16 Jun 2022

Panduan Matsama Tahun 2022/2023

Panduan pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023. Menjelang berlangsungnya tahun pelajaran baru, 2022/2023, salah satu kegiatan awal di madrasah, sebagai rangkaian kegiatan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru adalah pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah atau MATSAMA. MATSAMA dilangsungkan untuk siswa Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA dan MAK).


Terkait dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan surat edaran bernomor B- 1419/Dj.I/Dt.I.I/HM.01/06/2022 tanggal 13 Juni 2022, perihal Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2022.


Dalam surat tersebut dilampirkan Panduan Pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023.


Panduan Matsama Tahun 2022


MATSAMA adalah masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa-siswi baru. Baik pengenalan kegiatan rutin madrasah, fasilitas madrasah, ciri khas madrasah, nilai, norma, dan tata tertib madrasah, serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.


Materinya, sebagaimana Ayo Madrasah simak dari Panduan Pelaksanaan MATSAMA 2022, meliputi tiga komponen utama yaitu kemadrasahan (pengenalan lingkungan dan budaya madrasah), moderasi beragama, dan budaya digital. Materi kemadrasahan meliputi proses belajar dan mengajar, fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran, tata tertib, nilai, dan norma yang berlaku, serta kegiatan dan organisasi kesiswaan.


Baca: Panduan Matsama Saat Pandemi Covid-19


Sedang bidang moderasi agama meliputi materi wawasan kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal. Selanjutnya materi budaya digital terdiri atas peran dan fungsi media digital, dan etika bermedia digital.


Waktu dan Tempat Pelaksanaan MATSAMA


Masih dari Panduan Pelaksanaan MATSAMA 2022, Matsama dilaksanakan selama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. Kegiatan berlangsung pada hari masuk sekolah dan jam pelajaran. Namun dapat juga menyesuaikan dengan kondisi madrasah. Terkait tempat, MATSAMA dilaksanakan di lingkungan madrasah.


Selengkapnya terkait dengan pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah sila unduh dan baca Panduan Pelaksanaan MATSAMA 2022 melalui tombol unduh di bawah ini.

Selanjutnya, pihak madrasah dapat merencanakan dan menyelenggarakan Masa Taaruf Siswa Madrasah dengan berpegang pada Panduan Pelaksanaan MATSAMA 2022 tersebut.

Add Comments


EmoticonEmoticon