28 Mar 2023

Juknis Pendaftaran Fasprop Fasda PKB Guru RA, Guru PAI dan Bhs Arab di Madrasah

Melalui surat bernomor B-14.1/Dt.I.II/03/2023, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, mengumumkan pelaksanaan perekrutan dan seleksi Fasilitator Provinsi (Fasprov) dan Fasilitator Daerah (Fasda) Program PKB Guru RA dan Guru Rumpun PAI dan Bahasa Arab pada madrasah.


Ketentuan terkait dengan pendaftaran, perekrutan, dan seleksi Fasilitator Provinsi dan Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) tersebut disertai juga dengan Petunjuk Teknis. Adalah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1292 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Calon Fasilitator Provinsi dan Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Raudlatul Athfal, Guru Rumpun Mata Pelajaran Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah.


Pendaftaran Fasda Fasprop PKB


Regulasi Kemenag setebal 17 halaman tersebut memuat berbagai ketentuan yang menjadi acuan dalam pelaksanaan pendaftaran calon Fasilitator Provinsi dan Fasilitator Daerah.


Menilik Peraturan Menteri Agama Nomor 38 Tahun 2018 tentang PKB Guru Madrasah, Peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB ini dilakukan melalui kegiatan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah.


Terkait hal tersebut dilakukanlah rekrutmen fasilitator yang berkualitas, termasuk Fasilitator Provinsi dan Fasilitator Daerah.


Fasilitator tersebut terdiri atas Fasilitator KKRA, Fasilitator MGMP Fikih, Fasilitator MGMP Akidah Akhlak, Fasilitator MGMP Quran Hadits, Fasilitator MGMP Sejarah Kebudayaan Islam, dan Fasilitator MGMP Bahasa Arab.


Pendaftarannya sendiri akan dilakukan melalui laman Madrasah Reform dengan alamat https://madrasahreform.kemenag.go.id/fasilitatorpkb 


Adapun tahapan seleksinya meliputi:

  • 12-30 Maret 2023: Pengumuman dan Sosialisasi
  • 23 Februari - 30 Maret 2023: Pendaftaran Online Fasda dan Fasprop
  • 1-3 April 2023: Seleksi Berkas Administrasi
  • 5-7 April 2023: Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
  • 8 April 2023: Sosialisasi dan Simulasi Pelaksanaan Tes CBT
  • 10-12 April 2023: Pelaksanaan Tes CBT
  • 17 April 2023: Sosialisasi dan Simulasi Tes Wawancara Daring
  • 18-19 April 2023: Pelaksanaan Tes Wawancara Daring
  • 1 Mei 2023: Pengumuman Hasil Seleksi

Download Surat Edaran dan Juknis Pendaftaran Fasprop dan Fasda


Untuk lebih jelasnya, sila unduh dan baca Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Nomor B-14.1/Dt.I.II/03/2023 dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1292 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Calon Fasilitator Provinsi dan Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Raudlatul Athfal, Guru Rumpun Mata Pelajaran Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah, melalui tautan di bawah.


Bagi rekan-rekan guru yang berminat untuk menjadi Fasilitator Provinsi dan Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), sila untuk segera melakukan pendaftaran, tentunya dengan mempelajari dan memahami ketentuan-ketentuannya yang termuat dalam Petunjuk Teknis Pendaftaran Calon Fasilitator Provinsi dan Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Raudlatul Athfal, Guru Rumpun Mata Pelajaran Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

3 komentar

  1. Alhamdulillah bisa mengikuti pendaftaran sebagai peserta calon Fasda PKB PAI tahun 2023 semoga untuk mapel PAI di Madrasah tidak selalu ketinggalan hususnya untuk mapel PAI dengan program yang diselenggarakan oleh kemenag melalui Madrasah reform ini insyaallah dapat berjalan dengan sukses.....

    BalasHapus
  2. mohon petunjuk untuk simulasi dan sosialisasi tes wawancara daring apa ada link nya ?

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah bisa mengikuti pendaftaran FASDA guru bahasa Arab Semoga dimudahkan mengikuti tes CBT

    BalasHapus


EmoticonEmoticon