10 Mei 2023

Cara Verval PIP Madrasah Tahun 2023

Cara melakukan verval PIP madrasah tahun 2023. Verifikasi dan validasi data calon penerima PIP Tahun 2023 meliputi validasi kelayakan menerima PIP, keaktifan di madrasah, perbaikan data calon penerima, data siswa ganda, dan gagal buka rekening.


Sebagaimana ditulis Ayo Madrasah sebelumnya, Kemenag kembali melakukan verval atau verifikasi dan validasi data calon penerima bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) Madrasah Tahun Anggaran 2023. Baca: Verval PIP Tahap 2 Tahun 2023


Verval PIP Madrasah

Hal ini sebagaimana disampaikan dalam surat Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Nomor: B-1901/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/05/2023 tentang Verifikasi dan Validasi Data Siswa Penerima PIP Tahap II Tahun 2023.


Dalam isi surat tersebut, salah satunya disampaikan bahwa setiap madrasah harus melakukan verval data siswa penerima PIP Tahun Anggaran 2023 melalui Aplikasi SIPMA (Sistem Informasi Program Indonesia Pintar Madrasah) yang beralamat di https://pipmadrasah.kemenag.go.id.


Baca: Link Verval PIP Kemenag (SIPMA)


Verval ini ditujukan untuk meningkatkan ketepatan sasaran penerima bantuan sosial PIP Madrasah diperlukan verifikasi dan validasi sebelum ditetapkan kembali sebagai penerima PIP Tahun Anggaran 2023. Hal ini karena basis data PIP Tahap 2 Tahun 2023 adalah hasil pemadanan data siswa semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang dikelola EMIS dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI.


Berdasarkan pengamatan Ayo Madrasah di aplikasi SIPMA, verval PIP Tahun 2023 ini meliputi kelayakan calon penerima PIP, keaktifan siswa di madrasah, dan data siswa ganda. Di samping itu juga verifikasi dan perbaikan data calon penerima serta gagal buka rekening pada penerima PIP Tahap 1 kemarin.


Cara Melakukan Verval PIP 2023


Untuk melakukan verval PIP, madrasah harus login ke laman SIPMA yang beralamat di https://pipmadrasah.kemenag.go.id dengan menggunakan username dan password masing-masing.


Setelah berhasil login, verifikasi dan validasi calon penerima PIP dapat dilakukan dengan membuka kelompok menu "Verval Tahap 2". Berdasar pengamatan Ayo Madrasah, terdapat empat menu yang meliputi Rekapitulasi, Siswa, Gagal Buka Rekening, dan Konfirmasi.


Baca: SK Penerima PIP Tahap I Tahun 2023 MI, MTs, dan MA


Menu-menu tersebut akan digunakan untuk melakukan verval data yang meliputi:


1. Verval Kelayakan dan Keaktifan Calon Penerima PIP


Menu ini adalah untuk memastikan bahwa calon penerima yang tercantum benar-benar layak untuk menerima bantuan sosial PIP. Adapun data calon penerima, berbasis data hasil padanan data siswa semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang dikelola EMIS dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Untuk melakukan verval pada menu ini, langkah-langkahnya adalah:

  1. Klik menu "Siswa"
  2. Terbuka daftar dan data calon penerima PIP Tahap 2
  3. Jika terdapat siswa yang tidak layak, sudah tidak aktif di madrasah lagi, atau ganda, silakan klik tombol merah "Tidak Layak"
  4. Terbuka jendela Alasan Tidak Layak
    Cara Verval PIP Madrasah 2023
  5. Pilih alasan tidak layak menerima PIP yang meliputi, data siswa ganda, lulus, meninggal, menolak mendapat PIP, pindah sekolah, putus sekolah, tidak diketahui keberadaannya, orang tua PNS/TNI/Polri, atau sudah mampu.
  6. Klik tombol "Ya"
    Cara Verval PIP Madrasah 2023
  7. Jika berhasil, pada kolom status akan berubah menjadi "Tidak Layak" dengan tambahan alasan pada kolom keterangan.


Ulangi langkah-langkah di atas untuk melakukan verifikasi pada nama-nama calon penerima lainnya.


Untuk siswa yang layak menerima, cukup dibiarkan saja.


Sedang untuk membatalkan status "Tidak Layak", caranya dengan mengeklik tombol hijau "Layak". Ketika muncul jendela "Apakah Anda yakin akan mengaktifkan siswa ini", klik tombol "Ya".


Jika berhasil maka kolom status yang semula bertuliskan "Tidak Layak" akan kembali berubah tertulis "Layak" kembali.


2. Gagal Buka Rekening


Menu Gagal Buka Rekening diperuntukkan bagi penerima PIP Tahap I yang gagal membuka rekening dikarenakan terdapat kekeliruan data siswa.


Menu ini akan terisi (ada daftar siswanya) jika terdapat kasus siswa penerima PIP dari madrasah bersangkutan yang gagal membuka rekening.


Untuk melakukan perbaikan data pada menu Buka Rekening ini langkah-langkah dan caranya adalah:

  1. Klik menu "Gagal Buka Rekening"
  2. Jika terdapat kasus yang gagal buka rekening maka akan dimunculkan datanya yang meliputi keterangan, NIK, nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu kandung, kelas, dan status.
  3. Perhatikan jenis kesalahan yang tertulis pada kolom "Keterangan"
  4. Klik baris nama siswa tersebut pada kolom sesuai kesalahan dalam kolom Keterangan
  5. Muncul jendela perbaikan data
  6. Tulis pada kolom yang tersedia data yang benar
  7. Klik tombol Update


Baca: Mekanisme Aktivasi dan Pencairan PIP oleh Siswa MTs dan MA


3. Menu Konfirmasi


Menu konfirmasi digunakan untuk memvalidasi setelah memastikan semua data benar. 


Setelah menyelesaikan verifikasi kelayakan dan keaktifan siswa, madrasah wajib melakukan konfirmasi telah melakukan verifikasi dan validasi data penerima PIP.


Itulah langkah-langkah dan cara verval PIP Madrasah tahun 2023 yang harus segera dilakukan oleh setiap madrasah. Mengingat deadline verval kali ini adalah 9 Juni 2023 yang tinggal sebentar lagi.

Add Comments


EmoticonEmoticon