24 Jun 2022

Verval Calon Penerima PIP MI Tahap 2

Verifikasi dan validasi data calon penerima PIP Madrasah Ibtidaiyah Tahap 2 Tahun 2022 sudah dimulai. Seluruh MI diharuskan melakukan pemutakhiran data calon penerima PIP melalui laman SIPMA (Sistem Informasi Program Indonesia Pintar Madrasah).


Pelaksanaan verval ini diumumkan oleh Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom, melalui surat Ditjen Pendis Kemenag bernomor B-1503/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/06/2022. Surat dengan perihal Verifikasi dan Validasi Data Siswa Calon Penerima PIP Madrasah Ibtidaiyah Tahap 2 Tahun 2022 ini tertanggal 22 Juni 2022.


Verval Penerima PIP MI Tahap 2

Sebagaimana Ayo Madrasah baca dari surat tersebut, bahwa diperlukan pemutakhiran data siswa madrasah  penerima PIP Tahap 2 Tahun 2022 untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Kementerian Agama telah menyusun basis data penerima PIP yang merupakan hasil pemadanan data siswa semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang dikelola EMIS dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI.


Baca: Link Verval PIP Kemenag (SIPMA) 2022


Data hasil pemadanan tersebut memerlukan verifikasi dan validasi (verval) keaktifan serta kelayakannya sebelum nantinya ditetapkan sebagai penerima bantuan sosial PIP MI Tahap 2 Tahun 2022. Verval dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah hingga persetujuan (approval) oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.


Masih menurut surat yang Ayo Madrasah baca, data hasil verval merupakan data nominatif, tidak otomatis ditetapkan menjadi penerima PIP MI Tahap 2 Tahun 2022.


Madrasah melakukan verval calon penerima PIP tahap 2 Tahun 2022 melalui aplikasi SIPMA. Sebagaimana tertulis salam surat edaran, aplikasi ini beralamat di https://pipmadrasah.kemenag.go.id, pada menu "Verval PIP". Namun ketika Ayo Madrasah mencoba membukanya beberapa kali gagal.


Alternatifnya adalah gunakan laman https://emadrasah.kemenag.go.id/verval/login


Setelah terbuka silakan login dengan menggunakan NSM dan password sebagaimana untuk mengakses aplikasi SIPMA.


Panduan cara melakukan verifikasi ini sama persis seperti pada tahap 1 silam. Untuk yang lupa atau belum tahu sila baca di Cara Verval PIP Madrasah 2022


Sedang untuk surat edaran perihal Verifikasi dan Validasi Data Siswa Calon Penerima PIP Madrasah Ibtidaiyah Tahap 2 Tahun 2022 sila baca dan unduh di bawah.

Verval calon penerima PIP MI Tahap 2 Tahun 2022 akan dibuka sampai tanggal 15 Juli 2022. Silakan melakukan verifikasi dan validasi data penerima dan lakukan "konfirmasi data" untuk menuntaskan verval yang dilakukan.

Add Comments


EmoticonEmoticon