13 Apr 2023

Akses Aplikasi eRKAM V.2 Dibuka

Akses aplikasi eRKAM V.2 akan segera dibuka. Sehingga madrasah akan segera bisa membuka dan menggunakan aplikasi eRKAM V.2.


Mulai dibukanya akses aplikasi eRKAM ini disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui suratnya yang bernomor 434/PMU.MEQR/HM/IV/2023. Surat tertanggal 12 April 2023 itu berperihal tentang Pemberitahuan Akses Aplikasi eRKAM V.2.


eRKAM adalah Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik yang mana saat ini akan menggunakan versi kedua. Pada tahun sebelumnya, madrasah masih menggunakan versi 1. eRKAM V.2 dapat diakses melalui https://erkam.kemenag.go.id/


eRKAM V.2

Dalam surat yang Ayo Madrasah dapatkan dari laman tte.kemenag.go.id itu disampaikan bahwa penerapan eRKAM V.2 Riil akan dibuka aksesnya secara bertahap bagi jenjang MA, MTs, dan MI. Tertulis dalam surat tersebut bahwa Sesuai dengan rencana kerja Komponen 1 Proyek Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR), Dilakukan Penerapan eRKAM V.2 Riil secara bertahap bagi MA, MTS dan MI.


Masih menurut surat tersebut, pembukaan akses secara bertahap itu akan dimulai untuk jenjang Madrasah Aliyah yang akan mulai dapat menggunakan eRKAM V.2 mulai tanggal 14 April 2023. Berlanjut bagi jenjang Madrasah Tsanawiyah yang mulai dibuka aksesnya pada 4 Mei 2023. Terakhir adalah bagi jenjang Madrasah Ibtidaiyah yang akan bisa membuka eRKAM V.2 mulai tanggal 11 Mei 2023.


Baca: Cara Registrasi Akun EDM eRKAM V.2 Tahun 2023 dan Tambah Staf


Namun pembukaan akses ini tidak berlaku bagi kesemua madrasah. Yang dapat membuka dan menggunakan eRKAM V.2 sesuai jadwal di atas barulah madrasah-madrasah yang telah mengikuti bimbingan teknis dan pendampingan EDM – eRKAM 2020 dan 2021. Selain itu akses akan dibuka juga bagi admin EDM eRKAM tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.


Bagi madrasah yang telah mendapatkan bimtek tersebut wajib meng-input EDM 2022 dan erkam 2023 untuk Dana BOS baik madrasah negeri maupun swasta.


Selengkapnya terkait surat pemberitahuan Dirjen Pendis Nomor 434/PMU.MEQR/HM/IV/2023 tentang Pemberitahuan Akses Aplikasi eRKAM V.2 dapat dibaca dan diunduh melalui tautan di bawah.



Dan bagi madrasah-madrasah yang akan menggunakan eRKAM V.2 ini akan dilakukan sosialisasi pengisian eRKAMV.2 secara online melalui kanal Youtube Madrasah Reform. Siaran dan rekaman ulangnya dapat ditonton sebagai berikut



Akhirnya, akses aplikasi eRKAM V.2 yang mulai dibuka ini bisa mempermudah madrasah dalam mengisi dan menyelesaikan EDM 2022 dan erkam 2023 dengan lebih baik sehingga akhirnya akan semakin memperlancar penyaluran dana BOS bagi madrasah.

4 komentar

  1. erkam dibuka dan tidak sama saja karena tidak bisa dikerjakan traffic terlalu tinggi

    BalasHapus
  2. Asssalamualaikum min mohon maaf apakah untuk membuka erkam yang riil harus registrasi lagi apa langsung masuk saja sesuai yang sudah terdaftar waktu bimtek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Registrasi lagi di laman eRKAM yang bukan latihan (bukan dari LMS)

      Hapus
  3. Kapan batas waktu terakhir RKAM untuk tingkat tsanawiyah tahun 2023 ??

    BalasHapus


EmoticonEmoticon