31 Mei 2023

Deadline Verval PIP Kemenag, 9 Juni 2023

Deadline atau batas akhir verval PIP Kemenag adalah tanggal 9 Juni 2023 pukul 23.59 WIB. Jadi setiap madrasah wajib untuk menyelesaikan verifikasi dan validasi kelayakan siswa calon penerima bantuan Program Indonesia Pintar dari madrasah masing-masing.


Sebagaimana diketahui, mulai awal Mei kemarin Kementerian Agama kembali membuka Verval Calon Penerima PIP Madrasah. Pelaksanaan verval ini telah disampaikan melalui surat Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor B-1901/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/05/2023.


Deadline Verval PIP

Sebagaimana dilansir Ayo Madrasah, bahwa basis data penerima bantuan sosial PIP Tahap II Tahun 2023 adalah hasil pemadanan data siswa semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang dikelola EMIS dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI. Data hasil padan tersebut perlu dilakukan verifikasi dan validasi (verval) keaktifan serta kelayakannya sebelum ditetapkan sebagai penerima bantuan sosial PIP Tahap II Tahun 2023.


Karenanya setiap madrasah wajib melakukan verval PIP Tahap II Tahun 2023.


Baca: SK Penerima PIP Tahap I Tahun 2023 MI, MTs, dan MA


Adapun verval PIP dilakukan melalui laman SIPMA, yakni Sistem Informasi Program Indonesia Pintar Madrasah, yang beralamat di https://pipmadrasah.kemenag.go.id.


Pada laman SIPMA, di kelompok menu "Verval Tahap II", klik menu "Siswa", akan dimunculkan daftar siswa dari madrasah yang bersangkutan yang menjadi calon penerima PIP Tahap II Tahun 2023. 


Dalam verval kelayakan, madrasah cukup mengecek data siswa yang tercantum tersebut apakah layak menerima PIP atau tidak. Jika tidak layak tinggal memencet tombol "Tidak Layak" dengan menyertakan alasan. Alasan ketidaklayakan meliputi data siswa ganda, lulus, meninggal, menolak mendapat PIP, pindah sekolah, putus sekolah, tidak diketahui keberadaannya, orang tua PNS/TNI/Polri, atau sudah mampu.


Jika sudah, madrasah tinggal melakukan konfirmasi dengan yang terdapat di menu "Konfirmasi"


Langkah-langkah verval selengkapnya dapat dilihat di artikel: Cara Verval PIP Madrasah Tahun 2023


Bagi madrasah yang belum, silakan untuk melakukan verifikasi dan validasi ini sebelum deadline verval PIP Tahap II Kemenag yaitu, 9 Juni 2023.

Add Comments


EmoticonEmoticon