26 Jun 2022

Kapan Blangko Ijazah RA dan Madrasah 2022 Dibagikan?

Kapan blangko ijazah untuk Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) didistribusikan dan dibagikan ke madrasah? Sehingga madrasah bisa mulai melakukan penulisan ijazah untuk selanjutnya membagikannya kepada lulusan tahun 2022 ini.


Kapan pendistribusian blangko ijazah selalu menjadi pertanyaan bagi pihak madrasah. Pun bagi siswa yang telah lulus dari madrasah.


Baca: Juknis Penulisan Blangko Ijazah RA dan Madrasah 2022

Kapan Blangko Ijazah Dibagikan

Terkait dengan hal tersebut, baru-baru ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menerbitkan surat perihal penjelasan tentang blangko ijazah madrasah. Surat dengan nomor B-1555/DJ.I/Dt.I.I/PP.01/06/2022 dan bertanggal 24 Juni 2022 ini ditanda tangani oleh Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom.


Dalam surat tersebut disampaikan bahwa blangko ijazah masih dalam proses percetakan. Sebagaimana disebutkan dalam poin pertama surat, Blangko Ijazah Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) disiapkan oleh Kementerian Agama masih dalam proses percetakan.


Sehingga untuk keperluan lulusan madrasah dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, madrasah dapat menerbitkan Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti ijazah. SKL memiliki masa berlaku hingga diterimanya ijazah yang asli.


Baca: Cara Upload Nilai Ujian Madrasah di PDUM


Adapun Surat Keterangan Lulus (SKL) tersebut dapat dicetak melalui aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM). PDUM ini dapat diakses melalui alamat https://pdum.kemenag.go.id


Surat Pemberitahuan Blangko Ijazah


Selengkapnya terkait surat perihal penjelasan tentang blangko ijazah madrasah dapat dibaca dan diunduh melalui tautan berikut ini.


Dengan diterbitkannya surat ini memang belum menjawab pertanyaan kapan blangko ijazah bagi siswa madrasah akan didistribusikan dan dapat dibagikan kepada siswa. Namun setidaknya memberi sedikit gambaran dan proses yang tengah berlangsung.

3 komentar

  1. Anak saya dan temannya sdh lulus dan sekolah jauh di luar kota propinsi dan luar pulau jawa. Bagaimana cara distribusi dan cap 3 jari anak? Apa disuruh balik lagi yg butuh waktu dan biaya mahal ato dikirim via ekspedisi yg beresiko hilang tdk ada gantinya. Tolong diperhatikan sebaik baiknya, ini merupakan tanggung jawab kemenag

    BalasHapus
  2. Anak didik saya akan melanjutkan pendidikan di luar negri, dimana ijazah merupakan salah satu syaratnya . Bagaimana jika sampai batas waktu ijazah belum diterima jg, bukankah jadi menghambat masa depan anak .
    Tolong diperhatikan karena ini akan berdampak kurang baik terhadap lembaga .

    BalasHapus
  3. Parah sih.. sampai sekarang ijazah belum kunjung datang.. anak anak udah pada sekolah di tingkat selanjutnya

    BalasHapus


EmoticonEmoticon