang belum tercaver krn d anggap layak untuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tajap 1 ini khusus untuk yang tahun lalu menerima. Untuk pengajuan baru kita tunggu saja

      Hapus
  2. Balasan
    1. link tidak bisa dibuka atau tidak bisa masuk/login?

      Hapus
  3. login menggunakan NSM madrasah dan passw 123456 tidak bisa

    BalasHapus
  4. ingin mengajukan pip baru bagi siswa yang layak untuk mendapatkan pip

    BalasHapus
  5. login SIPMA dengan username NSM dan pswd NSM tidak bisa, kira2 apa bisa reset pswd kah?? mohon bantuannya

    BalasHapus


EmoticonEmoticon