20 Mei 2023

POS Survei Lingkungan Belajar PAUD

POS Sulingjar PAUD atau Prosedur Operasional Standar Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Sulingjar PAUD. Sulingjar sendiri merupakan salah satu rangkaian dari Asesmen Nasional (ANBK).


Pada penyelenggaraan ANBK tahun 2023, selain dilaksanakan Survei Lingkungan Belajar bagi siswa, kepala sekolah, dan pendidik di jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK juga dilaksanakan sulingjar untuk jenjang PAUD. Meski untuk jenjang ini sulingjar hanya akan diikuti oleh kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan di PAUD.


POS Survei Lingkungan Belajar PAUD

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini di sini meliputi Taman Kanak-kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).


POS Sulingjar PAUD ini ditetapkan melalui Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 016/H/KP/2023 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2023. 


Terbaru (Update Juni) dilakukan perubahan atas POS Sulingjar ini dengan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 021/H/KP/2023 Tentang Perubahan Atas Lampiran Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor  016/H/KP/2023 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2023.


POS Sulingjar untuk PAUD ini dibuatkan regulasi tersendiri. Sedang untuk Sulingjar di jenjang lainnya telah ikut diatur dalam POS Asesmen Nasional Tahun 2023. Sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 015/H/KP/2023 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2023.


Kepesertaan Sulingjar PAUD 2023


Satuan pendidikan yang mengikuti Sulingjar PAUD 2023 adalah Taman Kanak-kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS). 


PAUD tersebut harus sudah terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).


Sedang peserta Sulingjar PAUD 2023 di setiap satuan pendidikan, terdiri atas Kepala satuan PAUD, dan Pendidik, yang terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dan berstatus aktif saat pemutakhiran data.


Baca: Tahapan Pelaksanaan dan Jadwal ANBK Tahun 2023


Waktu Pelaksanaan Sulingjar PAUD


Berdasar POS Sulingjar PAUD 2023, Survei Lingkungan Belajar PAUD 2023 akan dilaksanakan mulai tanggal 25 September sampai dengan 22 Oktober 2023.


Pengerjaannya dilaksanakan secara online melalui laman https:// surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/


Prosedur Pelaksanaan Sulingjar PAUD


Prosedur pelaksanaan dan pengisian Survei Lingkungan Belajar PAUD untuk kepala satuan dan pendidik PAUD, meliputi:

  1. Operator mencetak kartu login melalui laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id untuk setiap kepala satuan dan pendidik di PAUD-nya
  2. Kepala satuan dan pendidik PAUD login dan mengisi instrumen Sulingiar di laman di laman https:// surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/
  3. Pengerjaan instrumen Sulingjar dapat menggunakan piranti komputer (PC), laptop, tablet, atau HP yang terkoneksi jaringan internet
  4. memastikan semua pertanyaan telah dijawab


Baca: Juknis Sulingjar untuk Pendidikan Dasar dan Menengah 2023


Download POS Sulingjar PAUD 2023


Untuk lebih memahami dan dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar PAUD, sila unduh Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 016/H/KP/2023 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2023 (POS Sulingjar PAUD 2023), maupun Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 021/H/KP/2023 Tentang Perubahan Atas Lampiran POS Sulingjar PAUD 2023, melalui tombol download di bawah.



Bagi PAUD baik di lingkungan Kemendikbudristek maupun Kemenag sila untuk memahami secara tuntas POS Sulingjar PAUD 2023 sebagaimana di atas. Agar dalam penyelenggaraannya kelak, Sulingjar PAUD 2023 dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Add Comments


EmoticonEmoticon